Upgrade Mesin Kijang Inova, Torsi 900 NM !

2
Toyota kijang inova

Upgrade Mesin Kijang Inova, Torsi 900 NM !

RPMSUPER.COM – KIJANG INOVA sejatinya adalah MPV (Multi Purpose Vehicle) dan biasanya digunakan untuk menumpang banyak orang, seperti keluarga. Jadi, hal yang dijual dari mobi ini adalah kenyamanan.

Namun, namanya manusia pasti  ingin tampil beda dengan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan melakukan modifikasi.

Jika biasanya modifikasi Kijang Inova dilakukan pada sekitar eksterior agar lebih manis. Kalaupun tidak, modifikasi dilakukan dengan melakukan penambahan fitur agar semakin nyaman dalam mobil.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk orang yang bernama Gama. Gama adalah salah seorang yang hobi dalam balap trek lurus, yaitu drag race. Awalnya beliau ingin memodifikasi Kijang Inova Tipe G 2.5 keluaran 2015 agar tidak membuat malu dalam drag race 402 meter.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas Upgrade Mesin Kijang Inova, Torsi 900 NM dan power 450 daya kuda. Apa saja ubahannya hingg menghasilkan power yang sangat besar ini. Yuk kita bahas 😀

Upgrade Mesin Kijang Inova, Torsi 900 NM !

Inova bertenga 450 dk dan 900 nm

Sebenarnya Dia tidak melakukan upgrade mesin karena mesinnya diganti. Istilah yang lebih cocok adalah engine swap. Mesin Toyota Kijang Inova G 2.5 berkode 2KD-FTV ini digantikan dengan mesin Toyota Hilux berkode 1KD-FTV yang berkubikasi 3.000 CC.

Untuk informasi saja, tenaga standar yang mampu dihasilkan Toyota Kijang Inova 2.5 ini adalah sebesar 102 daya kuda. Sedangkan torsi maksimal yang mampu disemburkan adalah sebesar 206 Nm.

Proses swap engine dilakukan di bengkel REV Enginering, Jakarta Barat. Pemasangan mesin Toyota Hilux ke Kijang Iovasi ini tidak ada kendala berarti karena sudah langsung plug and play karena hanya berbeda pada jumlah kubikasinya.

Setelah beres proses swap engine. Kemuadian dilakukan pemasangan turbo pada mobil ini. Awalnya menggunakan turbo khusus untuk mobil denhan mesin disel, yaitu IHI RHF 44 dan mampu menghasilak tenaga sekitar 300 daya kuda. Tapi hal itu belum membuat pemiliknya puas begitu saja.

Karena belum puas, dipasanglah turbo dari truk diesel Isuzu untuk dipasang ke dapur pacu mobil ini. Untuk saat ini menggunakan IHI F55 yang sudah memiliki teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo).

Jika sebelumnya boost hanya mentok pada 0,8 bar saja. Dengan turbo truk mampu menembus 2 bar dengan putaran mesin yang sama. Selain itu, gejala turbo lag juga semakin minim.

Masih tidak puas dengan menggunakan turbo truk diesel. Sang mekanik masih menggunakan dobing agar dapat membuat performa Toyota Kijang Inova ini semakin beringas di aspal.

Dipasangkan sebuah kem dengan profil tinggi dan NOS ! Hasilnya saat dites di atas dynotest mampu mencatatkan tenaga maksimal 450 daya kuda dan juga torsi maksimal 900 Nm dengan boost tiga bar.

Dibalik tampilan kalem ala Toyota Kijang Inova. Tersimpan mesin monster yang torsinya mengalahkan Lamborghini Huracan. Saat di tes di Sirkuit Sentul. Mobil ini menempuh 402 meter dengan catatan waktu 13 detik dan masih terdapat spin ban saat melakuakn start.

Sekian artikel kali ini tentang Upgrade Mesin Kijang Inova, Torsi 900 NM ! Semoga dapat berguna dan bermanfaa bagi kita semua 😀 RPMSUPER.COM – Upgrade Mesin Kijang Inova, Torsi 900 NM !

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here