Reveiw 3 Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia

Layanan Pengiriman Kilat

RPMSUPER.COM – Menjamurnya belanja online membuat jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan. Maka dari itu, semakin banyak pula jasa-jasa pengiriman / ekspedisi yang lahir di tanah air tercinta ini. Contohnya ada POS, JNE,TIKI, Wahana, Rex, DhL dan masih banyak lagi yang tak bisa sebutkan satu-persatu. Mereka pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masihng-masing .

Nah kali ini RPM hanya ingin berbagi tentang review menggunakan 3 jasa pengiriman barang, yaituย ย Pos Indonesia , JNE dan TIKI ,yang pasti setelah RPM mencoba semua jadi ini murni untuk berbagi dan referensi untuk memilih jasa ekspedisi yang sesuai. Mari kita bahas satu persatu ๐Ÿ˜€ …

  • POS INDONESIA

logo-pos-indonesia

 

Jasa pengiriman tertua di Indonesia sudah ada pada tahun 1700-an yang didirikan oleh Belanda pada masa penjajahan lalu. POS sudah terpacaya akan kinerja pengiriman dan pelayanan. Mempunyai tarif yang paling murah diantara dua jasa pengiriman lainnya.

Pos Indonesia mempunyai kecepatan pengiriman yang standar, tetapi stabil. Misalkan biasanya Anda menerima paket dalam 4 hari. Kemungkinan besar, barang yang Anda pesan juga akan datang dalam jangka waktu empat hari juga.

Namun, POS Indonesia sudah memiliki layanan yang mampu menyampaikan barang sehari setelah barang dikirim. Untuk harga layanan tertinggi dari Pos Indonesia ini, masih di bawah ekspedisi lainnya. Tapi, jika tidak halangan paket akan benar-benar sampai dalam sehari kerja.

Untuk mengirim ke luar negeri, POS mempunyai tarif yang jauh lebih murah daripada ekspedisi swasta yangย lainnya. Tapi, performa yang ditawarkan memang benar-benar stabil dan bisa sesuai denga estimasi waktu yang dijanjikan.

Dalam mengirim barang menggunakan jasa Pos Indonesia harus benar-benar memerhatikan paking barang. Haruslah bisa menjamin barang utuh saat ditujuan. Selain itu, kerapian paking barang juga akan dinilai. Jika paking tidak rapi, kemungkinan besar akan ditolak.

 

Kesimpulan,ย Kelebihan Pos Indonesia :

  • Tarif Murah
  • Kinerja profesional
  • Dekat dari rumah (kalau saya tinggal menyebrang jalan sudah sampai :mrgreen: )
  • Ada nilai pertanggunag jawaban jika barang rusak.

Kelemahan Pos Indonesia :

  • Berat kelebihan sedikit tarifnya mengikuti yang diatas ๐Ÿ˜ฎ .(seperti cerita diatas)
  • Saat mengetik agak lama euy ๐Ÿ˜€
  • Komputer agak lama mengeluarkan datanya.

 

  • JNE

LOGO-JNE

JNE mungkin sudah sering terdengar gaungnya karena sering menjadi recommend jasa ekspedisi terlebih di forum jual beli kaskusย karena tingkat kecepatan dalam pengiriman barang dan mempunyai biasa yang relatif murah ,tapi paling malah diantara dua yang lain ,terlebih sudah mengalami kenaikan sebesar +- 13% untuk semua destinasi .

JNE mempunyai 3 jenis pengiriman yaitu YES (Yakin Esok Sampai) ,Reguler dan Oke ,dalam pengalaman saya menggunakan menggunakan paket YES memang untuk daerah sesama Provinsi saya siang hari kirim ,esok sorenya sudah diterima oleh penerima .Namun saat mengirim macam ke Batam molor sampai 4 hari ,ke Kerewang juga dua kali molor 2 dan 3 hari .

Untuk yang reguler dan oke masih sip belum ada masalah karena datang selalu tepat waktu,namun yang disayangkan di websitenya JNEย kadang gagal untuk memeriksa kondisi barang dan untuk mencari tariff yang diperlukan dan masih ditambah harus mengisi chapta.JNE mempunyai cara untuk mengukur barang.

