Penyebab Motor Brebet

 

RPMSUPER.COM – Kendaraan bermotor memang tidak selama akan sehat baik itu dari mesin, tingkat keausan spare part dan juga tampilannya. Sering kita alami beberapa masalah yang kadang menjadi masalah pada tiap produksi motor itu. Masalah yang ada pada sepeda motor mulai dari hal sepele hingga ke masalah yang berat hingga bisa membahayakan keselamatan kita.

Kali ini RPM ingin berbagi tentang penyebab dan  cara mengatasi sepeda motor kita, menurut opini RPM pribadi. Disini mari kita saling bertukar pikiran untuk membantu sobat kita bila sedang menemukan masalah ini.Nah langsung saja kita simak 😀 .

 

  • Busi

Busi bisa menjadi akar utama motor kita menjadi brebet. mungkin karena busi mempunyai batasan waktu pemakaian yang membuat busi sudah sekarat dan waktunya ganti. Biasanya jika busi sudah hampir mati akan membuat motor seperti tersendat, brebet karena api kecil, bahan bakar boros dan susah dihidupkan.

 

  • Air

Air adalah musuh paling nyata untuk barang elektronik dalam sepeda motor dan juga dalam pembakaran sepeda motor. Untuk itu hindarkan air agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran dengan itu bisa menambah filter bensi agar air tidak masuk. Saat mencuci sepeda motor jangan menggunakan air dengan tekanan tinggi pada alat pendukung sepeda motor yang berupa alat elektronik,seperti ECU, TPS (Throttle Position Control ) dll.

Hindarkan juga air agar tidak masuk kedalam tangki ,karena selain bisa membuat tangki berkarat dan berakhir keropos. Air didalam tangki juga dapat mengakibatkan fuel pump tersumbat dan tidak bisa mengirimkan bahan bakar. Untuk itu kuraslah tangki secara rutin,minimal setahun sekali 😀 .

 

  • Fuel Pump

Fuel pump biasanya terdapat di sepeda motor yang menggunakan pengkabutan injeksi. Fuel pump juga dapat menjadi biang dari motor brebet terutama jika sudah tersumbat air. Kotoran yang dibawa oleh bahan bakar. Cek juga ketinggian fuel pump jangan terlalu tinggi dan juga jangan terlalu rendah karena keduanya bisa mengakibatkan motor brebet hingga mati. Maka cek lah secara berkala agar berkendara anda tetap nyaman 😀 .

 

  • Karburator

Karburator dari pusat pengaturan banyak sedikitnya asupan yang diperlukan juga bisa menjadi salah satu penyebab motor kita brebet. Hal ini disebabkan oleh air yang lolos dari filter bbm dan akhirnya masuk ke dalam ruang pembakaran .Cek juga kondisi vacum (jika menggunakan karbu vacum).

 

  • TPS (Throtthel Position Control)

TPS yang berkerja mengatur beban banyak sedikitnya bahan bakar yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan mesin,salah satu peyebab motor menjadi brebet. TPS sangat sensitif dari air dan embun maka jauhkanlah TPS dari air karena juga bisa merusak chip yang ada didalam TPS tersebut. Ganti juga isolasi jika sudah dibongkar menjaga agar kotoran tidak menempel. 😀

 

  • Pengapian

Berbagai spare part penapian seperti CDI/ECU ,koil dan kop busi juga harus dicek apakah masa baktinya masih ada,atau sudah harus dilengserkan. Terutama dari ECU atau CDI yang menjadi otak dari pengapian sepeda motor. Jika bermasalah bisa brakibat brebet hingga tidak mau dihidupkan.

 

  • Filter Udara

Filter udara bisa menjadi salah satu biang dari motor brebet. Ini bisa terjadi jika filter tertutup oleh suatu benda hingga kotoran dari udara. Maka, bersihakan filter secara berkala anjuran 2.000 km. Perhatikan juga bagaimana kondisi dari filter anda sendiri. Biasanya masa bakti filter udara hingga 20.000 km.


Last… Info diatas hanyalah opini sejauh wawasan yang RPM punya. Jadi jika ada yang mau menambahkan atau membenarkan jika ada kesalahan silahkan saja..Semoga berguna dan bermanfaat 😀 (RPMSUPER.COM) >> RPM .

 

Baca juga bray

Tags:,
46 Comments

Masukan komentar Anda