Hal Yang Wajib di Miliki Toyota Avanza 2019

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Toyota Avanza adalah salah satu mobil favorit di Indonesia. Terdengar kabar akan hadir Avanza generasi terbaru pada tahun depan. Kali ini saya ingin membahas Hal Yang Wajib di Miliki Toyota Avanza 2019

Walaupun secara angka penjualan masih tergolong tinggi. Juga masih bertahan menjadi mobil LMPV terlaris. Ternyata, Avanza varian 1.500 cc hanya menyumbang 21%-an dalam keseluruhan penjualan.

Sebenarnya hal ini cukup wajar, mengingat Avanza 1,5 liter hanya terdapat 2 varian, yaitu G dan Veloz. Sedangkan Mitsubishi Xpander memiliki varian yang sangat lengkap.

Data tersebut saya dapatkan setelah membaca salah satu artikel dari Autonetmagz.com. Jadi, harus ada beberapa hal yang dirombak, khususnya untuk varian 1.500 CC agar setidaknya bisa berbicara lebih banyak lagi.

Hal Yang Wajib di Miliki Toyota Avanza 2019

Tampilan Toyota Avanza Terbaru

renderan Avanza Terbaru

Menurut saya hal ini adalah yang paling penting. Tampilan sekarang ini menjadi preferensi utama dalam membeli mobil ataupun kendaraan lain. Untuk tampilan sebenarnya tidak perlu melakukan ubahan yang terlalu ekstrim.

adsense-fallback

Namun, ada baiknya disesuaikan dengan selera pasar di Indonesia khususnya. Dari informasi yang saya baca-baca, Avanza terbaru juga tidak akan berubah terlalu signifikan.

Menurut saya, ada baiknya Avanza secara desain tetap menjadi mobil MPV yang seutuhnya. Tujuannya agar tidak saling curi pasar dengan saudaranya All New Toyota Rush.

Dari perkiraan render orang kreatif ada yang paling memungkinkan. Sebab, bila dilihat sekilas tampilannya sudah berbeda jauh. Padahal, hanya dilakukan beberapa revisi poin desain saja.

Mungkin yang harus diubah pada bagian belakangnya. Sebab, dari awal kemunculannya di tahun 2003, desain bagian belakangnya masih miripm-mirip saja dengan sekarang ini.

Sedangkan untuk bagian interiornya dikabarkan juga mendapatkan perubahan. Mulai dari perpaduan warnanya dan beberapa revisi desain pada bagian fitur interior.

Sebut saja panel AC yang semula menggunakan knop kompor gas, akan diganti dengan model LCD. Selanjutnya ada penambahan arm rest pada bagian pengemudi.

Menurut saya, ubahan yang diberikan pada bagian interior sudah bagus. Tapi, akan lebih mantap apabila diberikan arm-rest pada penumpang bagian tengah.

BACA JUGA : RUSH TDR SPORTIVO VS XPANDER ULTIMATE

Varian Yang Komplit

Seperti yang sudah saya katakan dari awal, salah satu biang kalahnya Avanza 1.500 dengan Xpander dalam sisi penjualan adalah pilihan varian yang sedikit.

Memang pada pilihan G Luxury juga, tetapi hanya pada bagian tampilannya saja. Tapi jika tilik lebih jauh, Toyota memang tidak memiliki pilihan varian yang terlalu banyak.

Fitur Wajib Toyota Avanza 2019

Kemudian ada Fitur Yang Wajib di Miliki Toyota Avanza terbaru agar bisa bersaing dengan lawan LMPV 1,5 liter lainnya. Mulai dari kunci yang sudah menggunakan keyless, headunit yang terintegrasi dan kamera mundur.

Untuk keyless bisa dikhususkan untuk kelas 1,5 liter saja. Sedangkan untuk varian 1.300 cc menggunakan kunci biasa saya rasa tidak ada masalah. Kemudian untuk bagian lampu bisa menggunakan lampu LED agar paling tidak setara dengan kompetitornya.

Mungkin itu saja Hal Yang Wajib di Miliki Toyota Avanza 2019. Sebab, dari sisi mesin sudah cukup memumpuni dan masih memiliki poin daya jual yang tinggi, yaitu penggerak roda belakang.

Untuk fitur keamanan di kompetitor juga belum ada yang menonjol. Dua airbag dengan rem ABS dan EBD masih cukup untuk kelas ini. Namun, apabila fitur keamanan Toyota Rush mau diturunkan akan lebih bagus – RPMSUPER.COM

adsense-fallback