Penyebab dan Solusi Cat Kusam / Pudar

3

Penyebab dan Solusi Cat Kusam / Pudar

RPMSUPER.COM – Sepeda motor sebuah kendaraan yang terfavorit di Indonesia akan mengalami penurunan nilai jual jika digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Penurunan nilai jual itu terjadi karena  penurunan performa mesin dan penurunan penampilan karena dimakan usia dan pemakaian. Nah, pada kesempatan kali ini Mas Riski inign membahas tentang Penyebab dan Solusi Cat Kusam / PudarPenyebabnya ada cukup banyak, tetapi saya hanya akan sebut penyebab umumnya saja. Cekidot bro 😀 .

  1. Cuaca

Cuaca yang tidak bersahabat memang menjadi musuh untuk semua kendaraan. Cuaca yang terik dan cuaca huja dapat memudarkan cat yang ada dikendaraan. Ada baiknya untuk memakirkan motor di tempat yang teduh dan tidak terhindar dari hujan.

 

2. Cairan Korosif

Penyebab dan Solusi Cat Kusam / Pudar

Penyebab dan Solusi Cat Kusam / Pudar. Cairan korosif ini ada banyak bentuk dan jenisnya. Nah, cairan korosif yang sering hinggap di kendaraan salah satunya adalah minyak rem. Bodi yang terkena minyak rem akan memudar warnanya karena memang minyak rem bersifat korosif terahadap cat.

Selain minyak rem, cairan yang dapat merusak adalah bahan bakar minyak dan oli bekas. Jadi hati-hati saat mengisi bensin, jangan sampai meluber. Berhati-hati juga saat mengganti minyak rem, agar tidak mengenai bodi kendaraan.

 

3. Gesekan

Karena digunakan untuk aktivitas sehari-hari, pastilah kendaraan mengalami gesekan terhadapat suatu beda. Misal pada sepeda motor yang terdapat terdapat gantungan barang dan tangki motor sport dengan celanan pengemudi. Geseka yang terlalu sering dapat menyebabkan cat memudar, apalagi kalau barang tersebut tajam, dapat membuat bodi baret.
4. Benda Asing

ini tai manuk

Mungkin saat kita tinggalkan motor kita di tempar parkir kita tidak tahu apa yang terjadi terhadap kendaraan kita. Misal, bisa saja motor terkenda kotoran burung, atau benda asing lainnya. Jika tidak cepat dibersihkan akan meninggalkan bekas dan membuat cat memudar

5. Jarang Di cuci

1-CUCI

Cuaca yang dilewati sangat beragam, debu hingga pasir dapat menempel ke bodi motor kita. Nah, jika kendaraan jarang dicuci maka debu dan kotoran akan menempel dan mengendap hingga menyebabkan cat memudar. Solusinya adalah cuci secara berkala, minimal seminggu sekali, jika si kuda besi digunakan tiap hari.

6. Cairan Pembersih

Cairan pembersih yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Misal, kita mencuci motor menggunakan sabun colek atau detergen, itu dapat merusakc cat motor. Solusi paling mudah menggunakan shampo motor atau kalau tidak ada bisa menggunakan sunlight :mrgreen:

7. Pengeringan

1-kering

Masih berkaitan denga proses cuci-mencuci. Hal yang sering dilupakan oleh bikers adalah mengeringkan sepeda motor. Pengeringan yang tidak merata dapat menimbulkan jamur. Solusinya keringkan seluruh bagian motor dengan lap, atau keringkan sepeda motor di bawah sinar matahari (tetapi jangan saat terik) dan keringkan pada bagian yang tidak terjangkau sinar matahari.

Last.. cara paling mudah adalah menghindari dan merawat secara teratur. Cuci motor secara berkala, tetapi saat mencuci juga jangan sembarangan. Jika kendaraan bersih, kita juga akan semakin bercaya diri saat mengunggangi si kuda besi :D. Sekian saya mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat 😀 . — RPMSUPER – RPMSUPER.COM – Penyebab dan Solusi Cat Kusam / Pudar

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here