Review : Yamaha New R15

RPMSUPER.COM – YAMAHA sudah melaunching Yamaha New R15 beberapa waktu yang lalu dan sudah mulai dijual ke pasar dan mendapatkan respon yang positif dari pasar.

Hadir dengan banyak perubahan dibandingkan dengan sebelumnya. Baik itu dari mesin, fitur maupun tampilannya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang review yamaha new R15. Sebenarnya lebih disebut dengan review singkat, karena saya hanya mencobanya di area test ride yang sangat kecil.

Jadi, kemungkinan besar riview ini kurang komprehensif karena memang potensi motor sama sekali tidak bisa digali. Selain itu, review ini berdasarkan opini saya. Jika Anda memiliki beda perdapat sah-sah saja. Yuk langsung kita bahas 😀

Tampilan

Untuk kelas motor 150CC, Yamaha New R15 mempunyai tampilan yang ganas dan sangat moge-look. Untuk dimensi saya rasa juga paling besar dikelasnya. Berbekal suspensi up side down, swingarm banana dan ban yang lebar menguatkan aura mogenya.

Beberapa sektor dibuat lancip mengesankan kesan garang dan racing. Tapi, perpaduan warna yang tidak mencolok membuat tampilannya kalem dan juga terlihat elegan. Varian warnya terdapat tiga, yaitu merah, biru dan hitam.

Riding Position

Hadir dengan mengusung motor fairing, bisa dipastikan motor ini menggunakan stang jepit. Namun, stang jepit yang digunakan adalah stang jepit model underyoke. Jadi, stangnya berada di bawah segita atas motor.

Tentu stang underyoke membuat posisi berkendara nunduk abis. Tapi, hal ini malah membuat pengendara nyaman dalam memeluk motor. Desain tangki yang didesain sedemikian rupa, membuat paha nyaman dalam menjepit tangki.

Untuk tinggi saya raya masih standar. Untuk tinggi saya yang standar dapat menapak dengan tenang (alias tanpa jinjit balet). Walaupun secara keseluruhan nyaman digunakan, akan berbeda ceritanya bila digunakan untuk daily-use maupun perjalanan jauh.

Breaking

Mengusung rem cakram pada rem depan dan belakang. Untuk disk depan menggunakan solid disk dengan ukuran 285 mm. Dirasa cukup bagus untuk mengurangi laju New R15 ini. Karakternya pengeremannya cukup soft, tetapi pakem.

fb gif

Suspensi

Menggunakan suspensi up side down untuk suspensi depan. Sedangkan untuk suspensi belakang, menggunakan monoshock dengan link. Menurut saya, bantingan dari suspensi cukup kaku.

Namun, rebound yang diberikan cukup lembut. Hentakan saat melewati gundukan tidak terlalu berasa. Berarti suspensi meredam hentakan secara baik. Dari opini saya, suspensi ini memang dirancang untuk melakukan manuver dengan kecepatan tinggi. Makanya dibuat agak kaku, agar tetap stabil dalam melahap tikungan di kecepatan tinggi.

Performa

Sumber : naikmotor.com

Dipersenjatai mesin SOHC 4 katup dengan 6 percepatan berkubikasi 155,1 cc. Ditambah dengan teknologi VVA dan fuel injeksi, membuat performa motor ini tertinggi dikelasnya. Hentakan diputaran bawahnya cukup kuat. Untuk putaran atasnya kurang tahu, karena keterbatasan tempat.

Tapi, walaupun SOHC motor ini mampu diajak meraung diputaran tinggi karena adanya teknologi VVA yang ditanamkan dalam R15 V3. VVA ini akan bekerja ketika putaran mesin di atas 7000 rpm.

Salah satu fitur yang cukup fenomenal adalah fitur assist slipper clucthnya. Saat mesin dipeluntir di putaran tinggi kemudian menurunkan gear di putaran tinggi. Deselarasi yang ada di motor ini halus dan membuat motor tetap stabil. Jadi, tidak perlu khawatir roda belakang mengunci sesaat saat menurunkan gear di putaran tinggi.

Fitur

sumber : motorcom.com

Fitur pada motor ini tidak perlu ditanyakan lagi. Semua fitur yang dibutuhkan sudah disematkan di dalam motor ini. Mulai dari lampu full LED, speedometer full digital, slipper clucth, VVA dan sebagainya.Yamaha New R15 mempunyai fitur yang paling komplit dikelasnya untuk saat ini.


Last… Yamaha New R15 sekarang ini menjadi motor yang memiliki fitur paling komplit dan performa tertinggi di kelasnya. Namun, efek dari kayanya fitur dan sebagainya membuat motor ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi untuk kelas 150cc.

Jika Anda mencari motor yang moge-look, badang besar dan kekar, performa tinggi, tetapi masih bisa irit bahan bakar. Saya rasa, Yamaha New R15 bisa menjadi pertimbangan yang bagus. Sekian artikel kali ini semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER.COM – REVIEW : YAMAHA NEW R15 –

 

Baca juga bray

Tinggalkan Balasan