16 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terekam E Tilang

Diposting pada

E Tilang

RPMSUPER.COM – Kepolisian Indonesia mulai menerapkan sistem E-Tilang di Jakarta. Tidak kurang 16 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terekam E Tilang. Sistem yang digunakan adalah E-TLE atau Electronic Traffic Law Enforcement.

BACA JUGA : Daftar Denda Resmi Tilang Terbaru

Sebenarnya CCTV yang dipasangkan baru ada 10 titik saja dengan total 12 CCTV. Selama delapan bulan uji coba ini sudah merekam 16 ribuan pelanggaran lalu lintas. Dari angka tersebut sudah ribuan yang dikirimkan surat konfirmasi pelanggaran.

16 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terekam E Tilang

Kebanyakan pelanggaran didominasi pada pelanggaran rambu lalu lintas dan marka jalan. Kemudian kebanyakan melakukan pelanggaran pada area ganjil – genap. Terakhir, adalah pelanggaran tidak menggunakan seat-belt.

Dari angka tersebut sudah sebanyak 6.768 pelanggar sudah mengkonfirmasi dan 3.485 pelanggar sudah membayar denda. Kemudian sebanyak 5.568 pelanggar sudah terkirim ke pengadilan.

4.014 Permohonan Blokir

Dari belasan ribu pelanggaran yang telah terjadi, ada 4.014 mengajukan pemblokiran nopol. 2.961 nopol sudah terblokir. Kemudian 112 tidak terblokir dan 754 buka blokir.

BACA JUGA : Ditilang Karena Pajak Mati, Bolehkah ?

Peraturan ini juga membuat orang memblokir nomor polisi kendaraan mereka yang sudah dijual. Mungkin yang akan menjadi PR apabila pengendara menggunakan plat nomor yang palsu.

Efektif Menurunkan Pelanggaran Tilang

Sistem E Tilang ini terbukti mampu mengurangi angka pelanggaran lalu lintas. Sebab, dalam kurun satu bulan bisa turun 5 – 7 % angka pelanggaran. Orang-orang jadi semakin sadar bahwa ada CCTV yang mengawasi.

Selain itu juga mengurangi tingkat suap antara pelanggar dan oknum polisi. Sang pengendara juga tidak bisa mengelak atau mencari-cari alasan karena memiliki bukti yang sangat kuat. Namun, di sisi lain pengendara juga dihindarkan dari oknum polisi yang terkadang suka mencari-mencar kesalahan pengendara.

Memang awalnya terlihat dipaksa, tetapi lama kelamaan hal ini akan menjadi kebiasan dan meningkatkan sedaran orang agar tetap tertib dalam berlalu lintas. Nantinya E-TLE ini akan berada dalam 81 titik dan E Tilang akan tetap sempurnakan – RPMSUPER.COM

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

One thought on “16 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terekam E Tilang

Silahkan Masukan Komentar