Spesifikasi Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

3
spesifikasi suzuki grand vitara jlx 2000 cc

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

RPMSUPER.COM – SUZUKI adalah salah satu pabrikan besar di pasar otomotif Indonesia. Brand ini sudah beberapa kali mengeluarkan produk yang legendaris di Indonesia. Salah satunya adalah generasi Suzuki Vitara yang kini sudah mengalami perubahan beberapa kali.

Kini, Suzuki Vitara sudah berganti nama menjadi  Suzuki Grand Vitara. Mobil ini adalah mobil yang berjenis SUV (Sport Utility Vehicle). Grand Vitara sendiri ada beberapa type, yaitu untuk 2400 cc dan 2000 cc. Nah, untuk tipe 2000c juga masih dibagi dua, yaitu seri JLX dan JX. Nah, pada kesempatan kali ini saya berkesempatan memberikan informasi seputar Spesifikasi Suzuki Grand Vitara JLX 2.0.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

Eksterior

ekterior suzuki grand vitara 2.0

Ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan dari Suzuki Grand Vitara, yaitu tampilannya yang super garang. Pada lampu depan sudah menggunakan lampu projektor meskipun masih menggunakan lampu halogen. Kemudian ada add-on pada bumper depan yang masih berwarna dasar plastik. Di bagian bawah juga terdapat lampu kabut yang masih halogen juga.

Perbedaan Grand Vitara 2.0 JLX dan JX pada eksterior adalah pada bagian ukuran velgnya. Pada seri JLX dia menggunakan velg ring 17. Sedangkan pada varian JX menggunakan velg diameter 16 inch. Selain itu, pada seri JLX memiliki roof rail, sedangkan pada seri JX tidak memilikinya.

Pada bagian belakang juga memiliki ciri khas. Seperti kompetitornya dari pabrik Jepang lainnya, Grand Vitara menggunakan ban cadangan dibagian pintu belakang. Secara kepraktisan memang lebih bagus karena tidak menyita ruang di bagasi atau tidak perlu repot mengambil ban di bawah. Namun, tentu saja hal ini memiliki kekurangan. Dikarenakan beban dari ban dan velg yang cukup berat, apalagi ban cadangan yang digunakan adalah ukuran full-size. Hal ini bisa membuat usia engsel pintu menjadi lebih cepat aus.

Interior

Interior Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

Pada bagian dalam menggunakan warna dominan hitam dengan beberapa pemanis seperti wood panel di dashboard tengah dan di doortrim. Warna hitam ini menguatkan kesan mewah pada mobil ini. Mobil ini juga memiliki kelegaan kabin yang baik.

Pada speedometer menggunakan tipe optitron dengan dilengkapi dengan door indicator walaupun belum mandiri. Jadi kita harus mengecek sendiri pintu mana yang belum rapat. Pada bagian tengah juga terdapat jam digital, outdor temperature dan rata-rata konsumsi bahan bakar.

Pada sisi jok menggunakan warna beige dan berbahan kulit. Keempukan joknya juga bisa dibilang bagus. Untuk lebih memanjakan penumpang. Pada jok belakang juga bisa digunakan reclining dan juga terdapat arm-rest bila digunakan untuk dua orang. Tentu, pada semua tempat duduk sudah terdapat head-rest adjutable, termasuk pada penumpang belakang yang tengah.

Pada bagian tengah juga terdapat center konsol yang dapat digunakan untuk penyimpanan barang. Walaupun ukurannya cukup kecil, tetapi cukup dalam. Jika sedang tidak digunakan bisa digunakan sebagai arm-rest untuk pengemudi.

Pada ac juga terbilang komplit. Walaupun belum menggunakan ac digital, tetapi Suzuki Grand Vitara ini sudah bisa disetel mode otomatis (auto-climate). Arah semburan ac juga komplit hingga pada defogger. Tidak hanya untuk mendinginkan suhu, tetapi bisa digunakan untuk pemanas juga.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

Entertainment

audio suzuki grand vitara jlx 2.0

Untuk sisi hiburan, Suzuki Grand Vitara JLX 2.0 sudah menggunakan audio double din. Walaupun belum mengunakan monitor, tetapi sudah memiliki interface yang bersahabat. Audionya juga support cukup banyak, yaitu 6disc, MP3/WMA/IpoD.

Mesin Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

mesin suzuki grand vitara 2.0

Sekarang kita beralih pada bagian mesin. Pada seri JLX ini disediakan dua jenis transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Memiliki kubikasi mesin 2.000 cc dengan empat silinder dan 16 katup (DOHC). Mampu mengeluarkan tenaga sebesar 144 ps pada 6000 rpm dan torsinya sebesar 183 Nm pada 4.000 rpm. Klain dari konsumsi bahan bakarnya adalah 7-9 km per liter untuk rute dalam kota. Sedangkan untuk rute tol atau luar kota mencapai 10 – 12 km per liter. Terbilang agak boros dikelasnya.

Fitur Safety

Fitur Safey Grand Vitara
TECT Grand Vitara

Untuk sisi keamanan mobil ini cukup standar, tetapi sudah memumpuni untuk digunakan harian. Pada sisi pengereman menggunakan rem cakram pada roda depan dan rem tromol pada bagian belakang. Pada rem sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Selain itu, struktur rangkanya juga didesain agar dapat mengalihkan energi bila terjadi benturan. Pada struktur rangka dilengkapi dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology). Mobil ini juga dilengkapi dengan Side Impact Beam yang teringrasi sehingga meningkatkan keamanan penumpang. Air-bag pada mobil ini masih standar, yaitu menggunakan dual-srs air bag.

Suspensi

suspensi suzuki grand vitara

Suspensi  pada Suzuki Grand Vitara menggunakan sistem suspensi depan Mac Pherson Strut dan suspensi belakang menggunakan sistem Multi Link. Memang memberikan efet stabil bila digunakan dalam kecepatan tinggi dan dimedan off-road.

Namun, karakter suspensi Grand Vitara ini memang agak keras dan reboundnya cepat. Efeknya kurang nyaman bila digunakan saat jalan yang rusak kecil-menengah dalam jumlah banya. Tapi, nyaman jika digunakan untuk melobas jalan berlubagn yang cukup dalam.


Last.. Kesimpulannya mobil ini memiliki tampilan yang garang dan long-lasting. Mesinnya kurang bertengap diputaran bawah, tetapi kuat diputaran atasnya. Selain itu konsumsi bahan bakarnya cukup boros. Ruang kabin yang ditawarkan lega dan nyaman. Sekain artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – Spesifikasi Suzuki Grand Vitara JLX 2.0 –

Refrensi : topgir.com dan suzukimobil.com

Lihat artikel ini dalam bentuk video :

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here