Formula E Jakarta

Jadwal Formula E Jakarta 2020

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Telah resmi bahwa Formula E Jakarta masuk ke dalam kalender Formula E 2020. Jakarta menjadi salah satu tuan rumah untuk mewakili negara Indonesia. Indonesia menjadi tuan rumah seperti 12 negara lainnya.

Jadwal Formula E Jakarta 2020

Balapan mobil listrik kasta tertinggi ini akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020. Jakarta akan menjadi balapan ronde ke 10. Dihelat setelah balapan di negara Asia lainnya, yaitu di Korea.

Lokasi Balap Formula E Jakarta

Jadwal Formula E Jakarta 2020

Rencananya balapan ini akan digelar pada kawasan Monas. Sehingga diharapkan tidak terlalu menggangu arus lalu lintas. Sebab, dalam pembangunan venue balapan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Walaupun balapan di helat pada 6 Juni 2020, maka harus dibangun setidaknya 2-3 bulan.

BACA JUGA : Jadwal MotoGP 2020 dan Jam Tayangnya

Kontrak 5 Tahun

Balapan Formula E Seri Jakarta ini terikat kontrak dalam lima tahun sekaligus. Kontrak ini selama musim 2020, 2021, 2022, 2023 dan 2024. Kontrak jangka panjang ini bertujuan agar insfrastruktur yang dibangun untum menunjang gelaran ini bisa digunakan berkali-kali.

Dalam kontrak ini, agar bisa menyelenggarakan balapan ini harus membayar sekitar Rp 350 milyar (CNNIndonesia). Angka sebesar itu hanya untuk menjadi tuan rumah saja. Biaya lain untuk pembangunan venue balapnya masih membutuhkan dana lagi.

Memang secara biaya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan balapan Formula 1. Sebagai perbandingan, Singapura harus membayar 1,3 triliyun untuk memperpanjang kontrak dalam satu tahun.

Wacana balapan Formula E oleh Gubernur Jakarta ini memang tergolong cepat realisasinya. Bahkan saat artikel ini ditulis belum keluar seperti apa lay out sirkuitnya nanti. Namun, proyeksi pergerakan ekonomi selama Formula E Jakarta ini akan mencapa Rp 1,3 Triliun.

Dalam gelaran balap seperti Formula E dan Formula 1 juga dihelat acara lain. Misalnya hiburan acara musik yang mendatangkan bintang tamu dengan nama besar. Melihat Singapur yang tetap konsisten menggelar Formula 1 walaupun dengan biaya yang sangat mahal. Berarti memang ada benefit yang bisa dirasakan.

Acara ini juga menjadi ajang pengenalan mobil listrik kepada masyarakat Indonesia. Untuk menunjukan bahwa di masa depan mobil listrik adalah kendaraan masa depan. Selain bebas emisi udara, juga lebih rendah emisi suara. – RPMSUPER.COM

Silahkan Masukan Komentar