Tips Motor Irit BBM

Motor irit memang banyak dicari saat ini,selain karena memang menguntungkan bagi dompet juga untuk mengurangi minyak bumi yang lambatlaun pasti habis.Berikut beberapa tips agar motor anda lebih irit dari yang sekarang .. Cekidot

 Image

1.Pasang Power Booster

Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2 tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di toko-toko onderdil.

2.Setel Ulang Pelampung

Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.

3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.

4. Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi sedikit.

5. Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.

6. Manifold Berkisi-kisi
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.

7. Gunakan Oli berkualitas
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli anjuran dari pabrik.

8. Meningkatkan kompresi pada ruang bakar/mesin.

perlu kita ingat semakun tinggi kompres maka bahan bakar yang masuk dalam silinder akan terkompresi  atau terbakar sempurna, dan kita perlu tahu bahwa di dalam pembakaran jika kompresi tidak tinggi atau bocor, maka bahan bakar akan terbuang sia-sia dan hanya menjadi kerak dalam saluran pembuangan saja. maka motor anda akan mejadi lamban dan boros.

9. Atur klep dan Head kop anda.

Mengatur klep sama pentingya juga dengan meningkat kan kompresi. Di dalam mengatur klep kita harus perlu tau ukuran dan pergeseran klep nya. ukuran untuk klep hisap yaitu (0,10 s/d 0,14)

     Untuk tinggi bukaan ukuran klep yaitu:  klep buang yaitu (0,15 s/d 0,20)

                                                                   klep hisam yaitu (6,0 mm)

                                                                   klep buang yaitu (6,4 mm).

10. Service Karburator dan Injektor

Service tidak hanya membersihkan sepuyer tetap juga membersihkan,( Main jet,Pilot jet,Apung-apung dan semua yang ada di karburator),seringkali penyervice hanya membersihkan sepuyer saja, tetapi lainya itu juga harus dibersihkan dan diatur agar perbandingan udara dan bensin seimbang, dan tidak menimbulkan hal-hal negatif. begitupun juga injektor diatur penyuplai bahan bakar yang masuk dalam silinder.

 inilah perbandingan yang sebenarnya :

Starting (mesin dingin)                             : 2 – 3 : 1 (diperlukan coke)

Starting (mesin panas)                             : 7 – 8 : 1

Indling operation                                     : 8 – 10 : 1

Kecepatan rendah                                   : 10 –  12 : 1

Kecepatan medium                                  :  15 – 17: 1

Kecepatan tinggi bahan berat                    :  12-13 : 1

Perbandingan untuk memperoleh tenaga   : 12 – 13 : 1

Perbandingan terbakar seluruhnya            : 15 : 1

perbandingan campuran minimum             : 16 – 7 : 1

 

11. Mengganti dan Membersihka Busi secara Berkala.

Sering kali kita hanya membersihkan nya saja,selain itu kita juga harus memperhatikan pada sumbu businya.kita juga harus mengecek busi itu masih hidup apakah sudah setengah mati bahkan mati, maka dari itu sering kali kita tak sadar saat melewati genangan air yang sering kali dapat masuk dalam busi, dan bisa menjadikan busi setengah mati, bahkan mati. maka kita harus mengeceknya secara berkala.

 

12. Cermati Posisi Kampas Rem dan Keausan Kampas Rem.

kita sering melihat setiap saat, biasanya kendaraan kita tidak ada tenaganya, dan menjadikan kita sering jengkel. itu sebabnya adalah kampas rem yang sudah haus ataupun geser, maka dari itu menjadikan kendaraan boros dan kendaraan tak ada tenaganya. maka bila kendaraan anda terdapat ciri-ciri seperti itu maka servicekan segera pada Kampas kopling nya.

 13. Dan yang terakir  Ubah Gaya Berkendara Anda.

 Agar kendaraan anda awet dan sehat, maka rubahlah kebiasaan berkendara anda. Sering kita melihat pengendara motor ugal-ugalan dan memacu motornya supaya kenceng, itu ada sisi baik dan buruk nya. selain itu jika anda menghndari hal tersebut maka kendaraan anda awet dan iri, begitupun dengan keselamatan diri anda. anda selamat sepeda motor anda juga awet.

 

14.Jangan Dipakai Teralu sering

Dari beberapa tips diatas memang agak rumit dan mahal.Yang satu ini dipercaya sangat jitu untuk membuat motor anda irit.

15.Dorong Motor

Jika sudah 3/4 perjalanan doronglah motor agar irit bbm.Dan juga membuat badan anda sehat. 😀 😀 😀 😀

 Last… Itulah yang dapat saya sampaikan untuk cara-cara menghemat bahan bakar, dan kesehatan pada kendaraan anda. selain itu juga penting anda perhatikan komponen kopmponen yang lainya juga agar anda dapat mengetahui dimana kerusakan, dan juga dapat menghindari dari hal-hal negatif dalam kendaraan anda, begitupun keselamatan anda.

 

 Image

 

RPM (dari berbagai sumber dan opini pribadai)

@m_riskimiranto

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

No Comments

Masukan komentar Anda