Cara Pasang Stang Ninja R di Motor

8

cara pasang stang ninja R

RPMSUPER.COM – STANG adalah salah satu bagian sepeda motor yang berfungsi sebagai pengendali motor entah itu untuk berbelok, bermanuver dan sebagainya. Stang sebuah sepeda motor biasanya sudah dirancang sedemikian rupa oleh insinyur pabrikan dengan memperhatikan beberapa nilai.

Tapi, stang pada motor sering diganti oleh sang pemilik kuda besi karena berbagai alasan. Terlebih pada sepeda motor sport, yang bisa dengan bebas mengkanibal merk lain ataupun merk diluar pabrikan. Alasannya sendiri beragam dari mulai mengejar tampilan hingga mengejar posisi berkendaraa yang nyaman.

Cara Pasang Stang Ninja R

Nah, pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas tentang Cara Pasang Stang Ninja R ditunggangan RPM, yaitu New Megapro. Mungkin modifikasi ini sudah sangat umum dilakukan oleh banyak bikers Indonesia. Kelebihan stang ninja r ini tak lain memiliki desain yang lebih keren dari stang standar sepeda motor lain (katanya :mrgreen: ).

Untuk alasan RPM sendiri selain mengejar tampilan si kuda besi agar lebih ciamik, yaitu untuk memenuhi nilai estetika karena motor RPM sendiri sudah menganut footstep racing atau footstep underbone. Memang kalau modifikasi harus sekalian karena jika hanya dilakukan secara tanggung hasilnya tidak akan maksimal.

Sebenarnya stang standar New Megapro sudah nyaman dan memang ini salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh motor ini. Pertama RPM melakuakn riset dulu (riset di google :mrgreen: ) tentang kelebihan dan kekurangan dari cara pasang stang Ninja R ke New Megapro dan sudah ada beberapa blogger yang mengulasnya.

Stang Ninja R sering dikanibal oleh motor lain selain karena kelebihan stang ninja r adalah pada tampilannya yang bisa dibilang racy. Hal ini dikarenakan memiliki tinggi yang cukup rendah yang membuat pengendara lebih nunduk.

Stang Ninja R ini ternyata juga cukup terjangkau untuk kalangan bawah (seperti RPM inilah :mrgreen: ). Untuk harganya sendiri di bengkel resmi Kawasaki sekitar Rp 55.000, tetapi karena bengkel resmi Kawasaki yang ada di sekitar kota biasanya inden lama. Maka, RPM memutuskan untuk membeli dibengkel fariasi langganan RPM, harganya juga tidak beda jauh, yaitu seharga Rp 62.000.

Pic : megalodon150.wp.com
Pic : megalodon150.wp.com

Untuk eksekusi diperlukan perangkat pendukung karena stang ini tidak sepenuhnya Plug n Play. Agar tidak mentok tangki stang ini memerlukan raiser stang (yang untuk peninggi). Kebetulan RPM sudah memasang raiser stang, tetapi sayangnya lingkaran stang New Megapro dan Ninja R sedikit berbeda. Sehingga memerlukan sedikit gerinda pada beberapa bagian agar stang dapat terkunci sempurna oleh raiser stang.

Langkah selanjutnya tinggal pemasangan instrumen yang ada di stamg seperti handle gas, rem, spion dan kawan-kawan. Eh ternyata belum ada lubang untuk mengunci saklar pada motor. Terpaksa stang dibor nuntuk membuat lubang sebagai tempat menahan saklar di stang.

Yup sudah selesai pemasangan tidak terlalu banyak hambatan tinggal atur ketinggian stang. Stang ini RPM rasakan terlalu jauh karena harus disesuaikan agar tidak mentok pada tangki motor. Terlebih tangki motor RPM sudah ditambah kondom tangki. Walaupun begitu di bagian kanan masih mentok pada tangki motor.

Untuk bandul kanan kiri RPM menggunakan proguard merk fastbikes (artikelnya terpisah ya 😀 ) sekalian pada handle rem dan koling fariasi merk wilwood. Untuk jasa pemasangan pada bagian stang sendiri totalnya adalah Rp 18.000. Untuk lama pengerjaannya sekitar setengah jam 😀 . Oh ya jangan lupa untuk merubah jalur gas, kopling dsb agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti gas tertarik.

kelebihan stang ninja r
Jadi lebih rendah

kelebihan stang ninja r

Hasilnya dan kelebihan stang ninja r sendiri bagaimana ? Sensasinya sangat berbeda dengan stang New Megapro. Stang ini jauh lebih rendah malah seperti stang baplang tapi tidak terlalu lebar dan ketinggian stang cukup rendah. Impresi pertama RPM menggunakan stang ini adalah pegal sekali padahal hanya digunakan diperjalan pulang sejauh 500 meter dan rasanya tangan sedikit kaku 😮 .

Tapi, setelah satu hari penyesuaian langsung terbiasa. Untuk nunduk tidak terlalu terasa  , malah sangat cocok karena dipadukan dengan footstep underbone. Kemudi sendiri jadi lebih ringan dari sebelum menggunakan stang ini (kok bisa ya 😮 ) dan untuk manuver rasanya juga lebih nyaman.

Nah, setelah membahasa kelebihan pada stang ini saatnya kita bahas kekerangannya. Pertama tangan cepat lelah apalagi harus menggendong tas yang lumayan berat. Kedua tangan cepat lelah karena beban pemboceng jadi lebih kedepan. Terakhir, (menurut kebanyakan orang) lebih cepat pega untuk digunakan untuk perjalanan jauh daripada stang standar.

Biaya pasang stang ninja R

1.Stang Ninja R Ori     Rp 62.000

2.Proguard Fastbikes Rp 110.000

3.Handle Wilwood     Rp 75.000

4.Jasa bengkel           Rp 18.000

Totalnya :                  Rp 265.000

Untuk raiser stang tidak RPM hitung karena sebelum menggunakan stang ini RPM sudah menggunakan raiser peninggi stang 😀 .

Last… Dengan jumlah seperti yang dijabarkan di atas rasanya hasil yang didapatkan cukup memuaskan bagi RPM selain tampilan sedikit terdongkrak, handlingnya juga cukup ringan dan lincah untuk bermanuver dikemacetan perkotaan dan juga nyaman digunakan unruk jarak pendek (RPM belum menggunakannya untuk jarak jauh). Mungkin untuk motor sport lain langkah-langahnya hampir sama dengan langkah yang RPM lakukan. Sekian mohon undur diri tentang cara pasang stang ninja R, semoga berguna dan bermanfaat 😀 –  RPMSUPER.COM – kelebihan stang ninja r – cara pasang stang ninja R

Monggo disimak hasilnya 😀

IMG_14122015_120828

IMG_14122015_120924

IMG_14122015_120839

IMG_14122015_120855

Cara Pasang Stang Ninja R

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here