Riding Style Pembalap MotoGP

3

motogp_logo

RPMSUPER.COM – MotoGP merupakan balapan jet roda dua yang memiliki kasta paling tinggi. MotoGP banyak dihiasi aksi-aksi para riders yang membuat penonton menahan nafas. Selain itu, MotoGP juga merupakan kiblat perkembangan teknologi .

MotoGP mempunyai lebih dari  20 pembalap yang berasal dari berbagai negara dan team. Masing-masing memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tentang gaya balap para racer saat melahap tikungan berdasarkan sumber dari tabloid otomotif. Langsung saja kita bahas beberapa gaya balap para pembalap 😀 .

  • MARC MARQUES

elbow

Pembalap dari Repsol Honda ini memiliki ciri khas saat melibas tikungan, yaitu ”  ELBOW DOWN & REAR WHEEL SLIDE ” . Sebelum melibas tikungan terlebih dulu melakukan rear wheel slide untuk menjaga tingkat keausan ban, dan melakukan elbow (siku) turun. Dari gaya balap ini, Marques dapat menikung lebih dari 60 derajat dan bisa mengantarkannya menjadi juara 2 kali berturut-turut dibantu dengan teknologi motornya .

  • Valentino Rossi

om rosi

Legenda hidup satu ini tak mau kalah dengan pembalap lain yang lebih muda darinya . VRossi sendiri memiliki gaya khas yang cukup ampuh untuk melibas lawannya dalam tikungan, yaitu “DEMON LATE BRAKING & ELBOW” . Berusaha sedekat mungkin  sebelum titik tikungan dengan late brakingnya, dan melakukan elbow down lalu keluar dari tikungan sekencang mungkin.

Gaya ini adalah gaya terbarunya yaitu dipakai mulai dari 2 musim lalu, sebelum itu Rossi tidak melakukan elbow down. Didukung dengan rangka Yamaha yang sangat joss dalam melibas tikungan memungkinkan untuk melakukan itu .

  • A.DOVISIOSO & A.IANNONE

duacti team

Pembalap yang dulunya satu tim dari Ducati, memiliki gaya balap yang hampir sama, yaitu keduanya sering melakukan late breaking dengan mendekat sedekat dan baru mengerem saat di titik tikungan yang diinginkan. Dengan didukung power motor Ducati yang mantap membuat mereka berdua bisa keluar di tikungan lebih  cepat .

  • CAL CRUTCHLOW

cal

Pembalap tim LCR Honda ini juga memiliki ciri khas dalam melibas tikungan. Cal merupakan salah satu pembalap jebolan balapan World Super Bike, yang membuatnya mempunyai gaya balap yang miri dengan pembalap WBSK yaitu elbow down, tetapi siku yang keluar tidak seperti Marques .

  • JORGE LORENZO

Pembalap dari Ducati yang satu ini dikenal sebagai salah satu raja saat melakukan start balapan, dimana Lorenzo bisa melesat jauh saat race dimulai. Dalam masalah melibas tikungan, Lorenzo juga mempunyai gaya khas saat melibas tikungan yaitu ” HAMMER & BUTTER “ . Kunci dari teknik satu ini adalah titik pengereman dan tingkat kecepatan saat sebelum dan sesudah tikungan. Teknik ini mebuatnya dapat meraja motoGP selama 2 kali .

  • DANI PEDROSA

dani_pedrosa_cornering_wallpaper_hd

Pembalap yang memiliki postur mungil ini membuatnya dapat melesat kencang saat berada tikungan dan gaya ini dikenal dengan ” HIGH SPEED CORNERING ” . Selain itu, Pedrosa juga sering melakuakn late breaking, tetapi dari tubuhnya yang mungil, rekan se-tim Marques ini harus mengeluarkan tenaga ekstra saat membalap di trek stop n go karena harus menahan gaya grafitas yang tinggi.


Last..tiap pembalap pasti memiliki gaya balap sendiri,tetapi tidak semuanya bisa RPM bahas disini (bilang aja nggak tahu :mrgeen: ) atau memang gaya balap pembalap motoGP secara kasat mata hampir sama 😀 .Sekain mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat 😀  – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here