Tips Memilih dan Kelebihan Menggunakan Stang Jepit

29

stang-jepit-satria-fu

RPMSUPER.COM –Β Stang adalah suatu bagian motor yang mempunyai fungsi sebagai pusat kemudi pada sepeda motor. Stang juga mempunyai beberapa jenis, yaitu dari stang model fatbar atau lebar hingga stang jepit yang sering diaplikasikan pada motor-motor fairing.

Stang jepit sendiri mempunyai kesan racing look jika diaplikasikan pada motor-motor naked. Nah, kali ini RPM akan berbagi tips bagaimana cara memilih dan juga kelebihan serta kekurangannya. Mari kita bahas πŸ˜€ .

Tips Memilih Stang Jepit Yang Bagus

Kali ini kita bahas cara dan Tips Memilih Stang Jepit Yang Bagus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginakan πŸ˜€

  • Β Diameter.Β Tips memilih pertama, yaitu perhatikan diameter stang jepit. Jangan pilih yang terlalu besar dan juga jangan pilihyang terlalu kecil agar nyaman digunakan. Sesuaikan juga dengan ciri motor dan sesuai ukuran genggaman tangan.
  • Panjang .Β Memilih panjang stang jepit yang sesuai kebutuhan agar tetap nyaman digunakan.
  • Bahan.Β Pilihlah bahan yang menggunakan kualitas tinggi. Perhatikan juga finishingnya. Kalau kualitas rendah bisa berakibat fatal, yaitu stang bisa patah.
  • Sesuaikan Postur.Β Saat mengaplikasikan stang jepit atur kondisi stang ini agar tetap nyaman digunakan .
  • Atur Jarak.Β Atur jarak bukaan stang. Jangan terlalu lebar ataupun terlalu sempit agar tetap mudah melibas tikungan. Juga atur jarak dari stang ke tangki agar tidak merusak tangki dan stang itu sendiri.

 

stang jepiwt
atur jarak dan lebar agar tidak mentok tangki
  • Harga.Β Sesuaikan stang jepit dengan budget anda saja, karena bagus belum tentu mahal kan πŸ˜€ . Nah saat menggunakan stang jepit, harus menurunkan shock breaker depan beberapa sentimeter. Saat sudah diturunkan lebih baik diberi ganjal agar shock tidak mentok. Karena kalau menambah oli rawan bocor. Atur juga jarak bebas dari spakbor dan plat nomor, tidak berlaku jika plat nomer dibatok lampu

Untuk menyelaraskan tampilan dan kenyamanan anda juga dapat menambahkan footstep racing atau underbone karena letak kaki akan lebih mundur dan membuat lebih nyaman pengendara. Jika ragu menggunakan part aftermarket dapat menggunakan spare part dari motor lain seperti Satria Fu,CBR,R15,Ninja dll.

Agar tidak merusak tampilan dari atas pilihlah stang jepit yang ada penutup segitiga ataupun juga dapat dibeli secara terpisah harganya juga cukup terjangkau. Perhatikan juga kekencangan baut agar tidak geser saat digunakan. Namun juga jangan terlalu kencang, yang akan membuat baut dol. Setelah riset yang RPM lakukan (hayyah :mrgreenn: ) menggunakan stang jepit mempunyai beberapa kelebihan antara lain

Kelebihan dan kekurangan stang jepit

Kelebihan :

  • Racy Look.Β Alasan pertama kenapa banyak bikers yang mengganti stang standarnya menjadi stang jepit, yaitu agar terlihat seperti gaya balap πŸ˜€ .
  • Hambatan Udara Berkurang.Β Saat menggunakan stang standar yang tegak hembusan angin ketubuh akan terasa. Namun jika sudah menggunakan stang jepit, akan berkurang karena posisi tubuh menjadi menunduk .
  • Β Mudah Melibas Tikungan.Β Menggunakan stang jepit juga akan membuat anda lebih percaya diri saat melibas tikungan. Karena pembalap motoGP juga menggunakan stang jepit :mrgreen: .
  • Keren.Β Keren juga salah satu alasan utama pemilihan stang jepit karena lebih ringkas dan bergaya ala motor balap.

Namun, pengaplikasikan stang jepit juga memiliki beberapa kekurangan antara lain :

  • Shock Depan Boros.Β Shock breaker depan menjadi kurang awet karena sudah diturunkan beberapa sentimeter dari sebelumnya apalagi untuk menahan bobot yang berat ditambah sering melewati jalan rusak.
  • Pegal.Β Karena posisi badan menjadi lebih condong kedepan atau menunduk pengaplikasikan stang ini dapat membuat lengan,pergelangan tangan,bahu dan juga punggung menjadi pegal apalagi digunakan untuk jarak jauh dan berboncengan.
  • Capek.Β Karena efek dari pegal yang disebutkan diatas badan akan lebih cepat capek.
  • Getaran.Β Menggunakan stang jepit juga dapat membuat getaran.Disarankan untuk mennganti jalu stang yang lebih baik dalam menahan getaran.

—-
Last…info serta kelebihan dan kelemahan menggunakan stang jepit diatas hanyalah opini dari RPM jadi semua orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda,sah-sah saja mempunyai pendapat yang berbeda dan silahkan kalau ada untuk tambahan dan revisinya.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon kritik dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat πŸ˜€Β (RPM) .- RPMSUPER.COM –Β kelebihan dan kekurangan stang jepit – Tips memilih stang jepit yang bagus –

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

29 KOMENTAR

  1. kalo buat nyari top speed stang jepit solusi jitu…
    tp pegelnye gak nahan kalo buat jarak jauh bro…

  2. pegelnya ampun om…perjalanan jauh boncengin bini…jalan pelan..aduuuh…pegelangan dah mau copot aja…terus kalo kena lubang berasa bingit…hehehe…
    Mo migrasi setang model turing ajah…
    salam,

  3. […] Mungkin bisa dilakukan dengan cara memodifikasi sedikit dari raiser yang sudah ada. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah da terjangkau. Anda juga lebih bebas dalam memilih stang jepit yang hendak digunakan. Untuk memilih stang jepit yang tepat, bisa baca artikelnya di sini ? . […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here