Perbedaan MotoGP dan WSBK
Alvaro Bautisa

Perbedaan MotoGP dan WSBK Menurut Alvaro Bautista

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. MotoGP dan World Super Bike memang gelaran motor yang memiliki kasta berbeda. MotoGP hadir dengan sepenuhnya prototype, sedangkan WSBK masih terdapat banyak batasan. Lalu apa saja Perbedaan MotoGP dan WSBK ?

Alvaro Bautista, yang sudah 9 tahun di balap MotoGP dengan berganti-ganti team memberikan pendapat apa saja Perbedaan MotoGP dan WSBK menurutnya.

Bautista sendiri meninggalkan balap MotoGP di musim depan. Bisa dikatakan “kurang beruntung” karena memang talentanya yang tidak buruk, tetapi tidak mendapatkan kursi di MotoGP.

Nah, pembalap asal Spanyol ini melanjuktan karirnya di World Super Bike di Aruba.It Ducati. Tim ini mendapatkan dukungan penuh dari factory Ducati. Ditambah dengan motor baru digadang-gadang tim ini akan membendung overpower-nya Kawasaki di ajang ini dengan Jonathan Rea.

Perbedaan MotoGP dan WSBK

Jenis Motor

Perbedaan yang paling utama adalah dari sisi elektronik. Tentu saja, MotoGP adalah secanggih-canggihnya motor. Hampir semua perangkatnya memang dibuat untuk balapan yang satu ini.

Sedangkan World Super Bike menggunakan motor yang diproduksi masal yang dimodifikasi sesuai dengan regulasi yang ada. Jadi feel motor secara keseluruhan berbeda.

Perbedaan Power

Walapun sama-sama menggunakan basis mesin 1000 cc empat silinder dengan konfigurasi V. Menurut Bautista, ledakan tenaganya sangat berbeda, ditambah dengan perbedaan gearbox dan juga elektronik yang ada.

Ban

Sekarang ini ban menjadi sangat krusial dan bahkan seringkali pemegang kunci kemenangan seorang pembalap. Nah, MotoGP dan WSBK sama-sama menggunakan suplaiyer ban tunggal.

Bedanya, MotoGP disuplai oleh perusahaan ban asal Prancis, Michelline. Sedangkan WSBK menggunakan ban hasil dari Italia, Pirelli. Perbedaan suplayer ban ini juga membutuhkan adaptasi lagi bray.

Regulasi Balapan

Perbedaan MotoGP dan WSBK adalah pada regulasi balapan. Mulai dari cara kualifikasi dan balap cukup berbeda. Pada WSBK akan menerapkan aturan baru untuk musim depan.

Aturan tersebut berupa balapan 3 kali di hari minggu. Sedangkan MotoGP hanya membalap 1 kali saja di hari minggu. Tentu saja hal ini membutuhkan stamina yang ekstra untuk membalap dengan jumlah yang banyak.

So itulah, Perbedaan MotoGP dan WSBK menurut Alvaro Bautista. Saya sendiri berharap yang terbaik untuk dirinya dengan ajang yang baru. Semoga saja dia dapat beradaptasi dengan baik di balapan WSBK 2019 – RPMSUPER.COM

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

Silahkan Masukan Komentar