Review Cakram Lebar PSM 320 mm

RPMSUPER.COM – REM merupakan perangkat yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan atau laju sebuah kendaraan yang fungsinya sangat vital bagi keselematan pengguna kendaraan bermotor apapun itu jenisnya. Rem wajib ada dalam setiap kendaraan.

Jenis rem yang paling sering digunakan pada saat ini adalah  rem dengan menggunakan cakram. Cakram menjadi perantara untuk mengurangi laju kendaran dengan memanfaatkan hasil gesekan yang terjadi dengan kampas rem.

Ukuran diameter dari cakram mungkin sudah diperhitungkan dan disesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor itu sendiri agar mampu berfungsi secara maksimal. Namun, banyak dari bikers yang tidak puas dengan ukuran piringan cakram motor standarnya, salah satunya saya.

Diameter cakram pada kuda besi saya terlihat begitu kecil bila dibandingkan dengan keseluruhan motor dan saya sendiri juga menginginkan performa pengereman yang lebih baik lagi dibandingkan menggunakan ukuran yang asli. Review Cakram Lebar PSM 320 mm

Untuk itu saya memutuskan mengganti cakram dengan diameter yang lebih besar dengan merk PSM ukuran 320 mm. Kenapa saya memilih brand ini ? Ya karena brand ini sudah terkenal dikalangan biker dan “katanya” memunyai kualitas yang bagus. Cakram ini berjenis floating yang mempunyai dua bagian yang terpisah, tetapi disambung dengan sebuah ring. Untuk harganya sendiri sebesar Rp 550.000 (dapat harga ketinggian euy 😮 ) sudah termasuk braketnya..

Untuk pemasangan cakram tidak ada masalah sama sekali. FYI (for your information) bentuk cakram Old Tiger, Verza, New Megapro dan Old CB150R mempunyai bentuk yang sama). Namun, saat pemasangan ternyata membutuhkan ring tambahan agar jarak kalipernya sesuai.

Untuk rincian biayanya sebagai berikut :

  1. Cakram PSM 320 MM : Rp 550.000
  2. Jasa bengkel                 : Rp  20.000
  3. Mur payung 2 biji        : Rp   5.000
  4. Kampas Rem depan   : Rp  40.000
  5. Total                              : Rp 615.000 🙁

Review Cakram Lebar PSM 320 mm

Sesaat setelah diganti rem depan malah tidak lebih baik, mungkin karena membutuhkan penyesuaian dulu. Setelah 2 hari baru performanya sama seperti sedia kala. Kemudian seminggu penggunaan performa semakin membaik, tetapi bunyi gesekan antara cakram dan kampas masih cukup nyaring. Pada minggu kedua baru mendapatkan performa pengereman yang diharapkan dan  suara gesekannya sudah hilang.

Sekarang saat menggunakan rem depan tidak perlu lagi membutuhkan tenaga ekstra karena dengan menarik tuas rem sedikit saja sudah terasa dan sekarang cukup jarak menarik tuas rem dengan dalam. Yang tidak saya pikri ternyata lebar bida gesek di cakram sama dengan yang asli, mungkin agar penggunaan kampas rem lebih awet. Overall saya puas dengan performa yang diberikan oleh cakram dari PSM ini.

Kesimpulan Review Cakram Lebar PSM 320 mm, kelebihan :

  1. Performa pengeraman naik cukup signifikan.
  2. Tampilan keren.

Negatif :

  1. Mahal. Saran untuk lebih selektif dalam memilih toko.

 

Last… mungkin masalahnya hanya dengan harga saja yang cukup tinggi :mrgreen: dan memaksa saya puasa senin-kamis :mrgreen: . Untuk performa memang mantap, tetapi untuk boros tidaknya penggunaan kampas rem belum bisa dihitung. Sekian artikel kali ini semoga bisa menjadi referensi buat kawan-kawan semua. RPMSUPER.COM – Review Cakram Lebar PSM 320 mm – DI NEW MEGAPRO

Baca juga bray

2 Comments

Masukan komentar Anda