Cara Memilih Helm Yang Bagus

29
Cara Memilih Helm Yang Bagus
Attractive woman takes off her helmet

Cara Memilih Helm Yang Bagus

RPMSUPER.COM –  HELM adalah salah satu safety riding gear yang sangat wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor. Sepeda motor sendiri memiliki resiko kecelakaan paling tinggi diantara mode transportasi lainnya.

Nah, sangat penting untuk  menggunakan helm yang berkualitas. Kita tidak akan rugi menginvestasikan uang kita untuk barang ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara Memilih Helm Yang Bagus atau tips memilih helm yang bagus.

Cara Memilih Helm Yang Bagus

1. Ukuran helm

Yang pertama adalah ukuran helm yang harus disesuaikan dg kepala pemakainya, yakni apabila helm tersebut digunakan maka menekan bagian pipi dan dahi. Jangan gunakan helm yg terlalu sempit di kepala. Tanda dari helm yang terlalu sempit adalah wajah anda sangat terasa tertekan oleh busa di kanan dan kiri helm.

Kemudian apabila anda mencoba untuk menyeringai (bahasa gaulnya nyengir kuda/lebar-lebar) akan sangat sulit. Kemudian tahan sekitar 30 detik apabila pelipis terasa sakit itu tanda ukuran helm terlalu sempit.

Gelengkan kepala ke kanan & ke kiri untuk memastikan bahwa helm menempel erat. Bila menggunakan helm yang terlalu sempit bisa jadi bukan aman yg didapat bisa-bisa napas tertahan & kepala pusing. D

emikian pula jika helm yg digunakan terlalu longgar, tandanya adalah bila helm mudah lepas & dapat dimiringkan lebih dari 45 derajat. Jarak antara busa dengan pipi kiri-kanan lebar serta ketika helm digunakan menoleh/mengangguk akan terasa seperti terlepas. Ini juga bahaya karena ketika jatuh/terbentur helm yg longgar justru akan terlepas & tidak melindungi kepala dengan baik.

2. Kaca Helm

Pilih kaca helm (visor) bening sehingga tidak mengganggu pandangan saat bro’s berkendara di malam hari. Namun, ada baiknya menggunakan helm yang memiliki fitur double visor.

Jadi saat kita riding dalam pagi atau siang hari tidak silau terkena sinar matahari karena kita bisa menggunakan visor yang gelap. Sedangkan pada malam hari pandangan kita juga tidak akan terganggu.

3. Penguncian Helm

Pilih helm dengan desain kunci (di leher) yang tidak mudah lepas atau cepat aus, karena ini adalah daerah vital. Periksalah bagaimana mekanisme kuncian helm apakah dapat cepat terlepas atau tidak. Jangan segan bertanya kepada penjual helm bila bro’s kurang mengerti mekanisme kuncian tersebut.

4. Bobot Helm

Tips memilih helm yang bagus dibisa dilakukan dengan mencoba merasakan bobot helm dan kenakan helm tersebut & rasakan. Apakah membebani kepala terlalu berat atau tidak. Banyak orang yang salah beranggapan, bahwa semakin berat helm semakin bagus kualitasnya.

Padahal yang sebenarnya, helm yang berkualitas akan semakin ringannya bobot helm . Namun, tidak mengurangi kekuatannya (ini tergantung pada material yang digunakan). Dengan memilih bobot yang pas, leher Anda tidak akan cepat lelah saat berkendara.

7. Sertifikat Helm

Sebelum akan dijual di pasaran, helm akan dites dulu untuk memastikan tinggikat keamanannya. Periksa apakah helm tersebut memiliki sertifikasi khusus yg dikeluarkan oleh lembaga tertentu (tidak semua merek Helm memilikinya, contohnya adalah : DOT, SNELL, SNI, dll)

Semakin banyak sertifikasi yang ditembus, maka akan semakin bagus juga kualitas yang dimiliki dari helm tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan akan membuat bobot helm menjadi berat. Jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan saja. Jika hanya penggunaan sehari-hari cukup yang tembus SNI dan DOT

Ukuran helm berdasarkan lingkar kepala. NB : beda produsen bisa berbeda pula ukurannya

S : 55-56 cm

M : 57-58 cm

L : 59-60 cm

XL : 61-62 cm

sumber klik disini

Tips Memilih Helm yang Bagus

So. Itulah tips memilih helm yang bagus dan Cara Memilih Helm Yang Bagus yang mungkin sobat bisa aplikasikan saat hendak membeli helm yang baru untuk digunakan. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀

Facebook Comments

29 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here