Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza

2

Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza

RPMSUPER.COM – HONDA CRF150L adalah motor trabas yang baru saja Astra Honda Motor keluarkan sebagai pesaing dari Kawasaki KLX 150 yang sudah lama mengaspal di Indonesia.

Namun, yang menjadi sedikit  kontroversi adalah penggunaan mesin Honda CRF150L dengan berbasis Honda Verza. Sontak, jika orang hanya melihat pada bagian luarnya saja akan terlihat identik bro. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza. Semoga bisa menjawab pertanyaan sobat tentang apakah honda crf menggunakan mesin verza dan kenapa crf menggunakan mesin verza.

Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza

Apakah honda crf menggunakan mesin verza

  1. Throttle Body

Perbedaan pertama adalah pada throttle body antara Honda CRF dengan Honda Verza/Megapro. Pada Honda Verza hanya terdapat sensor throttle position sensor saja atau sering disingkat dengan TPS saja bray.

Sedangkan pada Honda CRF tidak hanya ada TPS saja. Tapi memiliki lebih banyak sensor. Seperti Intake Air Temperatue (IAT). Kemudian ada pula Manifold Absolute Pressure (MAP) dan yang terakhir terdapat Air Control Valve (IACV).

2. Piston

Memang dari sisi dimensi ukuran piston antara Honda CRF dan Honda Verza sama persis bro. Namun, perbedaaannya terletak pada pemberian treatment khusus untuk bagian piston.

Pada piston Honda CRF dilakukan proses Anodic Oxide Coating. Hal ini akan membuat durabitilitas piston menjadi lebih baik. Sebab untuk penggunaan mesin, Honda CRF150L akan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

3. Camshaft

Jika dilihat dari spesifikasi, power yang dikeliarkan oleh Honda CRF berada diputaran mesin yang lebih rendah dibandingkan dengan Honda Verza. Camshaft Honda Verza mempunyai durasi in 225 derajat dan ex 220 derajat. Sedangkan pada honda CRF memiliki durasi 215 derajat dan durasi ex 210 derajat.

4. Per Klep

Dari segi konfigurasi honda Verza dan Honda CRF memiliki kesamaan, yaitu 150 cc satu silinder SOHC dengan dua klep. Namun, pada per klep Honda CRf dibuat lebih panjang dan lebih keras untuk mencegah terjadinya floating.

Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza pada bagian per klep memang sudah disetting sesuai dengan peruntukan masing-masing bro. Pada Honda Verza memang sudah didesain untuk stop and go.

5. Balancer Kruk As

Kode mesin antara Honda Verza dan honda CRF150L berbeda bro. Pada honda CRF berkode K84, sedangkan Honda Verza memiliki kode mesin GL15. Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza berikutnya adalah pada balancer kruk as bray.

Memang dari segi bentuk sama persis bray. Namun, titik beratnya dibuat berbeda oleh Honda. Hal ini disebabkan dengan karakter atau kebutuhan motor dan juga disesuaikan dengan bobot motor.

Apakah honda crf menggunakan mesin verza ? dan kenapa crf menggunakan mesin verza ?

So.. Itulah Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza. Lalu apakah Honda CRF150L menggunakan mesin Verza ? Jawabannya adalah iya, tetapi diubah beberapa konfigurasinya.

kenapa Honda CRF mengunakan mesin Verza ? Mungki yang pertmaa untuk mengurangi biaya produksi. Yang kedua basis mesin sudah memiliki durabilitas yang bagus. Tinggal dilakuakn beberapa modifikasi agar lebih sesuai dengan karakter Honda CRF150L.

Jadi sekiat untuk artikel saya kali ini. Semoga dapat berguna dan bermanfat untuk kita semua dan bisa menjawab pertanyaan sobat tentang apakah honda crf menggunakan mesin verza dan kenapa crf menggunakan mesin verza – RPMSUPER.COM – Perbedaan Mesin Honda CRF dengan Verza –

Refensi : Grid.oto

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here