Suka Duka Menggunakan Footstep Underbone

Assalamu’alaikum brader semua ? ..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RPMSUPER.COM – Footstep merupakan tempat dimana kaki pengendara berpijak. Juga merupakan pusat kendali motor salah satunya untuk memindah gear dan untuk menghentkan laju kendaraan melalui rem belakang yang diinjak .

Footstep modelnya beragam, untuk footstep racing kita kenal dengan sebuatan footstep underbone (kok bisa ya :mrgreen: ). Nah, pada beberapa saat lalu RPM sudah memasang footstep  underbone ini untuk pemasangannya dapat dilihat diartikel lawas yang berjudul “Pasang Footstep underbone” . Menggunakan footstep ini ternyata sudah hampir satu bulan. Kemudian feeling menggunakan footstep ini bagaimana ? Kita bahas bersama yuks . Capcuss :mrgreen:

Hari pertama setelah jadi dari bengkel, rasanya nggak ada rasa nyaman sekali. Mungkin dikarenakan posisi kaki jadi lebih kebelakang. Alhasil harus lebih menekuk kaki lebih dalam.

Namun, rasa ini berangsur hilang dan lama-kelamaan menjadi kebiasan. Kini menggunakan footstep underbone menjadi nyaman walau harus digunakan dijarak yang lumayan jauh tidak terlalu membuat pegal kaki.

Banyak orang yang berkata kalau menggunakan footsep ini akan membuat kaki lebih cepat pegal. Benar, tetapi hanya awal-awal saja bro. Tinggal kita mensugestikan diri kita agar lebih cepat menyatu kembali dengan motor.

Saat dihari pertama lagi rem belakang tidak berfungsi sama sekali. Alhasil selama dua hari tanpa menggunakan rem belakang. Setelah itu langsung dibawa ke bengkel langganan untuk diperbaiki.

Ternyata letak meletakkan master rem kurang lurus yang menyebabkan rem tidak bekerja sempurna. Hasilnya harus membuat lubang baru untuk meluruskan kesalahan setelah itu masalah beres dan rem kembali ciiiiiiet !! alias pakem kembali ? . Tinggal bagaimana kreatifitas brader semua untuk mengakali rem yang tidak pakem itu .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Lubang yang ditas lubang yang lama dan yang dibawah adalah hasil akal dari mekanik bengkel ?

 

Menggunakan footsetp underbone ini telah mengorbankan dua aspek, yaitu switch rem dan kick strater. Switch rem jadi tidak berfungsi karena tidak ada tempatnya (namun masih dalam tahap riset :mrgreen: ) K ick starter jadi tidak bisa digunakan karena mentok dengan pedal rem. Namun, hal ini bisa diakli menggunakan peda rem yang bisa ditekuk.

Kata orang-orang masa kini, motor tanpa menggunakan kick starter adalah motor-motor canggih :mrgreen: . Memasang footstep underbone ini juga lumayan menguras uang dompet (kalau ini cukup relatif sih ? ) .

Memang untuk harga footstep underbone dan footstep boncenger cukup murah. Namun,  biaya untuk membuat braket dan las yang mahal. Bahkan melebihi harga footstep underbone dan belakang tadi .D

Sayaa harus mengeluarkan biaya tambahan karena harus naik ke bengkel karena keselahan teknis tadi. Namun, terlepas dari beberapa kekurangan tadi. Menggunakan footstep underbone membuat tampilan motor makin racing look. Seperti tampilan motor balap :mrgreen: dan sistem transmisi juga seperti motoGIPIH  :mrgreen: . Feeling saat bertemu tikungan juga makin menyenangkan walau tak bisa sampai rebah ? (memang bahaya kalau dijalan raya )

Diluar dari itu, memasang footstep underone ini harus mengganti footstep belakang untuk boncenger karena menyatu dengan bodi. Untuk itu harus mengakali dengan membuatkan braket dan kemudian di las agar kuat dan tahan lama.

Hal ini menyebabkan meningkatnya aspek kenyamanan bagi pembonceng karena getaran motor saat memebonceng hilang karena brakettnya berada dirangka tidak lagi di dekat mesin yang membuatnya bergetar .

Last….Untuk kelebihan dan kekurangan lain bisa dilohat diartikel lawas disini brow ? ,mungkin sobat RPM lain sudah ada yang memasangya untuk kuda besi brader semua ,kalau sudah bisa dishare pengalamannya .Sekian mohon undur diri ,semoga berguna dan bermnafaat dan kepengin ? RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

52 Komentar

  1. switch lampu rem tetep berfungsi gan, cm ngandalin switch rem dpn, klo kick starter bsa pke yg model2 lurus, trus pemasangan injekannya diturunin dibawah footstep

  2. honda modif partnya jarang banget kalo megapro, mending pake footstep tiger lawas ato tigerevo gan, sebenernya judulnya ganti suka duka footstep nyantol dimesin wkwkwkwk, makanya diganti underbone

Masukan komentar Anda