Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM

1
Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Layanan aftersales adalah asalah satu hal penting dalam membeli sebuah kendaraan. Layanan aftersales didapatkan salah satunya dari mekanik dalam melakukan perawatan motor kita. Lagi, Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM pada tahun 2018.

Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM adalah  acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Acara ini diberikan nama Astra Honda Technical Skill Contest disingkat AH-TSC. Pada tahun 2018 ini masuk penyelanggaraan tahun ke-25.

Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM

Uji ketrampilan teknisi Honda ini dilakukan tidak lain tidak bukan untuk menjaga pelayanan purna jual yang baik. Seperti yang sudah saya katakan di awal, pelayanan purna jual menjadi salah satu bagian penting dalam pertimbangan membeli sebuah kendaraan.

Sebab, setelah kita pakai kendaraan tersebut, khususya motor. Akan mengalami penurun performa karena waktu dan pemakaian. Disitulah ada bengkel untuk melakukan perawatan mulai dari service rutin agar perfoma motor tetap prima. Juga bisa menjadi tempat apabila motor mengalami kerusakan.

Untuk itu dibutuhkan teknisi yang benar-benar mengerti masalah sebuah motor. Apalagi sebagai bengkel resmi seharusnya mengerti setiap permasalahan sebuah motor dalam satu brand luar dalam.

Untuk itulah kompetisi AH-TSC terus dilakukan. Acara ini diselenggarakan pada 27-29 Juli 2018 lalu. Jika sebelumnya hanya diikuti oleh teknisi AHASS saja, sekarang teknisi big bike Honda dari Honda Big Bike dan Honda Big Wing juga ikut.

Tentu penanganan motor premium tidak bisa sembarangan. Bahkan, orang yang berada di kelas ini tidak berpikir banyak dalam membeli sebuah motor. Sebab, mereka ingin diperlakukan spesial oleh pabrikan.

Atas dasar tersebut, event AH-TSC, Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM tahun ini diikuti oleh teknisi big bike Honda. Total ada 30 teknisi big bike. Dari 30 orang tersebut terdiri dari 19 orang dari teknisi Honda Big Bike dan 11 teknisi Honda Wing seluruh Indonesia.

Pengujian tidak hanya dalam  praktek saja bro, tetapi juga diikuti dari teori. Sebab, mekanik juga harus bisa menerjemahkan keluhan dari konsumen dengan baik. Nantinya informasi dari konsumen bisa mempermudah pengerjaannya.

Pengujian yang dilakukan meliputi uji teori, penganalisaan masalah, pratik dengan penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, proses bongkar pasang dan penanganan serta penyelesaian masalah pada kendaraan.

Sedangkan untuk para Service Advisor beberapa hal juga. Dimulai dengan uji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang sudah ditetapkan serta sisi praktek dalam pelayanan terhadap konsumen.

BACA JUGA : AHM Raih 19 Penghargaan The Best Contact Center

Proses Seleksi Teknisi dan Service Advisor Terbaik

Dalam pencarian teknisi dan Service Advisor Honda yang terbaik, telah dilakukan seleksi yang diikuti tidak kurang dari 6.004 teknisi AHASS dan 1.694 Service Advisor Honda yang sudah diseleksi dari 19.502 teknisi AHASS dan 1.795 Service Advisor dari seluruh Indonesia yang aktif di periode Januari – Juli 2018.

Setelah melewati tahapan seleksi regional yang dibuat ketat, terpilih sejumlah 27 teknisi AHASS dan 27 Service Advisor terbaik dari 3.789 AHASS se-Indonesia. Setelah itu mereka akan berkompetisi di tingkat nasional yang akan diadakan pada 13-14 Agustus 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Dari teknisi AHASS, teknisi Big Bike hingga Service Advisor yang meraih peringkat 1 dalam AH-TSC 2018 mendapat apresiasi dari AHM. Apresiasi tersebut berupa 1 unit motor New Honda PCX dan berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi teknik tingkat International, yaitu Asia Oceania Honda Technical Skill Contest 2018. Sementara itu, juara 2 kompetisi ini mendapatkan 1 unit New Honda CB150 Verza. Terakhir, juara 3 mendapatkan New Honda BeAT Sporty.

BACA JUGA : AHM Jual 1000 Unit di GIIAS 2018

Daftar Pemenang AH-TSC 2018

Pemenang AH-TSC Kategori Big Bike:

  • Juara pertama: Dodik Kuswinarno – PT. Mitra Pinasthika Mulia Surabaya
  • Juara kedua   : Tedi Eka Budiana – Astra Motor Yogyakarta
  • Juara ketiga    : Surya Hadi Purnomo – PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya
Pemenang AH-TSC 2018 Kategori Teknisi AHASS :
  • Juara satu : Masngudin – PT Daya Adicipta Motora
  • Juara dua : Tri Wahyudi – Astra Motor Semarang
  • Juara tiga : Robertus Hendry Purwantoro – Astra Motor Palembang
Pemenang AH-TSC 2018  Kategori Service Advisor :
  • Juara pertama : Nispi Rohmansyah – Astra Motor Semarang
  • Juara kedua : Moh. Riduan – PT. Mitra Pinasthika Mulia
  • Juara ketiga : Taufik Hidayat – PT. Tunas Dwipa Matra

Selamat untuk para pemenang, semoga mereka tidak puas dengan hasil yang sudah diraih. Sehingga bisa terus berjuang untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Juga untuk AHM terus dilakuakn event seperti ini untuk menjaga pelayanan purna jual selalu baik – RPMSUPER.COM – Uji Keterampilan Teknisi oleh AHM

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here