Ukuran Maksimal Ban di Velg Standar PCX 150

1
Ukuran Maksimal Ban di Velg Standar PCX 150

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Honda PCX 150 sebagai maxi skuter memiliki desain yang khas, yaitu serba gambot. Mulai dari dimensi bodi hingga ke dimensi kaki-kaki yang juga memiliki ukuran yang cukup besar.

Pada kaki-kaki  ukuran ban standar Honda PCX 150 adalah 100/80 untuk bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang menggunakan ukuran 120/80. Keduanya sama-sama menggunakan velg berdiameter 14 inchi.

Memang ukuran tersebut bisa katakan cukup besar. Walaupun belum menjadi yang terbesar di kelasnya. Motor yang memiliki ukuran ban terlebar di kelas ini dipegang oleh Yamaha N-Max dengan unggul satu step, yaitu 110/70 dan 130/70.

Nah, pasti ada owner Honda PCX 150 yang kurang puas dengan ukuran tersebut dan ingin mengupgrade ukuran ban. Yang menjadi pertanyaan berapa Ukuran Maksimal Ban di Velg Standar PCX 150 ?

Ukuran Maksimal Ban di Velg Standar PCX 150

Ukuran yang disarankan adalah seperti pada umumnya, yaitu dengan menaikan maksimal dua tingkat dari ukuran standar. Jika pada Honda PCX 150 100/80 dan 120/70. Sobat bisa menggunakan ban ukuran 120/70 dan juga 140/70.

Sebenarnya bisa saja pada ban belakang menggunakan ban ukuran 150/70, Namun, hal tersebut tidak disarankan sob. Sebab, nanti ditakutkan dapat mengganggu kinerja pada sistem ABS di motor ini.

Sebenarnya jika ingin aman naikan saja satu step ukuran bannya. Menjadi 110/70 untuk bagian depan dan untuk bagian belakang menggunakan 130/70 atau ukuran sama yang digunakan pada Yamaha N-Max.

Menaikan satu tingkat ukuran ban memang lebih aman. Namun, dari sisi tampilan tidak akan berubah signifikan sob. Jadi kalau dilihat secara sekilas akan nampak sama saja dan bisa dikatakan malah nanggung.

Nah, jika sobat ingin menggunakan ban belakang dengan ukuran 140/70 perhatikan jarak antara fender (spakbor) dan juga jarak bebas dengan lengan ayun. Untuk mengakali hal ini, pada bagian baut fender harus sedikit disesuaikan menjadi naik sedikit agar tetap masuk.

Untuk preferensi merk silahkan sobat yang tentukan sendiri. Mau pilih ban lokal ataupun ban luar. Semua tergantung pada preferensi pribadi dan yang paling penting adalah kekuatan dompetnya :mrgreen: .

Sebagai contoh, untuk ukuran 120/70 dan 140/70 ban Michellin City Grip dibandero sekitar Rp 2,4 juta. Sedangkan untuk ukuran yang sama pada merk FDR Sport XR Evo dipatok sekitar Rp 851 ribu. Tergantung pada daerah dan juga penjualnya ya – RPMSUPER.COM 

Referensi : tabloid otomotif edisi 46

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here