Review : Suzuki Satria Fu 150

suzuki-satria-fu-150-warna-pink-hitam

RPMSUPER.COM –ย Suzuki Satria F 150 adalah motor berjenis ayam jago yang mempunyai kubikasi terbesar dikelasnya yaitu 150Cc. Satria F ini merupakan varian dari pabrikan Suzuki yang paling laris hingga saat dan kemungkinan akan terus bertambah. Dikarenakan mempunyai disain yang disukai oleh anak-anak muda. Satria juga sudah megaspal dulu sejak tahun 2006 (CMIIW) yang berstatus sebagai motor CBU dari Negeri Gajah Putih Thailand

Beberapa hari kemarin saya berkesempatan untuk menjajal motor Hyper Underbond ini. Bagaimana reviewnya ? silahkan simak ๐Ÿ˜€ ย  1.Ergonomi & Handling Suzuki Satria F

Suzuki Satria F ini mempunyai tinggi duduk yang rendah, namun pas untuk postur orang Indonesia. Dibagian stang Satria F 150 ini menggunakan stang model jepit yang membuatnya tampil sporti. Segitiga bekendara cukup menunduk bagi RPM.

Jok dibuat ramping agar selaras dengan tampilan Satria ini. Namun busa joknya sangat tipis kurang nyaman untuk perjalanan jauh. Untuk handling sendiri Satria F ini sangat mantap dengan stang jepitnya. Didukung bodi yang super ramping dan ringan, bobot kosong motor ini tidak sampai 100kg. Ukuran ban juga pas dengan ukuran motor ini sendiri (kecuali ganti ban cacing ).

2.Rem

Untuk rem sendiri, Satria F menganut sistem rem cakram hidraulis pada rem depan dan belakang. Pada rem depan menggunakan dua kaliper sedangkan untuk rem belakang menggunakan satu kaliper. Satu yang saya sukai dari rem Satria F ini yaitu diameter cakram yang super lebar membuat daya rem semakin maksimal. Untuk rem belakang masih standar tidak terlalu pakem dan tidak terlalu loss. Cukup untuk mengimbangi rem depaan.

3.Tampilan Suzuki Satria F

Satria F terkenal akan tampilannya yang mengikuti zaman dan mungkin tidak akan lekat oleh waktu. Juga selalu mengalami perubahan wajah oleh Suzuki. Mengusung model ayam jago yang keren, dinamis serta ramping juga mempunyai bobot yang sangat ringan dibanding motor lain. Tampilannya juga didukung oleh priingan cakram yang lebar serta knalpot yang dilabur warna chrome.

4.Performa Suzuki Satria F

Ini juga yang menjadi nilai plus dari Suzuki Satria F. Mengusung berkubikasi 150CC mesin tipe DOHC serta dilengkapi dengan 6 percepatan manual. Performa Satria F ini tidak perlu diragukan lagi, akselerasi begitu terasa setelah 4000 rpm keatas dan dibatasi dengan 11.000 rpm.

Saat RPM melakukan test terhadap Satria F ini, ternyata kabel gas standar dilengserkan oleh sang pemilik dan digantikan dengan gas spontan yang membuat akselerasi lebih cepat. RPM coba melakukan test dijalan kosong gigi 3 gas masih jauh dari red line sudah pada kecepatan 90 km/h lalu shift gigi 4 baru tambah gas sedikit sudah sampai 110 km/h (apa speedonya ya :mrgreen: )

5.Fitur Suzuki Satria F

Fitur yang ditanamkan pada Satria F 150 ini tidak terlalu banyak namun fungsional. Seperti sistem pendinginan menggunakan oli atau yang terkenal dengan sebutan oli cooler. Mesin DOHC 6 percepatan turunan Suzuki FXR 150 , dan indikator eco riding yang mungkin belum ada pada motor sekarang.

Secara keseluruhan RPM memiliki pendapat bahwa Satria F mempunyai kelebihan seperti :

  • Ramping .Cocok untuk perkotaan yang penuh dengan kamacetan.
  • Performa Tinggi.
  • Suara Knalpot Keren (setelah New Megapro dan Cb150R)
  • Rem Depan Mantap
  • Tampilan sporty

Namun, kekurangan Suzuki Satria F

  • Jok Tipis kurang nyaman untuk perjalanan jauh.
  • Boros bahan bakar dibanding motor 150cc lainnya
  • Posisi Riding membungkuk ,tapi tergantung ridernya sendiri

Last…Sensasi berkendara dengan Suzuki Satria F ini dilakukan RPM hanya disekitaran rumah saja,dan pasti tiap orang mempunyai opini tersendiri.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon kritik dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ย (RPM) . Note : Fotoย test unit tidak ada karena datanya hilang ๐Ÿ˜ฎ .

Baca juga bray

No Comments

Masukan komentar Anda