Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019

1
Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. MotoGP musim 2018 baru saja usao beberapa hari yang lalu. Namun, para tim sudah mempersiapkan diri guna untuk musim depan. Salah satu hal penting dalam persiapan adalah pembalap tes. Kali ini akan kita bahas Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019.

Pembalap tes  kadang kehadirannya tidak terlalu diketahui oleh pecinta motoGP yang awam. Padahal mereka juga memegang peran penting guna perkembangan motor pabrikan.

Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019

Honda Racing Coorporation

Honda sebenarnya memiliki beberapa pembalap tes. Namun, untuk musim depan hanya mengandalkan Stefan Bradl. Stefan Bradl sendiri adalah juara dunia Moto2 pada tahun 2011 lalu.

Bradl juga pernah membalap untuk LCR Honda pada tahun 2012 – 2014. Sejauh ini HRC dan Marc Marquez puas dengan performa Bradl sebagai pembalap tes. Dia juga sudah beberapa kali tampil di musim ini sebagai pembalap pengganti dan sudah berhasil mengumpulkan 10 poin dari 5 kali membalap. Sebenarnya Honda juga memiliki Hiroshi Aoyama, tetapi untuk musim depan Aoyama diplot menjadi tim manajer Honda Team Asia.

Yamaha Factory Racing

Yamaha memiliki nama baru di Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019. Jonas Folger, mantan pembalap dari Yamaha Tech ini akan melakukan debutnya pada tes di Valencia. Folger sendiri adalah pembalap yang memiliki talenta bagus.

Dirinya pernah membuat Marquez kerepotan saat balapan di Jerman. Pembalap bernomor 94 ini dipilih karena Yamaha tidak memiliki data tes diluar pembalap penuh di sirkuit Eropa. Padahal dibeberapa sirkuit Eropa ada yang memanjakan karakter motor Yamaha.

Folger akan bertandem dengan Katsuyu Nakasuga. Nakasuga sudah cukup lama menjadi pembalap test Yamaha. Tercatat dirinya bergabung pada tahun 2011. Pembalap ini lebih fokus pada tes di sirkuit benua Asia. Selama tampil dirinya selalu berhasil membawa pulang poin.

BACA JUGA : Sumber Pendapatan Balap MotoGP

Ducati Racing

Pada tim Ducati Factory terdapat perubahan untuk pembalap tesnya pada musim 2019 nanti. Casey Stoner yang sudah 3 tahun menjadi tes rider dan ambasador Ducati tidak melanjutkan kontraknya.

Michele Pirro praktis menjadi pembalap tes tunggal yang dimiliki oleh Ducati untuk musim depan. Pirro dalam musim ini sudah beberapa kali ikut balap. Entah sebagai pembalap pengganti atau dengan wildcard. Dirinya mengoleksi 14 poin, dan menutup musim dengan sangat baik karena finish di posisi 4 di GP Valencia lalu.

Suzuki Ecstar

Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019 ada dari tim Suzuki Ecstar. Di tim ini tidak terdapat perubahan pembalap tes, masih mengandalkan Sylvian Guintoli untuk musim depan. Dia sudah beberapa kali diturunkan di balap sebagai pembalap wildcard. Namun, pembalap asal Prancis ini tidak bisa mendapatkan satupun poin di musim 2018 ini.

KTM Red Bull Factory

KTM bisa dikatakan adalah tim yang paling jor-joran melakukan pengembangan motor untuk musim depan. Mereka memiliki total 3 pembalap tes di musim 2019 dan juga menurunkan tim satelit dengan spesifikasi identik dengan tim pabrikan.

Daftar Pembalap Tes MotoGP 2019 di KTM tentu saja ada nama Dani Pedrosa. Pembalap yang sudah 13 tahun membela Honda akhirnya memutustkan pensiun dan yang agak mengejutkan bergabung di KTM sebagai pembalap tes.

Kemudian ada nama Randy de Puniet. Pembalap asal Prancis ini juga sudah menandatangi kontrak sebagai pembalap tes di musim depan. de Puniet sendiri adalah pembalapnyang cukup senior, sudah membalap di MotoGP sejak tahun 2006 lalu. Terakhir membalap di MotoGP di Suzuki walaupun hanya satu kali pada tahun 2014.

Terakhir ada nama Mika Kallio. Kallio adalah salah satu nama pembalap yang besar bertama di orange KTM. Sudah sejak 2016 dirinya menjadi pembalap tes di KTM dan melanjutkan kerja untuk musim depan.

BACA JUGA : Pembalap Baru MotoGP 2019

Aprilia Racing Team

Sebelumnya saya tidak tahu siapa pembalap tes yang dimiliki Aprilia. Hingga sekarang Aprilia-lah pabrikan yang perkembangannya sangat lambat. Suzuki yang masuk bersamaan sudah pernah menang dan berkalai-kali podium. KTM yang satu tahun lebih lambat masuk di MotoGP sudah mengalami perkembangan pesat.

Akhirnya, Bradley Smith menjadi pembalap tes Aprilia untuk musim depan. Pembalap yang tidak mendapatkan kursi KTM ini memilih Aprilia sebagai perlabuhan. Sebelumnya dirinya sempat dikabarkan akan bergabung ke Yamaha, tetapi hanya di Aprilia yang memberikan kemungkinan dirinya membalap sebagai wildcard.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here