Penyebab Lampu LED Cepat Mati

Penyebab Lampu LED Cepat Mati

RPMSUPER,COM – LAMPU merupakan perangkat yang digunakan untuk pencahayaan sebuah kendaraan yang fungsinya sangat vital bagi keselamatan dan kenyamanan pengendara. Lampu mempunyai beberapa jenis, mulai dari lampu bohlam, halogen, HID dan LED.

Lampu yang sekarang banyak digunakan adalah  lampu LED atau light-emitting diode. Sekarang lampu ini juga sudah menjadi standar beberapa produk dari produsen sepeda motor di tanah air ini. Bukan tanpa alasan, lampu LED memang dikenal memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh lampu lain.

Kelebihan lampu LED adalah hemat daya, tidak mudah panas dan yang paling asyik adalah memiliki umur atau lifetime yang paling ditinggi diantara lampu lain. Lampu LED bisa digunakan hingga puluhan ribu jam, biasanya umur rata-rata dari lampu LED adalah 30.000 jam. Namun, kadang kita temui belum menyampai umurnya sudah mati, kenapa ? Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya bro.

Nah, pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas penyebab lampu LED cepat mati, padahal lampu LED adalah lampu yang memiliki lifetime yang paling panjang, Apa saja penyebabnya ? Check this out 😀

  1. Arus Tidak Stabil

lampu-led-arus

Ini adalah musuh utama dari lampu LED yaitu arus yang disalurkan tidak stabil. Tidak stabil ini dalam artian kadang arus yang dikirim terlalu kecil kadang juga terlalu besar. Hal ini dapat memotong  umur lampu LED secara drastis. Jika tidak ingin hal ini terjadi rajinlah mengecek keadaan arus dan apabila perlu gunakan kapasitor untuk menjaga kestabilan arus, biasanya menggunakan ballast.

 

2. Daya Aki Rendah

lampu-led-aki-lemah

Penyebab Lampu LED Cepat Mati ada pada aki. Aki merupakan sumber kelistrikan yang ada disepeda motor. Biasanya daya aki akan menurun seiring berjalannya waktu. Jika hal itu terjadi bisa membuat arus yang dosalurkan pada perangkat elektronik terlalu kecil dan membuat perangkat elektronik menjadi tidak awet, termasuk lampu LED. Rutin kekuatan aki paling tidak 6 bulan sekali untuk aki basah dan satu tahun sekali untuk motor aki kering.

Jika tidak mau repot mengecek kekuatan aki secara berkala bisa menggunakan voltmeter yang akan menunjukan daya aki dan bisa langsung diketahui jika tegangan aki turun. Selain itu, menggunakan voltmeter juga dapat mempermanis tampilan sepeda motor kita 😀 .

 

3. Kelistrikan Tidak Cocok

lampu-led-ac-dc

Sebuah perangkat eletronik pastilah memiliki spesifikasi untuk dapat digunakan, tidak terkecuali pada lampu LED. Lampu LED membutuhkan spesifikasi yang harus dipenuhi agar dapat digunakan, bahkan harus diatasnya agar awet digunakan. Kelistrikan yang dibutuhkan pada lampu LED adalah arus DC (Direct Current)  alias fullwave yang mengambil arus langsung dari aki.

Jika dipasangkan pada motor yang menggunakan arus halfwave atau AC (alternating current) akan membuat lampu LED cepat mati. Karena pada arus ini mengandalkan putaran mesin dan putaran mesin dapat berubah-ubah di setiap kesempatan.

Last.. Intinya musuh utama dari lampu LED adalah arus yang tidak stabil karena lampu LED membutuhkan arus yang stabil agar dapat bersinar secara maksimal dan dapat memiliki umur yang panjang. Jadi jangan malas cek kelistirkan pada motor mu bro 😀 . Sekian saya mohon undur diri untuk artikel ini, semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – PENYEBAB LAMPU LED CEPAT MATI –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

6 Comments

Masukan komentar Anda