Upgrade Yamaha Byson Tembus 130Km/h

60

Gambar

 

Assalamu’alaikum..

 

Yamaha Byson adalah motor naked yang lahir guna membantu menguasi share market motor sport 150CC.Dengan tampang yang moge look dan tampilan serba besar banyak orang yang ingin dan sudah mempunyai motor idamannya ini.Yamaha Byson mengalami kenaikan disetiap tahunnya.

 

Namun dengan bodi yang serba gambot harus mengorbankan perfoma dengan tenaga maksimum hanya sebelas daya kuda dan torsi maksimum hanya 12 Nm (klaim pabrik),tetapi banyak dari penggunanya yang tak mempermasalahkan ini dengan alasan “Mau ngebut dimana” :mrgreen: .Nah untuk mendukung sector mesin berikut yang perlu diupgrade

 

 

1.Kapasitas Mesin

Dengan kapasitas mesin 153CC Byson dirasa kurang bertaji berbanding terbalik dengan namanya yang sangar disektor ini diupgrade dengan mengganti diameter piston menjadi 66mm dan ruang bakarpun membengkak menjadi 200CC .

Gambar

66 mm

 

2.Sistem Pengapian dan Karbu

Nah jika kita sudah mengupgrade kapasitas ruang pembakaran pastilah kita ikuti dengan suplay bahan bakar yang memadai dapat dengan mengganti karburasi seperti PE28,supaya asupan nutrisi (BBM) bisa mengalir lancar,mesin di porting dan di-polish.Setelah itu otak pengapian dapat diganti dengan brand BRT-Power Max.

Gambar

PE 28

 

Gambar

BRT Power-Max

 

Gambar

Di porting dan di-polish

 

3.Aksesoris

Aksesoris yang dimaksud bukanlah aksesoris yang hanya digunakan untuk mempercantik tampilan tetapi juga fungsional seperti penambahan oil cooler untuk pendinginan yang maksimal dan juga rumah kopling dapat diganti dengan 6 per agar tenaga bisa nendang.

Gambar

Oil Coller

 

Gambar

6-Per

 

4.Gas Buang

Nah setelah mengalami upgrade yang cukup banyak pastilah saluran gas buang juga harus memumpuni,saya ambil contoh saluran gas buang diganti dengan  merk DBS karbon yang khusus buat Yamaha Byson seharga 1,7 juta :mrgreen: .

Gambar

DBS

 

5.Biaya

Setelah mengalami upgrade yang cukup banyak pastilah anda suda menyiapkan dana,tidaklah lucu bila motor sudah mantap tapi masih hutang :mrgeen: .Berikut dana yang bisa anda siapkan

 

  •          Paket Bore Up 66mm   : Rp 1.500.000
  •          Porting Polish               : Rp 200.000
  •          Knalpot DBS                  : Rp 1.700.000
  •          CDI BRT Power-Max      : Rp 520.000
  •          Oil Cooler                      : Rp 550.000
  •          Rumah Kopling             : Rp 370.000
  •          Jasa (sekitar)                : Rp 350.000
  •          Total                             : Rp 5.190.000 :mrgreen:

 

Last…saat diuji pada dynometer milik bengkel UltraSpeed Racing tenaga yang didapatkan mencapai 19,87 daya kuda pada putaran 9.200rpm dan torsi maksimum 18,1 Nm pada 6.7000 rpm.Jika dibulatkan tenaga mencapai 20 daya kuda dengan modal 5,19 juta (nyali juga dibutuhkan) top speed juga dapat mencapai 130kmh 😯

Sumber : Tabloid Otomotif

 

Gambar

Menu Terkait :
[display-posts tag=Modifikasi]

60 KOMENTAR

  1. Turun gear belakang kayaknya bisa tembus 140 atau 150km/jam. Mengingat karakter mesin bore up yg rpm cepat naik..

  2. 5 jeti???
    Kalau cuman genti knalpot sama porting polish doang nambah berapa hp yah gan powernya???
    Jadi ada versi pahe nya, cuman 2 jetian.. 😀

  3. Punya saya patut di upgrade nih… Standar 110 kpj. Udah poll hadeh… Diasapin ama jupiter z dan supra 125. Hiks.. Yang agak murah ada ya? Biar ndak sampe 1 jtaan.

  4. kok mahal2 ya brow, cdi disini cuman 450, bore up 200 nya cuman 1jutaan, knalpotnya segitu dah dapet cid. karbunya helum dihitung brow ditotal harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here