Tips Merawat Knalpot

KNALPOIT TIGER

RPMSUPER.COM – Knalpot adalah sebuah piranti yang berfungsi membuang aliran sisa pembakaran di dalam mesin. Knalpot juga mempengaruhi kinerja dan performa motor dan tak jarang knalpot mempengaruhi tampilan sang kuda besi. Tapi kebanyakan para pengguna luput untuk merawat knalpot.

Pada kesempatan kali ini ,RPM ingin sedikit berbagi tentang  beberapa tips merawat knalpot agar tidak terlanjur dan tidak terjadi hal yang diinginkan . Selain itu, knalpot terkadang luput dari perhatian para pengguna sepeda motor.

Nah, kali ini RPM ingin membagi tips tentang merawat knalpot. Tips ini bisa untuk knalpot standar maupun knalpot racing. Sebenarnya caranya sangat mudah dan bisa dilakukan jika waktu senggang .Yuk kita bahas bersama .

1.Cuci dengan Sabun

Ini mungkin hal yang paling mudah ,kita hanya dengan mencuci knalpot motor dengan sabun cuci motor (kalau tidak ada ya pake sunlig*t :mrgreen: ). Caranya cukup bilas dengan air lalu sikat dengan sabun. Usahakan menggunakan sikat yang halus bukan sikat untuk mencuci pakaian .

86

 

Ha ini bisa sekaligus melakukan cuci motor dan jika sobat sedang tidak mencuci motor. Cukup siram knalpot dengan air bersih jika sehabis menerjang air hujan, yang mengandung asam dan dapat menyebabkan knalpot berkarat .

2.Lumasi dengan oli

Hal tingkat dua yaitu lumasi dengan oli. Oli yang digunakan bebas bisa oli bekas maupun oli yang baru. Caranya cukup oleskan oli pada knalpot bagian luar (bisa menggunakan kuas dan sikat ) oleskan secara merata.Jika sudah hidupkan motor selama 2-3 menit. Bilaa sudah tunggu sampai keadaan dingin dan bilas dengan air dan sabun untuk menghilangkan oli .

Oh ya, jika ingin melakukan hal ini knalpot sebaiknya dalam keadaan dingin. Agar nyaman dalam mengoleskan olinya ke knalpot. Untuk oli yang dimasukan ke lubang knalpot tidak saya sarankan.

3.Periksa Kondisi

Periksalah kondisi fisik knalpot apakah sudah ada yang keropos ataupun berkarat. Jika hal ini terjadi segera hilangkan karat dengan penghilang karat ataupun menggunakan untuk cara menghilangkan karat bisa cek artikel lama disini 😀. Biasanya area paling rawan berkarat adalah pada bagian sambungan knalpot (bagian yang dilas )

Lalu periksa juga paking knalpot apakah masih bagus apa sudah mengalami kebocoran. Jika hal ini didiamkan dapat menurunkan performa motor. Dikarenakan gas yang seharusnya keluar melalu knalpot akan keluar melalui sela-sela paking knalpot. Selain itu , jika paking knalpot sudah bermasalah. Biasanya akan mengeluarkan suara tembahkan yang biasa disebut knalpot nembak .

Selain memeriksa paking knalpot, periksa juga baut yang ada di knalpot. Misalkan baut pengikat knalpot dengan bodi motor harus kencang. Agar baut tidak lepas dan akibat yang paling vatal adalah knalpot patah karena goncangan jalan dan mesin motor .

 

news_2837_1374300562
knalpot patah

Yang terakhir jangan dilupakan, yaitu lubang pembuangan air atau kotoran yang ada di knalpot. Jangan sampai tersumbat karena dapat menyebabkan air akan menggenang dalam knalpot, yang dapat menimbulkan kropos pada knalpot .

lobang-knalpot
Jangan sampai tersumbat 😀

Last .. Cara dalam merawat knalpot sebenarnya sangat mudah. Tinggal berikan sedikit perhatian namun rutin dilakukan knalpot kita akan awet dan tidak akan ada kendala . Mengingat knalpotnya sangat penting bagi kendaraan dan penunjang performa motor .Sekian mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

Silahkan masukan komentar Anda !