Yaitu melalui berat kalau tidak lewat volume yaitu menurut agen di desa RPM PxLxT dibagi 6.000 ย dan tergantung mana dulu yang mencapai ,nah untuk pengiriman lewat JNE agennya masih tetangga barang kalau diukur lewat volume mencapat 3kg hanya dihitung berat satu kg karena memang sudah tidak bisa diperkecil lagi ukurannya ๐Ÿ˜€

Foto0773
Seharusnya 3kg :mrgreen:

Untuk packing sendiri terserah mau menggunakan apa selama barang tidak terlihat dan bisa tahan dalam jangka waktu pengiriman dan tidak perlu rapi untuk mengirimkan seperti contoh diatas :mrgreen: tapi kalau bisa yang dibuat rapilah hehe ๐Ÿ˜€ .Nah untuk kasus barang rusah saat diterima RPM alhamdulillah belum pernah paling cuma lecet sedikit.

Dan kadang untuk JNE pembagian tariff dan estimasi waktu sedikit aneh,paling murah dan cepat saat kirim ke Jakata kirim ke satu desa tarif sama tapi malah memakan waktu 3 hari :mrgreen: usut punya usut semua pengiriman dikumpulkan dipusatnya yaitu Jakarta,benarkah ?? Untuk kurir pengirim ramah dan sopan saat memberikan barang seperti yang saya alami :). Saran, tidak menggunakan JNE saat mendekati hari besar. Biasanya pengiriman akan overload.

JNE juga sering terkena kabar miring seperti barang rusak saat diterima ,waktu teelat hingga berbulan-bulan bahkan hilang ,dan yang paling ngeri adalah kiriman foto dari gudang JNE ,cekidot :

alamak jam
๐Ÿ™„ ๐Ÿ˜†

 

Kesimpulan JNE mempunyai kelebihan :

  • Pengiriman barang cepat. (tergantung sih ๐Ÿ˜€ )
  • Kurir ramah .
  • Tarif di web sesuai dengan yang ada di agen ๐Ÿ˜€ .
  • Barang sampai ke alamat yang dituju.

Namun JNE mempunyai kekurangan :

  • Tarif paling mahal (dibanding kompetitor)
  • Kadang tidak sesuai jadwal
  • Tidak ada nilai pertanggung jawaban isi barang .

 

  • TIKI -TITIPAN KILAT

TIKI logo

TIKI juga merupakan sebuah perusahaan ekspedisi yang sudah terkenal juga namanya ,TIKI mempunyai daerah cakupan yang luas maka dari itu hampir semua wilayah TIKI menyediakan layanan ONS (One Night Servis) dengan tarif yang realatif murah (diantara pos dan JNE) ,selain itu TIKI juga menyediakan layanan reguler yang tak kalah cepat.

Selama menggunakan TIKI (mengirim) di agen hanya bole menggunakan tarif ONS katanya agar lebih cepat ๐Ÿ™ ,namun tak selamanya ONS berjalan dengan sempurna seperti foto pengiriman yang satu ini molor lama dan harus mengambil ki agen ,sempat kasihan juga kepada pembeli harus repot mengambil ke tempat agen ๐Ÿ™

long trip
๐Ÿ™„

Namn untuk ukuran barang TIKI sepertinya hanya menggunakan berat saja tidak menggunakan volume seperti JNE dan POS ,dan untuk packing sendiri bisa dari kertas/koran bekas yang penting barangnya tertutup dan tahan selama pengiriman seperti saat mengirim jika menggunakan volume mencapai dua kg ,namun disini hanya dihitung 1 kilo :mrgreen: .

Di websitenya TIKIย juga sangat mudah untuk di akses terlebih untuk mengecek lokasi barang menggunakan no.resinya tinggal masukan lalu enter tidak perlu memasukan chapta .Namun sungguh saya kemudahan dalam mencari tariff pengiriman harus dinodai karena banyak tarif yang berbeda saat hendak mengirim di agen dan masih terkena pajak.

Kesimpulan TIKI mempunyai kelebihan :

  • Jaringan luas memungkinkan pengiriman jenis ONS.
  • Kemudahan pengeceka lokasi di website .
  • Tariff masih murah dibanding JNE.
  • Penghitungan barang hanya menggunakan berat saja .

Namun TIKI mempunyai kekurangan :

  • ONS kadang gagal .
  • Masih dikenakan pajak.
  • Tariff berbeda antara di website dan di agen

 

Last….untuk yang satu ini kembali ke keberuntungan masing-masing dan untuk menerima barang RPM hanya pernah dari JNE saja ,yang lain hanya untuk mengirim barang dan sesuai pengalaman yang terjadi tidak ada yang dibuat-buat karena ini hanya untuk referensi sobar semua ๐Ÿ˜€ .Sekian dari saya ,jika ada pendapat lain silahkan ditulis dikolom komentar,jika ada salah kata/ketik mohon maaf,mohon kritik dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ RPM – RPMSUPER.COM –

Baca juga bray

28 Comments

Masukan komentar Anda