1 Poin Untuk Pembalap Tercepat

1 Poin Untuk Pembalap Tercepat

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Menjalang balapan musim 2019, FIA mengeluarkan aturan baru lagi. Aturan tersebut adalah pemberian 1 Poin Untuk Pembalap Tercepat.

1 Poin Untuk Pembalap Tercepat

Yup, aturan ini sudah disetujui dan berlaku untuk Formula 1 musim 2019 ini. Ternyata aturan ini sudah pernah diterapkan selama musim 1950 – 1959 yang lalu.

Berbeda dengan Formula E

Regulasi ini juga sudah diterapkan dalam Formula E sejak tahun 2014 lalu. Namun, ada perpedaan antara 1 poin untuk pembalap pencetak fastest lap di Formula 1 dan Formula E.

Jika di Formula E siapapun pembalap yang mencetak waktu tercepat saat balapan akan mendapatkan 1 Poin Untuk Pembalap Tercepat. Tidak peduli di posisi berapa pembalap tersebut menyelesaikan lomba.

Sedangkan di Formula 1 ada aturan tambahan untuk mendapatkan satu poin ini. Aturan tersebut adalah pembalap yang mencetak waktu tercepat harus berada dalam posisi 10 besar saat menyelesaikan lomba.

Mengurangi Celah

Sebelum regulasi ini diterapkan tentu saja sudah diperhitungkan secara matang. Aturan hanya pembalap yang berada di posisi 10 besar saja untuk menghindari pembalap yang di luar 10 besar melakukan pergantian ban untuk mencetak waktu tercepat.

Selain bisa menggunakan ban yang paling lunak. Apabila dilakukan saat menjelang akhir balapan. Berat mobil juga lebih ringan karena bahan bakar mobil sudah sedikit. Tidak hanya itu, regulasi lain adalah membolehkan pembalap menambah 5 kg bahan bakar dari tahun lalu.

Terlihat Sepele

1 poin memang terlihat sepele. Namun, di balapan seperti Formula 1 satu poin dianggap sangat berharga. Hal ini disebabkan karena ketatnya persaingan. Dari 22 pembalap yang ada hanya 10 pembalap saja yang bisa mendapatkan poin. Pun di posisi 10 hanya mendapatkan satu poin.

Sebagai contoh betapa pentingnya satu poin apabila diterapkan sejak sebelum ini bisa merubah hasil pada tahun 2007 dan 2008. Di tahun 2007 Kimi Raikkonen hanya unggul 1 poin atas Hamilton. Sedangkan pada tahun 2008, Hamilton hanya unggul 1 poin atas Fellipe Massa.

Namun, entah pemberian 1 Poin Untuk Pembalap Tercepat menambah keuntungan untuk tim besar atau tidak. Nyatanya yang bisa mencetak waktu tercepat dalam balapan ya tim-tim besar lagi. Membuat jarak antara Tim A dan Tim B semakin jauh.

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

2 thoughts on “1 Poin Untuk Pembalap Tercepat

Silahkan Masukan Komentar