Regulasi Baru MotoGP 2016

motogp_logo

RPMSUPER.COM – MotoGP musim 2015 sudah berakhir dengan Jorge Lorenzo keluar sebagai raja balapan jet roda dua ini. Pada musim ini diwarna beberapa kejadian yang membuat motoGP memiliki drama yang cukup menarik untuk diikuti. Ditahun ini juga terdapat come backnya beberapa tim seperti Suzuki dan Aprilia.

Pada musim depan motoGP akan merubah  beberapa regulasi yang bertujuan agar balapan motoGP ini lebih seru, tidak hanya diominasi tim pabrikan dan tim satelit hanya menjadi penambah warna saja. Nah, mungkin yang akan RPM sajikan hanyalah beberapa saja atau malah bisa disebut sedikit dari semua regulasi yang ada. Langsung saja bro kita bahas bersama 😀 .

1.JATAH MESIN

images

 

MotoGP15 sudah menerapkan regulasi engine freeze atau pelarangan tim yang ada di motoGP untuk mengembangkan mesin mereka, regulasi ini akan terus berlanjut. Jatah mesin yang bagi tiap tim non-konsesi dibatasi hingga tujuh mesin selama satu musim, sedangkan untuk tim konsesis seperti Suzuki dan Aprlia penggunaannya dibatas sebanyak 12 mesin untuk satu mesin. Untuk tim pabrikan kapasitas bahan bakar akan ditambah menjadi 22 liter dan untuk tim konsesi kapasitas bahan bakar  diperbolehkan sebanyak 24 liter.

2.Bobot Minimum

motogp

Bobot kosong motor juga mengalami perubahan dan dikategorikan berdasarkan kapasitas mesin motor kontestan motoGP. Bobot minimu untuk motor yang berkubikasi 800 cc bobot minimalnya adalah 150 kg. Sedangkan, untuk motor yang berkapitas 801 – 1000 cc bobot minimum motornya adalah 157 kg atau lebhi ringan 1 kg dibanding musim lalu.

3.Ban

michelin-schedules-additional-december-tire-test-102806_1

Seperti yang kita ketahui pada motoGP musim 2016 mendatang, pemasok tunggal ban motoGP adalah brand dari Prancis yaitu Michellin menggantikan brand sebelumnya yaitu Bridgestone. Nah, pada musim depan ban yang telah digunakan oleh kontestan motoGP wajib dikembalikan kepada pihak produsen. Tujuannya sih untuk mendapatkan input dari kekurangan mereka dan memberikan feedback untuk pengembangan ban agar memiliki kualitas yang lebih bagus kedepannya 😀 .

 

4.Tes Tak Resmi

tes

Pihak motoGP membatas banyaknya jumlah tes yang tidak resmi yang dilakukan oleh konstestan motoGP, terutama untuk tes yang berada diluar jadwal motoGP. Pihak penyelenggara membatasi tes bagi dan joki reguler, tetapi masih diijinkan melakukan tes tidak resmi yang ada diluarkanlender motoGP apabila menggunakan tidak menggunakan motor yang digunakan untuk perlomba, seperti menggunakan motor yang diproduksi masal dan dimodifikasi seperti kebutuhan (jadi mirip motor Superbike). Seperti Yamaha bisa menggunakan YZR-R1, Suzuki menggunakan GSX1000, Honda dengan CBR1000SP dll untuk tes tidak resi mereka.

5.ECU

ecuuu

Pada musim 2016 mendatang seluruh kontestan motoGP wajib menggunakan ECU yang dikeluarkan oleh Dorna yaitu ECU Magneti Marelli. Penyeragaman ini dilakukan karena beberapa tim masih menggunakan ECU buatas mereka sendiri. Hasinya, tim pabrikan pun cukup kewalahan karena belum mendapatkan setting yang maksimal dengan ECU ini.

—–

Last…apapun regulasi yang dilakukan oleh pihak penyelangagara balapan MotoGP tidak lain tidak bukan hanyalah untuk memanjakan penonton agar tidak bosan karena balapan hanya dikuasai oleh tim-tim itu saja dan membuat tim pabrikan tidak terlalu superior dibandingkan tim satelit. Sekian artikel kali ini semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSPEED – RPMSUPER.COM –

sumber : tabloid otomotifnet

Baca juga bray

12 Comments

Masukan komentar Anda