Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150

0
Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Suzuki melengkapi line up sport GSX Series dengan mengenalkan GSX 150 Bandit. Motor ini juga mengisi segment naked sport 150. Lalu, apa Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150 ?

Nah, buat  sobat yang belu tahu apa saja Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150. Hingga bingung menentukan pilihan bisa membaca artikel ini sebagai referensi.

Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150

Headlamp GSX Bandit dan S150

headlamp gsx s150 vs gsx s150

Perbedaan yang paling mencolok antara Suzuki GSX S150 dan Suzuki GSX 150 Bandit adalah pada bagian headlampnya. Pada GSX S150 menggunakan desain yang sangat berkarakter, tetapi dengan desain yang unik.

Kenapa saya tulis “berkarakter” ? Sebab, desain headlamp GSX S150 belum diaplikasikan di motor lain. Mungkin bisa dikatakan desain ekslusif untuk motor ini. Ketika kita melihat headlamp ini jelas akan teringat nama GSX S150. Ya, walaupun dari sisi desain memang agak radikal.

Berbeda dengan GSX 150 Bandit yang menggunakan lampu yang sama dengan Satria F150 FI. Yup, basis headlampnya sama saja. Berbeda pada bagian cover speedometernya. Cover speedometer Satria FU FI lebih menjulang tinggi. Sedangkan kepunyaan Bandit lebih melebar dan diberikan detail yang berbeda.

Dalam renderan para desainer luar Suzuki ada dua jenis. Ada yang membuat versi lampu bulat dan ada yang membuat versi menggunakan lampu satria Fu FI. Akjhirnya, Suzuki memutuskan menggunakan kepunyaan Satria Fu Fi.

Menurut saya sah-sah saja, karena menggunakan common part memang sudah lazim. Toh, Suzuki juga melakukan beberapa revisi agar headlampnya secara keseluruh cocok dengan desain motor ini.

Saat saya lihat pertama kali lihat foto memang agak aneh motor sport menggunakan headlamp motor underbone. Tapi, setelah saya lihat secara langsung tidak ada yang salah dari desainnya. Namun kembali lagi, desain adalah berdasarkan selera dan preferensi.

Baca Juga : Suzuki Bandit 150, Kok Bagus Ya ?

Cover Knapot GSX Bandit dan S150

cover knalpot bandit 150 dan gsx s150

Suzuki juga melakukan revisi kecil pada bagian knalpot. Lebih tepatnya mereka memberikan cover tambahan kepada Suzuki GSX Bandit 150 pada knalpot. Secara tampilan memang membuat terlihat lebih padat dan keren.

Dengan desain polos tanpa cover sebenarnya sudah keren. Dengan ditambahnya cover knalpot membuatnya semakin padat. Selain itu dari sisi fungsional juga bagus, yaitu mampu melindungi panas knalpot agar tidak terkena bagian badan.

Bodi Belakang, Jok, dan Rear Grip Bandit 150 dan GSX S150

jok bandit dan gsx s150

Nah, sebenarnya inilah yang menjadi tuntuan dari lahirnya Suzuki GSX 150 Bandit. Jok terpisah ala motor sport fairing di GSX S150 dianggap tidak nyaman digunakan harian. Baik untuk pengendara maupun untuk penumpang.

Sekarang, GSX Bandit sudah menggunakan jok model tandem. Dengan menggunakan model ini tentu saja ada perubahan pada bagian bodi belakangnya. Memang dari sisi jok sudah tidak terlalu tinggi (untuk pembonceng) dan darii ketebalan busa jadi lebih baik.

Selain itu, Suzuki memberikan tambahan rear grip atau behel atau begel. Tujuannya tentu saja agar mempermudah dalam parkir atau untuk menggeser motor. GSX S150 yang hadir tanpa rear grip membuatnya sulit untuk dikeluarkan dari parkiran atau untuk menggeser motornya.

Namun, ada hal yang sedikit saya sayangkan, yaitu pada desainnya. Desain dari rear grip Bandit 150 saya rasa kurang menyatu dengan desainnya. Dari sisi dimensi juga terlalu kecil. Saya kira rear grip ingin menggunakan kepunyaan Suzuki Nex.

Baca Juga Perbedaan Honda CB150R 2018 Vs Lama

Stoplamp dan Rear Fender GSX S150 Vs GSX Bandit 150

lampu gsx s150 dan bandit

Mungkin aspek selanjutnya dari Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150, yaitu pada desain stoplamp dan bagian spabor belakang atau rear fender. Desain pada Suzuki Bandit menggunakan kepunyaan lagi-lagi dari Satria Fu FI.

Perbedaannya dengan Satria FU FI, pada motor ini lampu rem dan lampu belok menjadi satu. Sedangkan pada Suzuki Bandit stoplampnya hanya dua fungsi saja (lampu kota dan lampu rem). Kemudian pada bagian mika diberikan warna full berwarna merah.

Untuk lampu tanda berbelok dipindah ke spakbor belakang sebagaimana lazimnya pada motor sport. Berbeda dengan GSX S150 yang memang memiliki desain sendiri. Memang stoplampnya hanya memiliki dua fungsi.

Kemudian perbedaan ada pada desain spakbornya. Pada GSX Bandit hadir lebih lebar pada bagian bawah. Dari sisi fungsional menjadi lebih bagus dan karena dapat menahan air dan lumpur lebih baik.

Namun bedanya, pada Suzuki Bandit 150 tidak bisa dilpas secara portbale seperti GSX S150. Spabor Bandit sudah fix tidak bisa dilpas per bagain. Sedangkan Spabor GSX S150 bisa dilepas menjadi 3 model.

Berat GSX 150 Bandit Vs GSX S150

Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150 terakhir ada pada beratnya. Ternyata GSX 150 Bandit lebih ringan dibandingkan GSX S150. Tercatat Bandit lebih ringan 5 Kg. Berat kosong GSX S150 mencapai 135 kg. Sedanakgn GSX Bandit 150 hanya 130 Kg saja.

Selain itu, bisa dikatakan semua part yang digunakan adalah sama. Mulai dari mesin, suspensi depan belakang. Kemdudian velg dan kaki-kaki lainnya sama persis antara GSX S150 dan Bandit 150. – RPMSUPER.COM – Perbedaan GSX S150 dan Bandit 150

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here