Penyebab Rem Hidraulik Overheat

Rem blong karena terlalu panas

RPMSUPER.COM –ย Rem merupakan bagian terpenting dari keselamatan berkendara. Rem bertugas untuk mengurangi kecepatan hingga untuk menghentikan laju kendaraan yang kita tunggangi. Rem sendiri dibagi menjadi dua jenis, ย yaitu rem drum maupun rem tromol dan rem cakram. Rem hidraulis sendiri masih dibagi dua lagi yaitu model yang menggunakan kabel dan menggunakan system hidraulis.

Ternyata rem cakram hidraulis jugaย ย dapat mengalami overheat. Saya bukannya mengada-ada walaupun tanpa foto karena pas nggak bawa HP ๐Ÿ˜ฎ . Ceritanya saat jalan-jalan dengan Black Shadow hingga daerah Kopeng. Jalanan yang dilalui penuh dengan jalan tanjakan disertai jalanan yang ada tikungan tajam nan sempit ditambah beberapa titik jalan yang rusak.

Penyebab Rem Hidraulik Overheat

Saat pulang jalananpun sebalikanya sambil menikmati pemandangan saat perjalan pulang saya hanya menggunakan rem belakang karena turunannya cukup curam. Kira-kira hampir 20 menit menuruni gunung dengan hanya menggunakan rem belakang. Saat sudah sampai di dataran rendah dan rata lagi tiba-tiba rem belakang nge-loss atau blong.

Saya langsung berhenti dan mengecek rem belakang saya. Awalnya saya lihat tidak ada kerusakan atau kebocoran pada rem. Saat diperika panas cakramnya juga masih standar. Namun, pada kaliper ditemui asap putih dan saat disentuh panas sangat ๐Ÿ˜ฎ . Saat itu saya sudah tau mungkin minyak remnya yang terlalu panas atau overheat. Saat melanjutkan perjalanan hanya menggunakan rem depan dan benar saja selang beberapa menit rem belakang sudah siap digunakan dan sudah pakem lagi khas rem brembo ๐Ÿ˜€ .

Nah disini saya berpendapat bahwa tingginya suhu minyak rem sendiri karena kualitasnya. RPM sudah mengganti minyak rem pabrikan dengan minyak rem brand RedeX yang bersetikasi DOT 3. Untuk mengatasinya mungkin dapat menggunakan minyak rem yang bersetifikasi DOT 4. Namun, jika master rem tidak support untuk menggunakan DOT 4 jangan digunakan. Sebab, bisa membuat master remnya jebol karena titik didihnya yang terlalu tinggi.

Last..a rtikel diatas hanyalah pengalaman dan opini RPM pribadi. Mungkin sobat RPM ada yang pernah juga mengalami hal yang sama ? .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca , mohon komentar,kritik dan sarannya.Semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ ย (RPM). –ย Penyebab Rem Hidraulik Overheat –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia ๐Ÿ˜€

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

27 Komentar

  1. saya pernah bro sampe ngeslong diturunan yg kira-kira hampir 60derajat kemiringannya dgn panjang sekitar 1km (di jalan telaga sarangan) alhamdulillah masih selamat

  2. sering ngalamin, tp di mobil. karna lewat jalan yg ada lobangnya jarak deket2 jadi gas rem gas rem. remnya gak kena angin untuk ngedinginin. tp gak sampe blong. cuma jadi gak pakem, di injak kuat2 tetep ngeloyor.hahahahhaa.

  3. kalo remnya “dikocok” (di rem,lepas,direm lg,lepas lg bgtu n strusnya) kayaknya bisa diaplikasi kan om.Boleh dijajal om.:-) kali succesfull n ga nylonong trus remnya n ga cpet panas

  4. Bukan cuma minyak rem..
    Tp yg lebih pentin itu selang rem nya mesti diganti yg braided agar tahan panas.
    Krn bahan selang rem itu dr karet, makin panas makin mudah ngembang. Kalu dah ngembang minyak rem ga punya tenaga buat dorong kampas, akhirnya blong..
    Mngkn bs membantu.

Masukan komentar Anda