Pengaman Motor dari Aksi Pencurian

maling

PRMUSPER.COM –ย Pertumbuhan sepeda motor kini semakin menggila. Tiap tahunnya jutaan unit terjual yang membuat jalan menjadi lebih sesak dengan kendaraan. Meningkatnya penjualan sepeda motor di Indonesia ternyata diikuti oleh meningkatnya angka kriminal. Seperti pencurian kendaraan,perampasan kendaraan dll.

Produsen motor sepertinya juga mengerti akan tingginya pencurian motor saat diparkirkan. Maka itu produsen akhirnya membuat sistemย ย SKS (Secure Key Sutter ) hingga alarm guna mengurangi tinggkat kehilangan motor. Kali ini RPM akan berbagi tentang berbagai pengaman motor untuk menghindari aksi pencurian,silahkan disimak ๐Ÿ˜€

  • Secure Key Sutter

Pengaman yang sudah digunakan beberapa produsen motor ini memang terbukti cukup ampuh dalam mengurangi resiko pencurian maupun memperlambat gerak sang pencuri. Dengan menggunakan penutup yang diklaim kuat dan tahan bila dijebol.

Cara membuka penutup dengan kepala kunci motor yang sudah diberi magnet secara acak agar tidak mudah dibuka. Namun, SKS bukan jaminan aman 100%, karena kriminal sekarang juga semakin cerdas. Bahkan, dapat menjebol key sutter dengan waktu hanya satu menit. Dapat dilihat ada artikel saya yang lalu : “Jebol Key Sutter Dengan Waktu Satu Menit”ย .

  • Alarmย 

Fitur ini mulai disematkan kebeberapa motor yang dijual di Indonesia. Contohnya, Suzuki Satria F 150 sudah dilengkapi dengan alarm motor. Alarm motor sendiri ada yang menggunakan sensor sentuh (akan memberi signal bahwa motornya sedang dalam proses pencurian). Sedangkan yang lain akan berkerja saat hampir dijebol langsung berbunyi memberikan signal.

Cara ini cukup ampuh memang karena si pencuri sedang mengincar motor anda lalu ย menyentuh motor anda tiba-tiba berbunyi terpaksa ambil langkah seribu dah ๐Ÿ˜€ . Namun, alat ini mempunyai harga yang tidak murah jadi perlu merogoh kocek lebih dalam ๐Ÿ˜€ . Selain itu, memasang alarm motor tidak boleh sembarangan. Jika pilih merk yang abal-abal malah akan membuat aki tekor.

  • Kunci Unik

Menggunakan kunci dengan bentuk yang unik juga dapat menghindarkan motor kita dari tangan-tangan jail maupun pencurian. Carilah kunci dengan bentuk yang unik,t idak mudah ditiru maupun diduplikat seperti contoh gambar di atas yang membunyai bentuk yang cukup unik. Biasanya jumlahnya tidak banyak agar terlihat limited edition. Saat pencuri hendak membobol dengan kunci T, tetapi melihat kunci motor kita seperti itu. Hilanglah niat untuk ย mencuri motor kita.

  • Gembok Tambahan

Gembok tambah juga dapat memperlambat waktu si pencuri dalam membawa kabur kendaraan. Biasanya, gembok tambahan dipasangkan dicakram motor baik depan maupun belakang serta pada bagian gear dll. Gemboknya bisa menggunakan gembok biasa seperti gembok rumah. Dapat juga menggunakan gembok cakram khusus motor.

Sekarang gembok cakram ada yang biasa, tetapi juga ada yang bisa berbunyi jika sensor yang ada dilanggar. Suara yang dikeluarkan sesuai dengan desibel; (dB) yang ada pada gembok. Saran saya pilih warna yang mencolok agar niat si pelaku langsung luntur ๐Ÿ˜€ .

  • Grip-Lock

Salah satu inovasi yang telah dibuat, yaitu grip lock. Alat ini bekerja dengan mengunci tuas rem agar tetap mengerem. Dengan warna yang mencolok, harapannya membuat niat si maling akan diurungkan. Harganya cukup terjangkau. Selain itu, bentuknya yang cukup kecil mudah kita simpan di manapun.

Jika kita sudah menggunakan salah satu atau lebih dari contoh di atas kita tinggal berhati-hati dalam memparkirkan kendaraan kita. Kejahatan karena bukan hanya dari niat pelaku, namun karena ada kesempatan. Jadi waspadalah-waspadalah. Pilih termpat parkir dekat dengan juru parkir dan jangan ditempat yang sepi.


Last…berbagai pengaman motor dari aksi pencurian dan tips memilih termpat parkir diatas hanyalah opini dari RPM jadi bisa berbeda opini,mungkin ada pemikiran lain atau ada yang menambahkan ?.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah ,mohon komentar dan sarannya serta semoga bermanfaat dan berguna ๐Ÿ˜€ย (RPM) .

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia ๐Ÿ˜€

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

18 Komentar

  1. Yup saia juga bikin saklar tambahan, yg memutus arus kunci kontak, jadi meski kunci sudah di posisi on, msin tetap ga bisa nyala kalo saklar blum di on kan, mgkin ga 100% aman,tapi jelas akan bikin malingnya ilfil, saat di start / kick starter ga nyala, langsung batal niatnya, ๐Ÿ˜€

Masukan komentar Anda