Rem Belakang dengan Jempol ( Thumb Brake)

thumb brake

RPMSUPER.COM – Rem merupakan perangkat sepeda motor yang menyangkut keselamatan nyaman seorang pengendara. Rem berguna untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan. Sselain menyangkut keselamatan nyawa,  juga menyangkut kenyamanan dalam berkendara .

Pada umunya rem dapat difungsikan dengan

tuas yang ditarik (untuk rem depan / belakang ) dan tuas diinjak (untuk rem belakang). Nah, sekarang di balapan para raja mulai menghidupkan kembali rem yang pernah ada, yaitu rem jempol atau thumb brake.

Thumb brake adalah rem menggunakan ibu jari (jempol) dengan menekan tuas yang sudah disediakan ,thumb brake ini berfungsi untuk rem belakang. Cara kerjanya hampir sama dengan rem cakram hidraulik pada umumnya. Hanya saja, mengaktifkannya menggunakan ibu jari saya dan terletak di kiri stang.

Thumb brake mulai terkenal pada tahun 90’an waktu pertma akali digunakan di ajak MotoGP dan digunakan oleh om Doohan. Thumb brake diciptakan dengan sengaja, karena saat itu om Doohan sedang cedera kaki kanannya dan tidak mampu menginjak tuas rem dengan kuat .

Berdasarkan hal itu diciptakanlah thumb brake dengan cara kerja yang sudah dituliskan diatas . Hasilnya om Doohan mampu menyabet gelar juara walaupun kakinya masih cedera. Selepas itu thumb brake sudah jarang digunakan di ajang MotoGP.

Lalu pada balapan musim lalu di sirkuit BRO (CMIIW) team Repsol Honda mencoba thumb brake ini untuk kedua pembalapnya yaitu si mas Marques dan om Pedrosa. Keduanya bisa mendapatkan catatan waktu lebih baik.

Namun, pada kutipan tabloid Otoplus edisi 27. Marques mengaku tidak suka menggunakan thumb brake ini. Nah, pada awal-awal tahun ini team Yamaha Movistar juga ikut menjajal mengaplikasikan thumb brake di M1 dan mendapatkan hasil positif .

brake-thumb-motogp thumb-brake-yamaha-m1-lorenzo-99

Sebenarnya thumb brake bisa diaplikasikan, karena teknologi seamless shift gearbox (sekarang hampir semua team motoGP menggunakan ini). Yang membuat saat memindah gear tidak harus menggunakan kopling ( kaya motor bebek :mrgreen: ). Jadi kopling digunakan saat start dan di pit stop saja .

Selain itu, teknologi yang semakin canggih membuat para pembalap makin berani dalam miring-miring saat balapan (baca : cornering ). Bahkan, bahu bisa menyentuh aspal. Karena ekstrimnya ,saat miring ke kanan tidak ada ruas untuk menginjak rem belakang .

Karena motoGP adalah kiblat teknologi dan juga modifikasi. Sekarang sudah ada vendor penyedia perlengkapan racing yang sudah membuat satu set thumb brake. Dari master rem, tuas hingga selang rem sudah disediakan. Namun, belum ada produsen lokal .Rata-rata produsen luar negeri (biasanya Eropa) .

Thumb brake juga bisa digunakan untuk motor harian, motorcross, mapun motor untuk melakukan freestyle. Dikarenakan tidak perlu repot saat hendak menggunakan rem belakang. Hanya saja kebanyakan hanya untuk moge yang mempunyai diameter shock depan yang besar .

Mcadootb

Contoh produknya adalah produk dari NK Racing. Pabrik yang berbasis di Inggis menyediakan thumb brake  untuk motor yang memiliki diameter shock depan 48 mm – 58 mm. Bisa ditebus dengan 395 euro saja 😀 . Menggunakan master rem brembo dan adjutable thumb brake. Kalau merk lain berfarias ada juga yang lebih dari 400 euro .

Thumb brake 2

Last..thumb brake ini memang cukup unik karena membuat motor seperti motor matic :mrgreen: karena kedua rem berada di stang .Mungkin sobat RPM ada yang mau mengimpor ? Monggo 😀 ditunggu reviewnya ya .Sekian ,mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER.COM – RPM .

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

8 Comments

Masukan komentar Anda