Review Performa Mesin Honda PCX 150

0
Review Performa Mesin Honda PCX 150

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Masih dalam seri review Honda PCX 150 lokal. Kali ini kita akan membahas pada sektor mesin motor ini. Yup, seperti yang sudah di judul saya akan memberikan Review Performa Mesin Honda PCX 150.

Honda PCX 150  menggunakan mesin kubikasi mesin 150 cc SOHC 2 klep. Motor ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang sedikit berbeda dengan Honda Vario 150.

Review Performa Mesin Honda PCX 150

Tenaga yang mampu dikeluarkan oleh mesin adalah sebesar 14,7 hp pada putaran 8.500 rpm untuk power maksimalnya. Sedangkan untuk torsi maksimalnya adalah 13,2 nm pada 6.500 rpm.

Review Performa Mesin Honda PCX 150 dalam skema harian dan jarak cukup jauh. Mesin ini mampu menghasilkan torsi yang cukup nendang pada putaran bawah hingga menengah. Bisa dikatkan khas karakter mesin SOHC.

Saat kita membutuhkan akselerasi secara instan. Entah itu untuk mendahului kendaraan lain atau lainnya kenaikan kecepatan cukup cepat. Namun, jika kita membutuhkan tenaga instan dikecepatan di atas 70 km/h kurang nendang.

Untuk kecepatan di atas 80 km/h kenaikan kecepatannya tidak terlalu signifikan. Apalagi saat di atas 90 km/h ke 100 km/h naiknya sangat lama. Ya memang top speed bukanlah yang ditawarkan di Honda PCX 150 ini.

Pengereman Honda PCX 150 Versi ABS

 

Top Speed Honda PCX 150 yang bisa dapatkan adalah 101 km/h. Itupun didapatkan dengan trek yang cukup panjang, jalannya datar dan ekstra mulus. Namun yang sekali lagi, top speed bukanlah jualan motor ini. Top speed dari klaim AHM sendiri hanya 105 km/h.

Untuk getaran mesinnya saya rasa cukup halus. Walaupun getaran di stang sedikit terasa, tetapi tidak sampai buat tangan kesemutan saat digunakan harian. Apalagi sudah ada beberapa teknologi seperti ESP yang mampu mereduksi getaran mesin. Saat kita hendak menyalakan motor ini juga sangat halus. Sudah tidak ada suara bletak door :mrgreen: seperti motor matik dulu.

Kesimpulan dari  saya tentang Review Performa Mesin Honda PCX 150 adalah motor ini lebih cocok untuk keperluan harian yang memperlukan akselerasi instan dikecepatan rendah hingga menengah.

Apalagi untuk stop n go, torsinya bisa sangat membantu. Apalagi sudah ada teknologi Idling stop yang akan mematikan mesin apabila berhenti lebih dari 3 detik. Jadi bahan bakarnya tidak terbuang secara sia-sia.

Konsumsi bahan bakar Honda PCX 150

Selanjutnya ada pembahan tentang Konsumsi bahan bakar Honda PCX 150. Untuk pemakaian harian dengan kondisi lalu lintas cukup lengang. Dengan mudah mendapatkan angka di atas 47 km/ liter.

Saat sata gunakan untuk naik gunung yang notabene membutuhkan tenaga dan gas dibejek secara dalam dengan jangka yang lama. Konsumsi bahan bakarnya menjadi disekitaran 45 km/h.

Kemudian saat saya gunakan untuk jarak yang menengah dan dengan gaya berkendara tidak irit. Alias gas pol rem pol, konsumsi bahan bakanya masih dengan mudah mendapatkan angka 46 km/ liter.

 Baca rangkaian Review Honda PCX 150 : Link 

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here