Tips Saat Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Tips Saat Mudik Menggunakan Sepeda Motor

RPMSUPER.COM –ย Mudik adalah tradisi negara Indonesia ini memang sudah menjadi hal umum,waktu untuk pulang kekampung halaman untuk merayakan hari kemenangan (Idul fitri) bersama sanak keluarga yang ada dikampung halaman.Mudik bisa menggunakan berbagai transportasi yang tersedia dari mobil dan motor pribadi ,hingga menggunakan kapal penyebrangan.

Nah kali ini RPM ingin berbagi tentangย Tips Saat Mudik Menggunakan Sepeda Motor agar tetap nyaman , aman dan sampai tujuan dengan selamat serta tetap tepat waktu sampai tujuan ke kampung halaman .Yuk kita bahas bersama ๐Ÿ˜€ .

  • Siapkan Fisik/Jaga Kesehatan

Jaga Kesehatan dengan Bepikir Positif

Jika anda hendak mudik pada saat masih menjalankan ibadah puasa,anda harus bisa menjaga kesehatan fisik anda agar daya tahan tubuh tidak cepat turun karena akan menempuh jarak tempuh yang cukup dan bahkan sangat jauh.Bila memang jaraknya sangat jauh tidak perlu untuk memaksakan diri karena juga dapat menggangu konsentrasi berkendara anda.

 

  • Perhatikan kondisi motor

servis

Motor yang sobar gunakan harus dalam kondisi prima agar tidak menggangu kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Usahakan lakukan service atau memeriksa beberapa perangkat yang vital seperti tingkat keausan rem, ban. Tak dilupakan kondisi lampu pada motor,l ampu utama harus dalam keadaaan prima dan lampu sein juga mesti berkedip semestinya dan lampu rem bekerja sebagaimana harusnya.

Pengapian dalam motor juga jangan dilupakan seperti CDI/ECU, koil, kop busi serta kondisi busi. Cek ย jugatekanan angin jangan terlalu keras dan jangan terlalu emuk. Jangan lupa untuk mengecek juga kondisi rantai,kebersihan filter udara dan oli,kemudi dan bearing pada motor agar perjalanan anda tetap nyaman dan aman tanpa ada kendala apapun ๐Ÿ˜€ .

 

  • Gunakan Safety Gear

safetygear2lp2

Agar perjalanan aman dan nyaman gunakan safety gear yang sewajarnya saja. Hal yang utama adalah helm minimal lulus standar SNI, jaket, celana panjang, sarung,sepatu tangan dan juga masker penutup hidung dan mulut. Untuk jaket tidak perlu menggunakan yang tebal namun cukup yang water dan airproof.

Jika perlu sobar dapat menggunakan pengaman tambahan seperti bodi protector, knee dan elbow protector yang sudah dijual bebas. Pastikan memilih yang fleksibel agar tidak menggangu ruang gerak tubuh sobar. Jangan lupa membawa jas hujan untuk jaga-jaga karena musimnya sedang tidak menentu :).

 

  • Membawa Peralatan P3K

p3k

Bawalah peralatan P3k seperlunya untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan mudah-mudahan hal itu tidak terjadi ๐Ÿ˜€ . Bawa juga obat yang sobat perlukan. Siapa tahu sobat atau orang lain membutuhkan obat tersebut.

 

  • Bawa Barang Seperlunya

zzzzz

Bawalah barang bawaan yang seperlunya tidak perlu berlebihan karena itu bisa menggangu kenyaman dan keselamatan sobar saat berkendara ๐Ÿ˜€ . Jangan bawa barang-barang yang berat juga karena akan mengganggu perjalan sobat. Jangan bawa indahnya kenangan mantan juga ya :mrgreen: .

 

  • Tentukan Rute dan Tempat Istirahat.

jalur-subang-majalengka

Tetapkan rute mana yang hendak sobar lalui. Selain jalan utama, carilah rute jalan alternatif sehingga jika terjadi kemacetan/halangan sobar telah mendapat jalan alternatif. Istirahatlah setelah perjalanan 2-3 jam ditempat yang aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Biasanya sudah ada posko mudik dan hal ini berguna untuk kebugaran tubuh anda serta menghindarkan motor andar dari overheat.

 

  • Sabar dan Santai

Karena volume kendaraan yang mudik setiap tahun bertambah yang membuat kemacetan dibutuhkan kesabaran dalam berkendara. Usahakan jangan mudah terpancing emosi dan selalu berpikiran positif agar tidak membuat disi sobar menjadi setress dan misuh-misuh nggak karuan :mrgreen: . Dalam berkndara juga santai saja tapi bukan santai yang membuat sobar lama sampai ketujuan. Namun, cara berkendara diubah yang awalnya agresif dan gatal jika melihat jalan lurus yang panjang serta mulus atau melihat tikungan yang sepi. Hal ini juga berguna untuk menjaga keselamat bersama dan bahkan bisa menghemat bahan bakar motor anda ๐Ÿ˜‰


Last..mungkin hanya sedikit saja yang saya sampaikan dan mungkin ada yang mau menambahkan ? . Yang terpenting adalah Keep safety riding ,Jadikan safety riding sebagai kebutuhan karena sanak keluarga yang tercinta menggunggu kuta di kampung halaman sana ๐Ÿ˜€ . Sekian dari saya Semoga bermanfaat dan berguna ๐Ÿ˜€ย RPM – RPMSUPER.COM –ย Tips Saat Mudik Menggunakan Sepeda Motor –

 

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia ๐Ÿ˜€

 


Baca juga bray

Review Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

1 Trackback / Pingback

  1. Belanja Online, Siapa Takut? | Memoar seorang Julia

Silahkan masukan komentar Anda !