Perbedaan Helm Palsu dan Replika

3 Perbedaan Helm Palsu dan Replika

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Helm adalah perangkat wajib digunakan oleh bikers saat berkendara. Jenis helm sendiri ada sangat banyak. Belum lagi pabrikan yang membuat helm. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas Perbedaan Helm Palsu dan Replika.

Mungkin beberapa orang masih berpikir bahwa setiap helm replika adalah helm palsu. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Helm-helm yang palsu banyak beredar di pasar dengan menyasar orang yang awam. Bisa juga menyasar orang dengan budget yang relatif rendah.

Perbedaan Helm Palsu dan Replika

Helm Palsu

Helm INK KW vs INK ORI || SK - YouTube

Helm palsu adalah helm yang secara bentuk dan corak sama persis dengan yang asli. Namun, helm tersebut tidak diproduksi dan didistribusikan pemegang merek yang resmi. Tentu saja produsen helm palsu ini mengincar orang awam yang tergiur suatu helm dengan harga yang jauh lebih murah.

BACA JUGA : Perbedaan Helm Berkualitas dan Tidak

Helm palsu tidak harus mengkloning merek atau produk yang mahal. Sekarang ini banyak helm seperti INK Centro yang dipalsukan. Tentu saja dari harga berbeda cukup signifikan. Helm ini laku pada orang-orang yang masih memiliki mindset menggunakan helm agar tidak kena tilang. Tidak peduli kelas berapa helm tersebut. Mau kW 1,2,3 atau bahkan super. Tetap saja itu helm palsu

helm asli vs helm palsu

Namun, helm palsu ini tidak memiliki standar keamanan yang memadai. Menggunakan helm bukan mencegah kita dari kematian. Tapi, meminimalisir resiko cidera yang akan diterima. Helm-helm seperti ini hanya mengejar bentuk dan corak yang serupa dan ditempel merek yang ingin dipalsukan.

Tentu saja mereka tidak memikirkan standar keamanan. Karena melakukan pengetesan sendiri juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal produsen seperti ini hanya berorientasi pada profit saja.

Sebenarnya bila dilihat secara fisik helm ini cukup mudah dibedakan dengan versi yang asli. Mulai dari kualitas material, kerapian finishing dan tentu saja harganya. Ada baiknya tetap aware agar tidak mendapatkan barang palsu dengan harga asli.

Helm Replika

Sebenarnya helm replika sendiri dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah replika yang legal dan juga replika yang ilegal. Perbedaan Helm Palsu dan Replika. Jika pada helm palsu helm dibuat semirip mungkin dan juga menggunakan nama atau merek yang bersangkutan. Sedangkan untuk helm replika meniru secara bentuk dan atau motifnya. Namun, masih menggunakan merek mereka sendiri.

Helm Replika Ilegal

helm replika ilegal

Hal yang baru-baru ini kita dengar ada pada dehlm DQL. Helm ini mungkin adalah salah satu bentuk replika ilegal atau rip-off, Sebab, secara bentuk dan grafisnya meniru dereta produk dari AGV. Hal ini sebenarnya dilarang apalagi jika bentuk helmnya sudah dipatenkan. Juga grafis yang persis sama juga melanggar hak intelektual.

Perbedaan Helm Palsu dan Replika selanjutnya adalah pada marketnya. Pada helm replika yang ilegal biasa mencari orang yang mengerti helm yang branded. Tapi, memiliki budget yang terbatas. Mengingat harga-harga helm rip-off ini tidak terlalu murah.

Misalnya saja DQL replika AGV Soleluna dibanderol dengan harga Rp 1,5 jutaan. Dengan budget tersebut kita sudah bisa mendapatkan merek lokal yang asli. Yang secara kualitas dan keamanannnya sudah pasti. Tingkat keamanan helm rip-off seperti ini juga cukup pertanyakan.

Helm Replika Legal

helm replika resmi

Jenis helm replika yang selanjutnya adalah replika tapi legal. Biasanya helm replika legal ini dikeluarkan oleh pemegang merek yang menirukan motif dari seseorang atau suatu hal. Tentu saja sudah ada kerjasama yang resmi dan memiliki kesepatan satu sama lain.

Perbedaan Helm Palsu dan Replika legal adalah tidak ada pihak yang dirugikan. Pada helm palsu pemegang merek asli bisa saja dirugikan. Namun, pada replika yang legal tidak ada yang dirugikan karena semuanya sudah terikat kontrak.

BACA JUGA : Helm Fullface Harga Rp 500.000 an

Misal saja pada line-up helm KYT motif replika pembalap MotoGP. Contoh; KYT NX-Race Replika Aleix Espargaro, KYT TT-Course Replika Jaume Masia. Brand-brand besar lainnya juga menurunkan motif yang sama dari pembalap yang terikat dalam kontrak merek. Misalnya Shoei X-14 Marquez Replika dan lainnya.

So itulah artikel tentang Perbedaan Helm Palsu dan Replika. Kita sebagai pengguna ada bijaknya tetap menggunakan barang yang asli. Selain menyangkut untuk keamanan berkendara kita sendiri. Juga untuk mengaresiasi produsen helm yang sudah membuat helm dengan susah payah. Disisi lain juga tetap membantu industri ini tumbuh dan ke depannya ada inovasi baru yang dikeluarkan – RPMSUPER.COM

Silahkan Masukan Komentar