Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi

4
Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi

Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi

RPMSUPER.COM – KEMACETAN adalah salah satu hal yang menyebalkan saat berada di jalanan. Kita harus berkendara dengan pelan, bahkwa harus tersendat-sendat. Tidak jarang kemacetan yang terjadi membuat orang-orang jadi mudah naik darah alias emosi.

Solusi kemacetan sudah banyak, tetapi  dalam realisasinya sangat sulit karena membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Untuk kasus ini adalah kerjsa sama antara pemerintah dan masyarakat.

Di kota-kota besar kita akan dengan mudah menemui lalu lintas yang macet. Kota yang sudah menjadi prediat kota termacet adalah Jakarta. Dengan menjadi pusat perekonomian dan banyaknya jumlah kendaraan membuat semakin hari semakin macet.

Seperti yang sudah kita tahu, Jakarta sudah memiliki Gubernur baru untuk satu periode mendatang. Pasangan Gubernur itu adalah Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Mereka sudah dihadapkan dengan seabrek PR kota Jakarta. Salah satunya adalah kemacetan.

Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi. Pemimpin Jakarta periode ini sudah merancangkan 13 jurus yang dipercaya dapat mengurai kemacetan di Jakarta. Yuk langsung kita bahas 😀

Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi

Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi

1.Tiket Terusan

Transportasi massal adalah salah satu senjata utama untuk mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan. Kadang orang malas menggunakan transportasi umum karena tidak praktis dalam penggunaannya. Apalagi saat harus berpindah koridor maupun jenis transportasi umum.

Nah, untuk mengatasi hal itu diciptaka tiket terusan.Fungsinya agar mempermudah orang dalam berpindah trayek atau jenis transportasi sehingga tidak perlu membayar berulang-ulang.

Misalkan saat kita hendak menggunakan transportasi umum menuju ke suatu titik dan membutuhkan dua model transportasi dengan biayan Rp 10.000. Kita cukup membayar Rp 10.000 walaupun harus berganti model transportasinya.

 

2. Pelatihan Supir Transportasi Umum

Masih seputar dengan transportasi umum. Tidak hanya memperbaiki sarana dan insfratruktur. Mereka juga berniat menyediakan sekolah khusus pengemudi angkutan umum agar dapat memberikan layanan yang lebih baik.

Seperti yang kita tahu, pelayanan supir angkutan umum kurang memadai. Entah itu keramahan, sikap maupun atitudenya. Nah, agar bisa mengatasi masalah tersebut sumber daya manusianya juga perlu diperbaiki.

3. Perbaikan Sarana Kereta

Transportasi macam kereta adalah salah satu yang menjadi favorite. Kereta bisa mengantar penumpang ke tujuan secara cepat. Mungkin dari unit kereta sudah bagus, akan tetapi layanan disekitar kawasan yang kurang memadai.

Nantinya, dengan bekerja sama dengan PT KAI akan menata kawasan di sekitar stasiun. Misalnya memperbaiki fasilitas untuk pejalan kaki, pesepeda dan juga angkuta umum yang ada disekitar stasiun.

4. Penataan Ojek dan Angkot.

Belum pergi dari pembahasan seputar angkutan umum. Kali ini ojek pangkalan dan supir angkutan kota menjadi sorotan. Untuk saat ini kedua transportasi belum tertata secara baik.

Perlunya penataan dan pembinaan pengeumdi angkot dan ojek agar dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan kedua transportas ini. Selain itu, ojek masih dianggap sebagai angkutan umum ilegal.

Padahal ojek adalah salah satu mode transportasi yang paling sering digunakan. Biasanya ojek digunakan untuk tujuan ke daerah yang sempit. Tapi, perlu adanya kebijakan yang mengatur tentang ojek.

5. Fasilitas Parkir

Penyedian fasilitas parkir dan ride yang lebih banyak dan terjangkau. Seperti yang kita tahu, parkir liar adalah salah satu penyebab dari kemacetan. Fasilitias parkit ini juga akan banyak dibangun di sepanjang jalur KRL, MRT dan transjakarta. Tujuannya agar dapat menignkatkan minat menggunakan transportasi umum.

