Review Honda New Megapro FI

0

Motor-Honda-New-MegaPro-FI-1

RPMSUPER.COM –Β Honda New Megapro Fi adalah motor sport generasi penerus generasi Megapro. Muncul awal tahun tepatnya pada bulan Januari 2014. Honda New Megapro Fi ini diharapkan dapat membantu kedua saudaranya yaitu Honda Verza 150 dan Honda CB150R untuk menggempur keperkasaan motor sport Yamaha dan sempat berhasil walau direbut kembali posisinya .

Honda New Megapro Fi adalahΒ suksesor dari generasi sebelumnya yaitu Honda New Megapro yang masih menggunakan pengkabutan karburator. Honda New Megapro Fi ini sebenarnya mengalami perubahan yang cukup minor. Apalagi pada bagian tampilannya, hanya berubah beberapa point saja.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang review honda new megapro fi. Tentu saja ini berdasarkan feeling saya sendiri. Jadi, jika massbro mengalami perbedaan atas review ini tidak masalah bray. Yuk kita bahas satu persatu.

    • Ergonomi dan Handling

Untuk ergonomi sendiri Honda NMP Fi ini tidak terlalu mengalami perubahan alias sama bak jeruk dibagi dua πŸ˜€ . Kenapa jeruk ? Karena masih ada perbedaan sedikit, yaitu sudut kemudi lebih sedikit alias maksimum radius putarnya hanya 2 meter seperti Honda Verza 150.

Untuk posisi duduk nyaman layaknya motor sport touring. Kaki menapak sempurna badan tegap dan posisi footstep juga pas serta didukung busa jok yang cukup empuk. Pastilah Honda NMP Fi ini nyaman dipakai untuk perjalanan jauh/dekat maupun touring .

Handling sendiri saya rasa lebih mantap saat stang dilepas motor stabil kearah depan dan juga sudut kemudi maksimum 90 derajat. Membuatnya manuver lebih dahsyat ketimbang versi karbu mungkin karena menggunakan sasis Honda Verza 150 jadi hampir sama juga ukuran ban depan dan belakang sama persis.

    • Pengereman

Review Honda New Megapro FI berlanjut pada piranti pengereman menggunakan cakram pada rem depan dan rem belakang alias sudah sama-sama menggunakan sistem disk break. Untuk rem depan menggunakan kaliper dua piston namun piringan terbilang kecil dan untuk rem belakang menggunakan rem cakram single piston. Keduanya menggunakan kaliper nissin yang cukup memumpuni untuk breaking biasa , late breaking dan hard reaking. Minyak rem yang dulunya kuning sekarang menggunakan warna hijau mudah seprti punya motor-motor Kawasaki πŸ˜€ .

    • Tampilan

honda new megapro fi

Tampilan pada Honda NMP Fi ini tidak bisa dibilang “wah” dan juga tidak bisa dibilang jelek karena tampilan juga mengalami beberapa perubahan. Secara kasap mata shroud-nye berubah menjadi lebih ramping dan agresif . Tampilan side cover dihiasi warna hitam karbon ala-ala , footstep dan footpeg diganti dengan model terbaru (kecuali footstep depan masih seperti motor bebek).

Tambahan rear hugger mini untuk melindungi cipratan air ke shok belakang. Juga pada finishing speedometer, pada bagian penunjuk putaran mesin mirip Honda CB150Invicta (Megapronya benua Amerika). Namun yang saya sayangkan, bagian penunjuk kecepatan backgroudnya menggunakan warna kuning-orange yang saya rasa kurang eksklusif πŸ˜€ .

Bagian knalpot juga direvisi bentuknya sekarang kalau berhenti atau saat putaran rendah suaranya seperti motor bebek namun saat rpm tinggi masih ngebass gimana gitu πŸ˜€ . Secara keselurahan masih mengusung desain street fighter elegant sesuaikan selera anda .

test ride new megapro fi2

    • Fitur

Fitur yang ditanamkan pada Honda New NMP Fi ini juga bertambah seperti sudah menggunakan model close-loop atau double cadle, angle bank atau sensor rebah, fitur PGM-FI singkatan dari Programmed Fuel Injection,sensor O2,Lampu AHO (auto matic headlamp on) , pass beam inovatif,rangka Honda Verza 150 tanpa coakan ,pengaman rantai agar rantai tidak tidak mengunci ban saat terlepas dan masih banyak lagi .

    • Performa

test ride new megapro fi3

Konon katanya Honda NMP Fi ini menggunakan basis mesih Honda Verza 150 hanya sedikit perubahan seperti durasi chamsaf dll saya kurang tau. Sama-sama mengusung mesin SOHC dan dilengkapi pengkabutan injeksi Honda, yaitu PGM-FI. Membuat bahan bakar irit dan juga ramah lingkungan karena sudah lolos EURO 3.

Untuk performa Honda NMP Fi mengusung mesin 150CC atau rincinya 149,5 CC, SOHC dengan lima percepatan. Mampu memuntahkan tenaga maksimal 9,8 kW Β pada putaran 8500rpm dan torsi maksimum 12,3 n/M pada putaran 6500 rpm. Sedikit mengalami penurunan dibanding versi karbu namun untuk akselerasi lebih halus dan nendang ini dan memumpuni untuk perjalan jarak jauh dan bisa bertahan 46,2 km tiap liter* irit dan tangguh serta rendah emisi.

Kelebihan Honda New Megapro FI

1.Nyaman untuk perjalanan dekat maupun jauh.

2.Ramah lingkungan dan cukup irit .

3.Akselerasi lebih halus

Kekurangan Honda New Megapro

1.Suara knalpot seperti motor bebek .

2.Tampilannya tidak berubah banyak .

3.Tenaga lebih rendah dibanding versi karbu

Last… review honda new megapro fi diatas hanyalah opini setelah menjajal motor Honda NMP Fi ini dengan perbandingan motor RPM sendiri yang masih keluarga dari Megapro. Jadi tiap orang bisa merasakan hal yang berbeda. Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah ,mohon kritik dan saran semoga berguna dan bermanfaat πŸ˜€Β (RPM) RPMSUPER.COMΒ –Β Review Honda New Megapro FI –

test ride new megapro fi8 test ride new megapro fi7 test ride new megapro fi6 test ride new megapro fi5 test ride new megapro fi test ride new megapro fi1 test ride new megapro fi2

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here