Pasang Turbo Di Motor

tubro1

RPMSUPER.COM –ย Turboย adalah sebuah sparepart yang biasa kita lihat dimobil yang berfungsi sebagai manifulator udara agar lebih banyak yang terhisap dan membuat tenaga kendaraan yang menggunakan ini sekain dahsyat ๐Ÿ˜€ .

Turbo mempunyai barisan turbin dan kompresor yang mengubah panas dan tekananย an tekanan gas buang menjadi daya putar. Kemudian digunakan untuk menggerakkan compressor. Compressor menggerakkan aliran udara dan memompakannya kedalam intake manifold pada tekanan yg semakin meningkat.

Pemasagan turbo belumlah banyak karenaย ย harga dari part turbo sendiri yang mahal dan juga harus dengan perhitungan yang amat matang dan tidak bisa sembarangan dikala pengaplikasian turbo ini. Maka dari itu, kebanyakan akan berfikir dua kali.

Jika pemasangannya asal, bukan performa yang didapat malah mendapat mesin yang jebol. Karena tenaga yang dibandingkan tidak sebanding dengan mesin asl motor. Selain itu, turbin pada turbo ini mampu berputar hingga 230.000 putaran per menit ๐Ÿ˜ฏ .

Prinsip dasar dari penggunaan turbo cukup sederhana, tetapi sebuah turbo adalah sebuah komponen mesin yg sangat kompleks. Tidak hanya komponen-komponen dalam turboc itu sendiri yg harus terkoordinasi secara sempurna, tetapi jg turbocharger dan mesin harus benar-benar cocok. Jika tidak, maka dapat menghasilkan mesin yg tidak efisien dan bahkan kerusakan pada mesin .

Turbo sediri diletakan dekat header knalpot karena mengambil panas hasil pembakaran mesin yang dikonversikan menjadi tenaga putar baling-baling turbin dari turbo dan baling-baling tersebut membutuhkan pelumasan agar dapat berputar secara sempurna. Pelumas tersebuat dapat berupa oli mesin ย karena suhu dariย turbo ini sangatlah tinggi .

Turbo dilengkapi dengan waste gate sebagai pembuang gas buang. Sisa pembakaran tersebut dilewatkan melalui saluran bypass di dalam turbin agar kecepatan gas menurun. Jika kecepatan gas buang terlalu tinggi, akan menghasilkan boost yang besar. Dalam kondisi demikian dapat mengakibatkan mesin jebol jika tidak disetting dengan cermat dan teliti .

waste

Nah konon katanya, turbo lebih cocok digunakan dengan motor dengan pengkabutan injeksi. Namun, harus menyiapkan beberapa part pendukung seperti double injektor ,ecu racing / piggy back ,fuel pump yang memumpuni dll. Bukan berarti motor karbu tidak bisa menggunakan karbu, tetapu akan lebih rumit pemasangannya karena motor menggunakan karburator tidak meliki fuel pump yang menyebabkan saat turbo aktif bisa saja bahan bakar kembali ke tangki (bahaya ini ๐Ÿ˜ฎ ) .

Menggunakan turbo juga membutuhkan beberapa hal yang diluar spare part mesin seperti rem dan nyali. Turbo dapat meningkatkan tenaga secara signfikan yang membuat kecepatan simotor semakin dahsyat. Dengan ini membutuhkan rem yang sangat memumpuni dalam mengurangi dan menghentikan laju kendaraan dan nyali menjalan motor menggunakan turbo ๐Ÿ˜€ .

Untuk di Indonesia belum banyak yang menggunakan masih beberapa saja ,dengan contoh sebagai berikut :

vixion turbo

tiger turbo

ninja-250r-turbo-2_thumb

Turbo juga memiliki suara khas jika sedang aktif dan amat merdu :mrgreen: bisa dilihat dan didengarkan dengan contoh Suzuki Hayabusa dibawah ini

 

Last.. Mungkin masih ada beberapa motor yang telah menggunakan turbo ini namun bisa RPM tampilkan semua ,bagaimana komentar tentang turbo ini sobat ? ada yang kepengen pasang :mrgreen: ? .bisa menggunakan part dari mobil yang sudah menggunakan ini kok .Sekian mohon undur diri maaf jika kurang lengkap ,semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ย RPM – RPMSUPER.COM –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )ย  lapak rpmsuper

Baca juga bray

36 Comments

Masukan komentar Anda