Perbedaan Helm Berkualitas dan Tidak

helm

RPMSUPER.COM – HELM merupakan perangkat yang wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor dan pemboceng sepeda motor. Helm dapat melindungi ataumengurangi resiko cedera pada kepala saat terjadi benturan pada bagian kepala. Seperti yang kita ketahui di dalam kepala manusia terdapat beberapa organ yang vital perannya bagi kehidupan manusia.

Di pasaran sudah banyak beredar  berbagi jenis dan merk helm,mulai dari helm half face hingga helm full face yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Tersedia helm dengan merk lokal hingga helm merk impor yang harganya selangit. Nah, pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas tentang perbedaan helm yang berkualitas dan tidak.

Jelas perbedaan antara helm yang berkualitas dengan helm yang abal-abal walau sama-sama helm full face pada helm berkualitas mempunyai konstruksi yang sangat kuat.  Walaupun sudah dipukul dengan keras menggunakan palu berkali-kali. Sedangkan pada helm yang berkualitas rendah, akan hancur lebur dalam sekali pukul menggunakan palu yang sama dan kemungkinan tekanan yang sama .

Pada segi fisik tidak ada perbedaan yang mencolok,tetapi mari kita ketahui bagaimanakan ciri-ciri helm yang berkualitas 😀 :

  • Ringan

Helm yang berkualitas bagus bukanlah helm yang memiliki berat diatas normal rata-rata helm,tetapi mempunyai berat yang cukup ringan. Hal ini terjadi karena helm dibuat dari bahan dasar bukan logam dan harus memiliki kekuatan yang bagus untuk menahan benturan kuat.

Kenapa helm tidak dibuat dari bahan logam yang notabene mempunyai kekuatan yang lebih bagus dibandingkan bahn yang non logam ? Karena jika helm dibuat dari logam helm akan menjadi berat dan tidak nyaman digunakan dan dapat mengganggu kesehatan.

Tapi untuk keselamatan, jangan juga memilih helm yang terlalu ringan. Bisa saja helm tersebut dibuat menggunakan bahan plastik daur ulang. Helm yang baik untuk bahan dasar helm biasanya dari bahan plasti ABS yang berwarna putih kekuningan.

Sedangkan plastik daur ulang warnanya hitam. Atau jika ingin lebih kuat biasanya bahan yang digunakan adalah bahan dari fiberglass atau serat kaca. Ketebalan minimal tiap bahan adalah 3 – 5 mm.

  • Bahan padat

Pada badan helm jika diketuk mengeluarkan suara yang padat dan tidak nyaring. Sedangkan pada helm yang berkualitas rendah, biasanya jika diketuk mengeluarkan suara yang keras. Hal itu menandakan akan tingkat kepadatan material helm tersebut.

 

  • EPS STYROFOAM (PEREDAM KEJUT). Fitur Terpenting Di Helm.
EPS JELEK
Terlalu empuk dan mudah ditusuk
EPS YANG BAIK
Tingkat kekerasan standar dan tidak musah ditusuk

Untuk styrofoam ini kepadatan dan ketebalannya harus pas. Agar mampu meredam impac atau benturan saat kecelakaan. Harus ada minimal density dan ketebalan. Coba periksa styrofoam pada helm Anda. Jika terlalu empuk, urungkan saja pembelian helm tersebut. Jangan memilih yang terlalu keras juga karena tidak akan nyaman saat dipakai.

  • Label Minimal SNI

helm sni

Helm berkualitas biasaya terdapat label minimal SNI untun dapat diperjual belikan di pasar Indonesia. Tapi sobat juga harus hati-hati dalam membeli helm yang terlampau murah harganya, karena bisa saja helm tersebut merupakan helm logo SNI palsu.

Untuk dapat lulus seleksi SNI dibutuhkan berbegai test. Selain label SNI, sobat juga bisa memilihi helm yang terdapat label standar lainnya seperti DOT (label standar dari Amerika CMIIW) dan SNELL (label standar dari Amerika juga CMIIW) agar terlihat lebih meyakinkan 😀 .

Last .. selain beberapa paparan diatas helm yang berkualitas juga membutuhkan beberapa perangkat penunjang seperti Chinstrap atau tali dagu yang kuat,busa yang dapat diganti,sirkulasi udara yang baik dll.Memang helm yang berkualitas tinggi memiliki harga yang cuku tinggi.Disini terdapat dua pilihan “sayangi kepala anda atau sayangi uang anda” .Sekian artikel kali ini,RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua : – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

REFENSI : urabayahelmet.blogspot.co.id

Baca juga bray

12 Comments

Masukan komentar Anda