Sepeda Motor Listrik Terkencang Di Dunia

4

ls218-1

 

RPMSUPER.COM – Sepeda motor semakin ke depan semakin maju dengan mengusung banyak terknologi yang benar-benar baru atau menyempuranakan terknologi yang sudah ada. Salah satunya adalah sepeda motor yang menggunakan tenaga listrik. Dengan kata lain sudah tidak membutuhkan bahan bakar untuk menjalankan sepeda motor listrik.

Kita tahu bahwa  sepeda motor listrik terkenal sebagai kendaraan yang memiliki kadar emisi 0% atau sama sekali tidak mencemari lingkungan (kalau kendaraan listrik tidak lolos emisi pasti ada yang salah :mrgreen: ).Walaupun sekarang sudah banyak motor listrik yang sudah dibuat oleh produsen kendaraan entah it roda dua, roda empat maupun lebih,tetapi belum umum digunakan dijalanan.

Sepeda motor listrik kadang dianggap sebelah mata karena dianggap tidak memiliki tenaga yang saama besarnya dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak. Tapi jangan salah, sekarang sudah ada sepeda motor listrik yang menurut klaim pabriknya merupakan sepeda motor listrik tercepat di dunia. Dialah sepeda motor listrik dari pabrikan Lightning Motorcycle dengan produknya LS-218. Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit  mengulas tentang kendaraan ini. Yuk kita bahas bersama 😀 .

Sebenarnya motor ini sudah dirilis pada tahun 2013. Jika dilihat dari tampilan saja sudah kental akan aura sepeda motor sport racing dengan desain yang serba lancip membuatnya tampilannya sangar. Seperti motor sport cc besar motor ini juga dilengkapi kaki-kai yang besar dan tak main-main velg nya menggunakan bahan magnesium merk Marchesini untuk mengurangi beart total motor. Suspensi keluaran ohlins yang dapat disetting dan piranti pengereman dari brembo dan doble disk untuk rem depan.

ls218

 

Untuk rangka dan swingarm dibuat dari bahan serat karbon,tujuannya juga untuk mengurangi berat total motor. Tidak hanya pada rangka dan lengan ayun, spabor depan juga menggunakan bahan yang sama, yaitu carbon fibre.Karena sudah menggunakan bahan-bahan yang ringan dibeberapa sektor berat motor ini terbilang cukup ringan, yaitu 495 lbs atau sekitar 225 kg saja.

Sepeda Motor Listrik Terkencang Di Dunia

Bagian mesin,motor ini tidak menggunakan transmisi dan kopling jadi seperti motor matik :mrgreen: . Tapi, jangan remehkan dulu bro ! Mesin LS-218 ini mampu menyemburkan tenaga 200 tenaga kuda atau 150kW dan klaim kecepatan maksimum LS-218 ini adalah 218 M/h  atau sekitar 350 km/h  :mrgreen: . Untuk torsi sendiri dapat menyembuatkan 168lb-ft atau sekitar 228N/m . Untuk performa tidak bisa diremehkan bro 😀 .

lightning-ls218-electric-fastest-production-bike-1@2x
Tanpa Kopling bro 😀

 

Untuk pengisian daya tidak terlalu lama bro, menurut pabrik yang bermarkas di San Carlo , California, Amerika untuk quick charger hanya membutuhakn waktu 30 menit. Sedankan dengan pengisian normal, membutuhkan 120 menit. Mampu bertahan sejauh 180 mil atau sekitar 290 km tergantung seting yang dipilih. Bisa dibilang motor ini cukup hemat daya. Untuk pemakaian baterai bisa diatur sebagai berikut :

1.380v 12kWh bisa mencapai jarak antara 100-120 mile sekali isi ulang daya.

2.380V 12kWh bisa mencapai jarak antara 120 – 150 mile sekali isi ulang daya

3.380 V 20 kWh bisa mencapai jarak antara 160-180 mile sekali isi ulang daya.

Unuk harga sendiri tergolong mahal (yang ini tergantung sih hehe 😀 ) karena dibandrol dengan harga USD38.888 atau skurang lebih Rp518.000.000. Menurut Lightning Motorcycle harga yang cukup tinggi karena fase pengembang baterai dan dan penggerak motor yang membutuhkan biaya yang mahal dan pengembangannya yang cukup lama 😀 .

Last… Dengan harga yang dibadrol sepertinya memang pantas karena sudah bisa mendapatkan fitur dan tenaga yang sedemikian besar. Untuk harga mungkin bisa melonjak karena belum terkena pajak untuk masuk Indonesia (untuk sobat yang berminat 😀 ) . Sekain mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 . – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – SEPEDA MOTOR LISTRIK TERKENCANG DI DUNIA –

 

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here