Standar Helm MotoGP

2

4833706_20140816075001

 

RPMSUPER.COM – HELM merupakan perangkat wajib bagi semua bikers yang berkendara menggunakan sepeda motor di manapun, dan kapanpun. Helm bertugas melindungi kepala dari benturan saat pengendara terjadi kecelakaan saat berkendara dan juga berfungsi untuk kenyamanan pengendara.

Helm wajib digunakan tak terkecuali oleh  para pembalap yang berlaga di sirkuit. Terlebih, pembalap balapan kasta tertinggi di dunia yaitu, MotoGP. Motor yang digunakan emiliki power mesin yang luar biasa,  dibandingkan motor produksi masal semakin menambah resiko dari pekerjaan mereka. Sering kita lihat pembalap mengalami crash yang cukup ekstrim seperti terlempar dari motor dan lain-lain.

Selain itu bagi pembalap motoGP, helm juga menunjang balapan mereka seperti melindungi mereka dari benda asing yang hendak menuju ke kepala sang pembalap, entah itu kerikil, terpaan angin dan sebagainya. Untuk itu para pembalap motoGP membutuhkan helm yang berkualita tinggi dan selalu prima.

Untuk itu pihak penyelanggara motoGP menetapakn standar minimal agar helm bisa digunakan oleh pembalap yang berlaga di motoGP. Standar tersebut mulai dari material luar, pengait dagu, busa, sirkulasi udara dan lain-lain. Pihak MotoGP juga menetapkan beberapa standar helm yang ada di dunia.

Untuk dapat lolos menjadi helm yang dipakai kontestan motoGP, helm tersebut harus lolos standarisasi helm internasional yang diakui oleh pihak motoGP. Standar internasional yang diakui oleh pihak motoGP adalah standar dari Jepang, yaitu JIS T 8133:2007 dan JIS T 8133:201 ( Japanesse Indursrial Standart (CMIIW))

Kemudian ada standar dari negara Uni Eropa, yaitu ECE R22-05 dan terakhir standarisasi dari negara Amerika yaitu SNELL M 2010 dan SNELL M 2015 (baru tahu kalau SNELL ternyata dari Amerika :mrgreen: ). Seperti yang kita ketahui di Amerika terdapat standar yang dikenal dengan istilah DOT, tetapi tidak terpakai karena sudah diwakilkan oleh SNELL.

 

46649-resized

Untuk struktur dasar atau bahan dasar helm yang diijinkan adalah fiberglass, carbon fiber, kevlar dan polyurethane. Biasanya lapisan helm sendiri tidak hanya satu lapis, mungkin lebih dari dua lapis agar dapat melindungi kepala pembalapan dari benturan dengan sempurna. Tapi, paling banyak digunakan adalah carbon fiber dan kevlar (CMIIW)  karena memiliki daya tahan yang bagus dan menghasilkan berat yang cukup ringan.

Untuk kaca helm sendiri harus terbuat dari material anti-gores agar tidak mengganggu pandangan pembalap, jika kaca helm terkena percikan kerikil atau benda asing lain. Biasanya helmnya ditambah pelapis plastik dan dapat dilepas saat race oleh pembalap saat fungsinya sudah menurun.

Untuk helm, para pembalap kontestan motoGP diberi jatah 4 helm selama semusim. Dari 3 helm tersebut digunakan saat balapan kering (dry race) dan satu helm untuk digunakan  saat balapan basah (wet race). Untuk warna dan desain terserah pembalap, tetapi juga ada kelengkapan yang harus ada. Misal, memiliki warna khas, nomor balap, dan nama pembalap yang dapat dibaca dengan jelas. Untuk bentuk helm diwajibkan helm berjenis fullface.

—-

Last… Keberadaan helm sangatlah penting hingga penyelanggara motoGP tidak main-main dalam menyeleksi brand helm yang akan ikut serta dalam motoGP. Dikarenakan menyangkut nyawa dan kenyamanan dari pembalap motoGP sendiri. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSPEED – RPMSUPER.COM – RPMSUPER.NET –

REFERENSI : thegaspol.comotomotif.kompas.com

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here