Perbedaan Mesin PCX dan Vario 150

0
Perbedaan Mesin PCX dan Vario 150

Perbedaan Mesin PCX dan Vario 150

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Kedatangan Honda PCX150 memang membawa kabar gembira untuk para pecinta matik maxi di Indonesia. Kedatangannya yang sudah lama ditunggu, akhirnya dijawab dengan memuaskan.

Honda PCX150 sudah  terjualan belasan ribu unit sebelum harganya benar-benar dipublikasikan. Hal tersebut menandakan bahwasannya motor ini akan menjadi matik maxi favorit. Untuk kelebihan Honda PCX150 Lokal bisa baca di artikel di bawah ini 😀

” Baca Juga : Kelebihan Honda PCX150 Lokal “

Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa mesin Honda PCX150 adalah common part dengan saudaranya, yaitu Honda Vario 150. Apakah benar mesin PCX dan Vario 150 adalah sama ? Akan kita bahas pada artikel ini bro.

Jika ditanya ya atau tidak. Jawabannya IYA, tetapi ada beberapa perbedaan antara mesin PCX dan Vario 150. Tentu saja ada beberapa teknologi yang berbeda dan beberapa konfigurasi yang dibedakan sesuai dengan tujuan.

Perbedaan Mesin PCX dan Vario 150

bedanya mesin pcx dan vario

 

Power Maksimal

Perbedaan Mesin PCX dan Vario 150 selanjutnya adalah pada output powernya bray. Walapun kubikasi mesinnya berbeda sangat tipis, tetapi menghasilakn limpahan tenaga yang berbeda.

Honda Vario 150 mampu mengeluarkan tenaga maksimal 12,4 hp dan torsi maksimalnya adalah 12,8 nm pada 5.000 rpm. Sedangkan tenaga Honda PCX 150 adalah 13,1 hp dan torsinya adalah 13,1 nm pada 5.500 rpm.

” Baca Juga : Perbedaan Mesin CRF dan Verza “

Throttle Body

Selanjutnya ada pada teknologi yang ditanamkan dalam throttle body-nya. Pada Honda Vario 150 hanya dilengkapi dengan teknologi TP sensor dan FISV (Fast Idle Solenoid Valve).

Sedangkan pada PCX 150 juga terdapat dua teknologi tersebut. Namun, ditambah dengan IACV (Idle Air Control valve), AT (Intake Air Temperature), MAP (Manifold Absolute Presure) Idan TP (Throttle Position).

Berat Roller

Poin selanjutnya adalah ukuran roller yang digunakan. Pada Honda PCX150 menggunakan roller ukuran 16 gram. Sedangkan Honda Vario 150 menggunakan roller yang sedikit lebih ringan, yaitu 15,5 gram.

Pengguaan berat roller yang berbeda karena memang berbeda peruntukannya bro. Honda Vario didesain untuk stop and go pada daerah perkotaan. Sedangkan PCX 150 didesain untuk perjalanan yang lebih jauh.

Final Gear

Perbedaan Mesin PCX dan Vario 150 yang terakhir adalah pada ukuran final gear yang digunakan. Final gear yang digunakan pada Honda Vario 150 adalah 18/53 atau 2,94. Sedangkan Honda PCX150 memiliki ukuran final gear 17/54 atau 3,17.  – RPMSUPER.COM

Referensi : dapurpacu.com

 

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here