Sepeda Motor Pertama Di Dunia

holden

RPMSUPER.COM – Sepeda motor merupakah salah satu transportasi yang ada di muka bumi ini. Sepeda motor menjadi pilihan utama oleh sebagian orang (terutama di tanah air kita yang tercinta yaitu Indonesia). Karena memiliki beberapa kelebihan seperti efisien dan bisa selap-selip di jalan yang kecil atau sempit.

Nah, apakah sobat tahu bagaimana  sejarah sepeda motor yang kini telah berkembang pesat dan mempunyai teknologi yang tinggi. Pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas motor yang pertama kali muncul di dunia ini. Tentunya menurut beberapa sumber hasil riset RPM (riset dari google bro :mrgreen: ) yang RPM teliti satu persatu.

Untuk pengembangan pertama kali, sepeda motor digagas oleh pabrikan Michaux ex Cie. Pabrik tersebut adalah pabrikan pertama kali di dunia yang memproduksi sepeda dengan skala besar. Produknya adalah hasil modifikasi dari sepeda konvensional dengan diberikan mesin untuk menggerakan rodanya. Untuk itu Michaux ex Cie menggunakan tenaga uap sebagai penggerak roda pada tahun 1868, tetapi menggunakan tenaga uap tidaklah efisien.

Kemudian muncul perusahaan Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang mengembangkan karya dari Michaux ex Cie dan berhasil menemukan mesin stationer terbesar pada tahun 1872. Pemiliknya yang bernama Nikolaus Otto berhasil menciptakan mesin dengan 4 langkah (4-stroke) pertama di dunia dan dipatenkan tahun 1877.

Salah satu mentan anggota dari Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang terlah dipecat, yaitu Daimler dan Maybach mendirikan bengkel. Lalu berhasil menciptakan benda yang digunakan untuk mecampur bahan bakar dengan udara yang disebut karburator pada tahun 1885, dan itulah cikal bakal dari karburator.

Keduanya juga membuat sepeda motor dengan menggunakan hasil pengembangan mereka dan berhasil membuatnya dengan menggunakan dasar sepeda konvensional dari kayu (bahkan rodanya juga dari kayu :mrgreen: ) diberikan mesin yang berkubikasi 100cc. Jadilah sepeda motor pertama yang paling sempurna dari pendahulunya.

motor pertama
Motor Pertama di Dunia

Pada tahun 1899 muncul sepeda motor yang bernama Holden yang diambil dari nama penciptanya, yaitu Sir Henry Capel Holden. Yang dicatat segai pioneer pembuatan sepeda motor pada zaman itu karena berhasil membuat sepeda motor dengan 4 silinder dan kubikasi mesin 1.054 cc.

Mungkin inilah cikal bakal dari motor 4 silinder yang ada sekarang. Motor buatan Sir Henry Capel Holden ini menggunakan air untuk sistem pendinginan mesin. Bentuk sepeda motornya juga masih menggunakan model sepeda konvensional. Walaupun memiliki kubikasi 1.054 cc dan 4 silinder, motor ini hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 40km/jam dan kekuatan maksimalnya adalah 3 daya kuda 😀 . Hal itu sudah disebut luar biasa karena motor sebelum itu hanya bisa mencapai 700-900 puatan roda per menit.

holden1
Motor 4 Silinder pertama

Last… Mungkin kita harus berterimakasih kepada jasa mereka,jika tidak ada mereka mungkin kita tidak bisa menggunakan sepeda motor seperti sekarang ini. Walaupun pada awal mereka temukan masih dalam bentuk sederhana,memalui pengembangan sepeda motor telah menjadi canggih. Jika ada pendapat lain monggo dishare di kolom komentar. Sekian artikel kali ini semoga dapat menambah ilmu,wawasan,serta semoga berguna dan bermanfaat 😀 -RPM – RPSMUPER – RPMSUPER.COM –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

Masukan komentar Anda