Penyebab Rantai Cepat Kendur

Penyebab Rantai Cepat Kendur

Penyebab Rantai Cepat Kendur

RPMSUPER.COM –Β Rantai adalah penyalur tenaga utama dalam sepeda motor,rantai penyalur tenaga yang dihasilkan dari mesin dengan dibantu gear depan dan gear belakang yang berada di roda belakang.Rantai bekerja paling keras dalam menyalurkan tenaga karena harus dapat menjalankan kendaraan dengan bobot penumpang dan bawaannya.Β Penyebab Rantai Cepat Kendur

Terkadang kita tidak mengetahui apa penyebab dariΒ Β kendurnya rantai sepeda motor kita.Nah kali ini RPM akan berbagi tentang Penyebab Rantai Cepat Kendur dan akibat dari rantai kendur sendiri.Cek it πŸ˜€ :

  • Gas Mendadak

Menarik tuas gas secara mendadak adalah penyebab utama dari kendurnya rantai. Perilaku ini “mungkin” sering kita lakukan saat keadaan terburu-buru atau mengejar sesuatu. Sebaiknya menarik gas jangan terlalu spontan,pelan namun pasti πŸ˜€ . Untuk membuat rantai lebih awet, tarik tuas gas dengan cara diurut. Hal ini juga akan membuat power motor keluar secara maksimal.

  • Over Capacity

tonase

Kelebihan muatan juga dapat membuat rantai cepat kendur karena memaksa untuk menarik lebih kuat lagi dan juga membuat jarak rantai ke arm semakin panjang karena beban yang diberikan terlaluΒ besar. Sebaiknya hindari barang yang terlalu banyak. Bawa barang yang sekiranya diperlukan dalam perjalanan.

  • Medan Jalan

k

Medan jalanan Indonesia tidak semua mulus, karena banyak sekali pegunungan membuat jalanan naik dan turun terlebih jalan yang bergelombang dan jalan rusak. Ini juga dapat menjadi penyebab kenapa rantai cepat kendur apalagi untuk melewati tanjakan yang curam yang membutuhkan daya yang lebih besar untuk memutar roda.

” Baca Juga : Cara aman bersihkan rantai motor

  • Perawatan

Perawatan juga dapat menentukan cepat dan lambatnya rantai kendur. Rajin merawat dengan membersihkan rantai dan memberinya pelumas dapat membuat rantai awet dan tidak cepat kendur .Namun, jangan menggunakan pelumas oli bekas karena akan mebuatnya cepat kendur dan kotor πŸ˜€ . Selain itu, jangan terlalu sering mencuci rantai dengan bensin karena akan membuatnya mulur.

Efek rantai kendur pada motor, antara lain

  1. Boros BBM
  2. Akselerasi berkurang
  3. Berisik
  4. Susah Pindah gigi dan untuk menetralkan
  5. Gejala mengayun pada idle riding.

    ” Baca Juga : Ciri-Ciri Rantai Aus

Last..tips dan info diatas hanyalah opini pribadi RPM disertai dengan pengalaman juga pasti dan sedikit dibantu dengan referensi yang didapatkan dari internet,mungkin ada yang mau menambahkan ? .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca mohon komentarnya.Semoga berguna dan bermanfaat πŸ˜€Β Β – RPMSUPER.COM –Β Penyebab Rantai Cepat Kendur –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia πŸ˜€

 


Baca juga bray

Review Suzuki Grand Vitara JLX 2.0

44 Komentar

  1. nambahin dikit penyebab kedurnya rantai boleh ya om πŸ˜€ (ato barangkali bisa disebut jg efek samping dari modif performa)
    – penggantian/swap per kopling yg lebih keras dari standar
    – melepas judder spring dari susunan kampas kopling
    – pasang karbu keihin PWK (khusus motor karbu n ga terlalu ngefek tanpa point paling atas)
    – penggantian rantai/sprocket ketengan (sprocket doang ato rantai doang)
    – n yg terakhir pemasangan chain kit dengan kualitas buruk
    btw ijin subscribe ya om πŸ™‚

Silahkan masukan komentar Anda !