Cara Pasang Side Bag Motor

21

Cara Pasang Side Bag Motor

 

RPMSUPER.COM – BERKENDARA menggunakan sepeda motor adalah hal yang paling umum digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk berpergian karena sepeda motor terkenal lincah membelah kemacetan, cenderung lebih murah dibandingkan alat transportasi lainnya.

Sepeda motor sering digunakan untuk  sarana transportasi ke manapun seperti untuk bekerja, berpergian jauh (touring, pulang kampung, dll), hingga untuk menuntaskan hobi di arena balap tanah maupun aspal.

Tapi sepeda motor juga memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa membawa barang dengan jumlah banyak, terlebih untuk sepeda motor yang tidak memiliki bagasi seperti motosport, atau motor yang hanya memiliki bagasi dengan dimensi kecil seperti motor ayago dan bebek, tetapi ada beberapa motor yang memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar bahkan muat untuk menyimpan helm full face.

Berbagai cara diakali oleh banyak bikers untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang paling umum adalah menggunakan box motor. Box ini dipilih karena bentuknya yang simple dan bisa membawa banyak barang dengan tingkat kemanan yang lumayan karena terdapat kuncinya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memasang box di motornya karena beberapa motor dianggap nilai estetika motornya menurun jika menggunakan box motor, terlebih yang ukurannya besar membuat dimensi motor terlihat semakin besar. Memasang box motor juga dapat mempengaruhi handling motor karena menambah lebar, panjang ataupun berat berkendara, jadi membutuhkan penyesuaian jika menggunakan box motor.

Cara lain adalah menggunakan ransel punggun yang dibawa oleh pengendara, tetapi cara ini dirasa kurang efektif karena memberatkan pengendara, hasilnya pengendara cepat lelah, punggung terasa nyeri dan kendali saat mengendarai motor menjadi sedikit berkurang.

Nah, cara terakhir adalah pasang side bag pada motor. Untuk bentuknya sendiri berbagai macam ada yang berbentuk kotak, oval dan tabung. Kemarin RPM baru saja memasang side bag motor yang memiliki bentuk oval. Bahannya sendiri seperti tas-tasnya pada umumnya yaitu menggunakan kain.

Untuk harga sendiri hanya Rp 145.000 (tetapi kena ongkos kirim jadi Rp 199.000) barang ini RPM tebus dari salah satu penjual di tokopedia.com. Untuk dimensi memang sengaja RPM pilih yang ukuran sedang agar tidak menambah lebar motor, karena berbahan dari kain, jadi mempunyai berat yang sangat ringan. Tapi jangan salah, menurut (detail produk) mampu menahan beban hingga 20 kg 😀 .

Kelebihan dan Kekurangan Side Bag

 

Bahannya seperti tas pada umumnya yaitu kain, untuk bahan RPM beri nilai 7 (jika dinilai dari 1 – 10) karena beberapa detail finishingnya kurang rapi, overall cukup memuaskanlah dengan harga itu. Modelnya RPM sendiri cukup suak yaitu berbetuk oval dengan perpaduan warna hitam dan merah, jadi RPM nilai 8. Tas ini juga terdapat raincover dan tali yang dapat digunakan sebagi tas dengan satu tali jika tidak digunakan.

Untuk pemasangan sangatlah mudah dan bisa digunakan untuk semua jenis motor dari motor matic hingga motorcross yang sering diajak blusukan. Berikut adalah cara pasang side bag pada motor RPM 😀 . Cek it bro :

Pasang Side Bag Motor

1. Buka jok motor.

2. Pasangkan tas pada kedua sisi motor dan rekatkan perekat yang ada, untuk ini RPM hanya pasang satu perekat saja karena jika keduanya dipasang jok tidak bisa ditutup.

tas

 

3. Tutup jok motor. Jika tidak bisa memasang salah satu perekat, perekat tersebut dipasang diatas jok saja. Tapi, untuk motor bebek atau sejenisnya disarankan kedua perekat dipasang di bawah jok agar tidak ribet saat hendak melakukan pengisian bahan bakar.

4. Pasang kedua klip di bawah jok motor agar tas tidak bergoyang saat berkendara.

tas4

 

5. Selesai.

Bagaimana bro cukup mudah bukan 😀 ? Tapi, untuk pemasangan dibebaskan pada sobat karena setiap motor mungkin cara instalasinya berbeda. Tinggal bagaimana nyamannya menurut sobat.

Kelebihan dan Kekurangan Side Bag

Hasilnya cukup memuaskan, berguna untuk menyimpan barang-barang seperti jas hujan, jaket, sarung tangan, dan sebagaianya. Nah, sekarang kita bahas Kelebihan dan Kekurangan Side Bag. Pertama kita bahas kelebihan Pasang Side Bag Motor.

1. Bentuk simple.

2. Ringan dan dimensi (relatif) kecil.

3. Pemsangan mudah.

4. Tidak rusak jika motor ambruk / rubuh.

5. Harga (realtif) lebih murah ketimbang box motor.

6. Tidak menggangun boncenger.

Kekurangan Pasang Side Bag Motor :

1. Keamanan barang kurang, jadi ada rasa khawatir barang bawaan diobok-obok saat di parkiran.

2. Tembus air (yang ini tergantung jenisnya sendiri sih :mrgreen: )

3. Hasilnya kurang rapi.

—-

Last….untuk pilihan kembali lagi pada sobat RPM semua karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, tidak ada unsur promosi, RPM hanya menyampaikan saja 😀 . Bagaimana bro, tertarik juga untuk memasang side bag ini ? Sekian RPM mohon udur diri, semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPMSUPER.COM -Pasang Side Bag Motor – Cara Pasang Side Bag Motor – Kelebihan dan Kekurangan Side Bag – 

Mini galeri 😀

tas5

tas3

tas2

tas1

 

21 KOMENTAR

  1. memang lebih enak model seperti ini, rider lebih bebas leluasa dari pada pakai backpack. lama -lama pegel kalau bawaannya cukup berbobot dan membatasi gerakan badan

    sip..valued stuff for riding

  2. Wah sama kayak ane bro.
    Motornya CS1 pakenya juga sidebag gini. Modelnya juga mirip.hehe…
    Lumayanlah buat mudik jd ada tempat utk jas ujan dan barang yg lainnya.
    Ransel mah isinya cukup laptop aja.hehe…

    • coba bagian atas dikencengin lagi om. Yang bagian bawah kendurin. Kalau nggak coba pakai peninggi. Kalau nggak mau ribet coba ganti yang sid bag kaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here