Velg Motor Teringan Dengan Bahan Serat Karbon

Dymag_CA5_Carbon_Fibre_5_Spoke_Wheels_xl

RPMSUPER.COM – VELG merupakan salah satu part kendaraan yang pasti ada di sepeda motor dan beberapa kendaraan darat lain. Velg yang dibalut dengan ban akan berfungsi sebagai bagian terakhir dalam meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor, velg yang dibalut ban juga berfungsi agar sepeda motor bisa berjalan.

Bahan dasar velg sendiri memliki  beberapa jenis tergantung kebutuhan sepeda motor tersebut. Rata-rata velg yang dipasarkan dan digunakan oleh pabrikan memiliki bahan dasar alumunium alloy (alumunium dengan beberapa bahan campuran). Bahan tersebut dipilih karena memiliki daya tahan yang cukup jika digunakan untuk harian dan juga memiliki cost produksi yang tidak terlalu tinggi.

Nah, untuk material velg sendiri terdapat dari baja, alumunium, besi, magnesium (yang mahal) dan terakhir adalah berbahan dasar dari karbon (mahal banget). Mungkin kita sudah umum dengan bahan besi, baja dan alumunium di motor-motor harian, tetapi untuk velg berbahan magnesium dan karbon jarang ditemui untuk harian.

Velg Motor Teringan Dengan Bahan Serat Karbon

Velg dengan bahan magnesium dan karbon biasanya hanya tersedia untuk motor berkubikasi besar maupun velg aftermarket. Velg magnesium sendiri mungkin juga sudah dikenal banyak oleh masyarakat, selain karena terkenal ringan, tetapi juga memiliki harga yang cukup menguras kantong karena harganya cukup mahal. Harganya kisaran belasan juta rupiah.

Tapi, velg magnesium masih kalahh ringan dengan velg yang menggunakan bahan baku dari serat karbon. Bikers juga sudah mengenal bahan ini, biasanya digunakan untuk part variasi bodi (dari spakbor hingga tangki) yang harganya cukup amit-amit :mrgreen: . Karena harganya yang mahal ada juga yang membuat versi stiker agar mudah dijangkau.

Beberapa tahun belakang sudah ada produsen penyedia spare part motor sudah menciptakan velg dengan menggunakan material serat karbon. Apasih keuntungan menggunakan bahan karbon ? Yups, yang pertama adalah total beratnya, karena karbon dikenal dengan bahan yang sangat ringan dan memiliki daya tahan yang tinggi. Selain itu, karbon juga memiliki tampilan yang keren 😀 .

Salah satu brand yang menyediakan velg dengan bahan serat karbon (carbon fibre)  adalah Dymac. Produsen velg dari Inggris sana yang sudah bergelut selama lebih dari 30 tahun dalam dunia per-velg-an (apaan ini :mrgreen: ). Produk mereka juga digunakan oleh pembalap di TT Isle Man.

dymac

Produk unggulan mereka adalah CA5, yang meiliki spesifikasi berat yang sangat ringan untuk ukuran velg. Velg ini biasanya digunakan untuk motor gede (Produknya tersedia untuk Harley dan Ducati) karena motor gede memiliki bobot yang berat. Agar tidak terlalu berat, maka menggunakan velg yang ringan.

Velg Motor Teringan Dengan Bahan Serat Karbon

Bahannya sendiri menggunakan serat karbon dan Extruded Aluminium. Velg ini sangat ringan bro, contohnya untuk produk untuk Ducati 1098. Ukuran velg depan adalah 17×3.50″ dengan berat hanya 2,2 KG dan untuk bagian belakang berukuran 17×6.00″ dengan berat 2,9 kg :mrgreen: (malah berat bannya).

dymag on ducati

Di Ducati

 

Untuk harganya jangan ditanya, untuk velg depan harganya £ 1159.51 atau sekitar Rp 17.392.650 , belakang £ 1417.19 sekitar Rp 21.257.850 , harga untuk set motor harley (depan dan belakang) adalah £ 2160.00 atau setara Rp 32.400.000  . Harganya sangat gokil sekali, dan bikin mules :mrrgeen:  .Padahal, kalau dilihat sekilas seperti velg-velg pada umunya karena warnya juga tidak mencolok.\

dymac ca5

 

Last.. Apakah sobat ingin mencoba membeli velg ini ? Kalau ingin harus mengimpor dari negara tetangga, yang paling dekat adalah Australia. Mungkin harganya bisa naik lagi karena ditambah ongkos kirim dan bea masuk :mrgeen: . Sekain RPM mohon undur dir9i semoga berguna dan bermanfaat 😀 RPM – RPMSUPER.COM – Velg Motor Teringan Dengan Bahan Serat Karbon – 

Souerce : dymac.com

 

NB : rate £1 = Rp 15.000

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

2 Comments

Masukan komentar Anda