6. Penegakan Aturan Lalu Lintas

Jalan yang sudah macet akan semakin kacau jika banyak orang yang tidak taat dan melanggar terhadapat aturan lalu lintas yang sudah dibuat. Untuk itu, pemerintah Jakarta akan bekerjasama dengan pihak kepolisian.

Penegakan aturan lalu lintas ini bisa dengan penerapan tilang onile atau berbasis elektronik. Sehingga tidak perlu ada petugas yang ada dilapangan dan nantinya rasa tertib akan timbul karena kesadaran. Walaupun awalnya takut terkena tilang online.

7. Electronic Road Pricing

Pemprov Jakarta akan menerapkan jalan berbayar berbasis eletronik (electronic road pricing) yang sudah tertunda lumayan lama. Kemudian membentuk badan pengawas yang independen agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan umum.

8. MRT dan LRT

Pemerintah sangat percaya bahwa MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (light rapid transit) dalam meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportas umum yang nantinya akan mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan.

Mereka akan mempercepat pembangunan kedua mode transportasi ini. Kemudian menata bangunan sepanjang jalur dengan sistem transit oriented development yang tujuannya memaksimalkan fasilitas MRT dan LRT.

9. Pengelolaan Terminal

Dengan meningkatkan pengelolaa terminal menjadi lebih baik dan tidak lupa simpul transportasi yang lainnya. Akan memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat selama perjalanan dengan transportasi umum.

10. Fasilitas Pejalan Kaki

Alasan utama orang malas berjalan kaki di Indonesia adalah karena negara kita ini negara tropis. Yang notabene memiliki cuaca yang panas dan lembab. Untuk itu perlu ada fasilitas untuk pejalanan kaki yang teringrasi dengan KRL dan halte transjakarta.

11. Penataan Tranpostasi Online

Tranportasi online kini sedang berada dipuncak kejayaannya dan juga peminatnya semakin tinggi. Namun dengan mendata, menatan dan mengatur tranportasi berbasis online akan lebih baik lagi.

Harapannya transportasi berbasis online dapat bersinergi dengan pemeritah untuk mengurai kemacetan. Namun, perlunya ada peraturan agar dapat adil dan tidak merugikan sesama masyarakat.

12. Pembangunan Tol

Mempercepat proses pembangunan tol dalam kota juga akan menjadi target utama. Namun disisi lain juag tidak membangun 6 ruas tol dalam kota karena selama proses pembangunan dapat memperparah kemacetan.

13. Masterplan Tranportasi

Jurus yang terakhir, yaitu jurus yang ke-13. Dengan melakukan pembuatan masterplan untui semua transportasi umum agar dapat teringrasi, manusiawi juga adil untuk masyarakatnya.

Last… Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi memang tidak jauh-jauh dari pengembangan transportasi umum yang teringrasi dan lebih baik. Jika hal itu sudah terjadi, kemungkian besar minat dalam menggunakan transportasi online akan semakin tinggi.

Tidak hanya di Jakarta. Program-program dan Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi tersebut juga bisa digunakan atau dimodifikasi oleh daerah lain agar lebih sesuai dengaan kondisi kota yang bersangkutan. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER.COM – Solusi Kemacetan Jakarta Menurut Anies-Sandi –

Referensi : jakartamajubersama.com

Baca juga :

 

4 KOMENTAR

  1. hmm.. sudah dijalankan dan sudah sempat berhasil di pemerintahan terdahulu deh kang, tp sekarang dengan adanya kebijakan kebijakan baru, malah makin bikin ribet. btw untuk rencana yang no 13, emang masterplan belum dibikin? bukannya untuk membuat rencana apapun patokannya itu masterplan ya, contoh, masterplan rt rw (rencana tata ruang dan wilayah), masterplan jalan tol, masterplan untuk apbd, nah ini masterplan apa lagi ya? masterplan rute angkot? udah ada kan di llajr, masterplan rute lrt dan mrt? bukannya udah ada di masterplan kota.. gubernur baru sering asal njeplak ya..

  2. solusi paling jitu anies sandi ya semua jalan dibuat dagang PKL, pasti ga ada kemacetan. kan mobil ga bs lewat…. ga macet tohhh. Hidup JKT 58 yg rakyatnya bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here