Penyebab Selip Kopling

Penyebab Selip Kopling

RPMSUPER.COM – KOPLING adalah sebuah perangkat yang penting bagi kendaraan baik itu roda dua atau lebih. Tugas kopling adalah meneruskan dan memutuskan power yang dihasilkan dari mesin. Untuk motor yang menggunakan kopling basah (bisa motor yang kopling manual maupun otomatis) pasti pernah ditemui gejala selip kopling.

Untuk akar pemasalahan sendiri  mempunyai beberapa kesamaan, tetapi untuk motor yang menggunakan kopling manual masalah gejala selip kopling lebih kompleks. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membaha tentang pePenyebab Selip Kopling pada motor bertransmisi manual. Yuk langsung kita bahas cek it now :mrgreen:

1.Usia Oli

Oli yang sudah digunakan lebih dari kemampuan semestinya akan mengalami penurunan performa yang berdampak juga pada performa motor, salah satunya adalah gejala selip kopling. Usia oli tiap merk memiliki umur yang berbeda-beda, tetapi kita harus mengetahui jangka pemakaian maksimum dari oli yang kita gunakan itu. Jika oli hanya mampu menempuh sepanjang 1000 km jangan dipaksakan hingga lebih dari itu, karena juga akan berdampak pada performa motor dan juga umur komponen yang ada di dalam mesin.

 

2.Spesifikasi Oli

Penyebab Selip Kopling. Menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan karakter mesin juga menjadi salah satu faktor terjadinya selip kopling pada motor. Biasanay terjadi pada motor yang memiliki spesfikasi kopling basah malah dicekoki oli untuk mesin bertipe kopling kering (misal motor matic dan oli mesin mobil). Gunakan saja oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor sobat saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, toh juga oli mempunyai banyak merk dan pilihan,

 

3.Jarak Kopling

Jarak kopling yang tidak ideal juga menyebabkan terjadinya selip kopling. Periksalah jarak kopling dan setel jarak kopling jika memang ada masalah, kemudian disetel kembali sesuai kebutuhan.

 

4.Plat Gesek Kopling Aus

kopling plat

Plat penekan kopling yang sudah aus akan memiliki permukaan yang halus, cara yang paling mudah mengamplas kembali permukaan plat gesek kopling.

 

5.Kampas Kopling Aus

Kampas kopling yang aus menjadi penyebab utama terjadinya selip kopling. Kampas kopling yang aus biasanya permukaannya menjadi halus, cara yang paling mudah adalah mengamplasi kampas kopling agar memiliki tekstur yang sedikit kasar. Jika sudah tidak bisa dipaksakan maka cara yang terakhir adalah menggangti kampas kopling dengan set yang baru. Penyebab Selip Kopling. Hal ini sering terjadi pada sepeda motor yang sudah memiliki jam terbang tinggi atau motor yang sudah termakan usia.

 

6. Per Kopling Aus

Per kopling yang sudah aus tidak mampu memberi tekanan pada kampas kopling yang berdampak terjadinya selip kopling pada motor. Cara paling mudah mengatasinya adalah mengganjal per kopling, tetapi kalau tidak mau mengganjal per kopling bisa langsung menggantinya. Menggantinya harus satu set ya, jangan hanya salah satu saja karena hanya akan menjadi beban kepada per kopling yang baru. Mengganti per kopling ada baiknya mengganti sekalian dengan kampas kopling dan memiliki spek yang sama.

Last….diatas adalah beberapa penyebab terjadinya selip kopling pada motor bisa dicek satu persatu, dari mulai masalah sepele hingga harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk mengganti part-part yang sudah aus termakan usia atau pemakaian. Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat ?   – RPM – RPMSUPER – – RPMSUPER.COM- Penyebab Selip Kopling –

REFERENSI : otosemi.comkorekboreup.com

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

4 Comments

Masukan komentar Anda