Waktu Ganti Minyak Rem

33

cek-minyak4-201311224

 

RPMSUPER.COM – Rem adalah piranti terpenting dalam keselamatan berkendara dan untuk mengurangi hingga menghantikan laju kendaraan. Rem sendiri ada dua jenis rem drum (tromol) dan rem hidraulis (cakram). Untuk rem cakram menggunakan sistem hidraulik membutuhkan cairan sebagai pendorong kaliper yang biasa, disebut minyak rem .

Minyak rem mempunyai bentuk ย cair (fluid) dan sedikit kental. Biasanya minyak rem disepelekan, karena kurang mengerti dan kadang ragu jika akan mengganti cairan tersebut. Nah, disini saya ingin berbagi info tentang waktu pengganti. Hal yang perlu diperhatikan dan sedikit tips .

Banyak yang beranggapan minyak rem bisa dipakai selamanya. Padahal hal itu adalah salah. Minyak rem mempunyai batas pemakaian, karena zat yang ada dalam cairan itu akan berubah seiring berjalannya waktu. Walaupun, tidak digunakan sekalipun. Nah, ada beberapa tanda yang menunjukan minyak rem harus diganti .

Waktu Ganti Minyak Rem

Pertama,ย adalah warna cairan itu sendiri, minyak rem biasanya berwarna kuning atau hijau warna dapat berubah menjadi sendiri kusam. Bahkan hitam jika sudah lama digunakan. Apalagi sering digunakan untuk mengerem yang ekstrem.

Kedua,ย sedikit banyaknya tuas yang ditarik untuk menghentikan laju motor. Jika semakin dalam untuk menghentikan laju dan beban yang sama itu ada indikasi bahwa minyak rem harus pensiun.

parah
Contoh ๐Ÿ™„

Waktu Ganti Minyak Rem

Ada juga penggantian minyak rem secara periodik atau berkala. Waktu yang dianjurkan adalah 2 tahun atau 20.000 km. Untuk rem cakram biasa dan satu tahun atau 10.000 km untuk rem cakram tipe ABS tergantung mana yang lebih cepat. Harga minyak rem juga cukup terjangkau harganya dimulai dari ribuan rupiah saja. Tergantung jenis dan DOT-nya serta merknya .

Jika kapasitas berkurang cukup banyak minyak rem berarti telah terjadi kebocoran. Bahkan sobek selang rem, maupun yang lain jadi tidak perlu menambah cairannya lagi. Minyak rem juga mempunyai warna yang cukup beragam antara lain putih,merah dan hijau. Biasanya warna merahlah yang menjadi favoritnya.

Saat mengganti minyak rem tidak boleh sembarangan. Harus dihati-hati, terlebih saat menuangkannya ketabungnya. Jika terkena cat motor, catnya akan pudar dan hilang. Bila terkena plastik, plastiknya akan retak. Apabila terkena tangan lama-kelamaan akan panas (udah nyoba sendiri kalau yang ini :mrgreen: ).

Saat menggantinya hati-hati jangan sampai ada angin yang mengelinap (istilahnya masuk angin :mrgreen: ). ย Dikarenkana sistem hidraluis akan tidak bekerja secara sempurna bahkan blog (saya juga pernah ๐Ÿ™ ). Pastikan hingga angin habis keluar. Jangan sampai tercampur air karena mereka tidak bisa disatukan :mrgreen: .

Dalam mengganti minyak rem sesuaikan juga tipe yang dianjurkan oleh pabrikan biasa DOT 3 atau 4. Namun, saat saya tanyakan kepada orang bengkel pakai minyak rem DOT-4 dimotor kapastias kecil malah karet remnya akan jebol karena titik didihnya yang begitu tinggi. Jadi sebaiknya DOT 3 juga sudah cukup .

Saat mengisi carian tersebut perhatikan titik lower dan upper. Jangan sampai dibawah garis lower karena rem akan tidak pakem. Selain itu hindari melewati diatas garis upper karena sistem hidraulis tidak akan bekerja secara sempurna dan tuas menjadi lebih keras. Setelah menggantinya bisa dicoba dulu agar tidak terjadi hal tidak diinginkan .

0090-9jyijnguuh

 

Last…artikel ini hanya untuk menambah referensi dan mungkin bisa menjadi obat galau bari Sobar yang masih galau ingin mengganti minyak remnya :mrgreen: ,jika ada yang salah mohon revisinya dan jika ada yang kurang mohon tambahannya,sekian dari saya ,mohon kritik dan saranya.Semoga berguna dan bermnafaat ๐Ÿ˜€ย (RPM) ย – RPMSUPER.COM –

 

 

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

33 KOMENTAR

  1. ane barusan ganti minyak rem,,, sial bener tutorial yg banyak dishare di internet gk efektif,,, sampai ane dapet tutorial yg efektif yaitu menggunakan spuit/suntikan, jadi angin palsu disedot (vakum) pakai suntikan yg dimodifikasi dengan selang, proses bleeding pun menjadi sangat cepat, tidak sampai 1 menit !

    Daripada “ngocok” handle rem berkali-kali lalu membuang angin palsu yg sedikit demi sedikit lewa nipple sembari menahan handle rem, ane melakukan cara tersebut selama 6 jam non stop gk selesai-selesai, wkwkwkwk,,, semoga saja karet seal dan komponen rem cakram motor ane gk rusak karenanya.

    Karena salah tutorial itu pula ane menghabiskan brake fluid sangat banyak karena proses bleeding yg tidak efektif.

    • tapi yang tidak efektif blog ini tidak termasuk kan ๐Ÿ˜€ ,iya kang kalau mau cepet pakai suntikan kaya gitu

  2. […] Cairan ini sering disempelekan oleh beberapa pengguna kendaraan bermotor terlebih karena harganya yang relatif murah. Minyak rem juga memiliki peran yang fital dalam menunjang pengereman. Minyak rem akan mendorong kaliper cakram untuk menekan kampas rem agar bergesekan dengan piringan cakram. Minyak rem sendiri memiliki titik didih dan titik beku, jika sudah digunakan dalam jangkat lama titik tersebut bisa berubah yang mengakibatkan penurunan performa. Gantilah secara berkala, untuk jangka waktu bisa cek disini ? […]

  3. Minyak Rem Prestone DOT-4 Warna Merah cuma dipake 5000 KM saja sudah Hitam, Pewarna nya cepat rusak dan menjadi sludge/lumpur yg melekat di dinding dan dasar Reservoir. Sedangkan Fluida nya berubah warna kembali ke bening.

    Ane dah hubungi pihak Autochem gk ada jawaban,,,

  4. […] Minyak rem adalah piranti yang tugasnya amat penting, yaitu mendorong piston untuk menekan kampas rem. Minyak rem mempunyai batas pemakaian. Jadi gantilah minya rem saat warnanya sudah berubah kehitaman ataupun berapa pada posisi lower. Harganya terbilang murah dari ribuan hingga puluhan rupiah saja dan sudah banyak brand yang menyediakan ini. Ingat saat mengganti minyak rem jangan sampai mengenai cat motor karena dapat merusaknya. ? . Untuk jangka waktu penggantian minyak rem bisa cek di sini bray. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here