Pasang Selang Rem Racing

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RPMSUPER.COM –ย Selang rem merupakan salah satu piranti yang memegang peran penting dalam sistem pengereman dari rem hirdaulis atau cakram.Walaupun fungsinya cukup sederhana, yaitu untuk menyalurkan minyak dari master rem menuju kaliper bertuna untuk mendorong kampas rem. Namun hal ini sangat penting, untuk keselamatan si pengendara .

Nah kali ini saya berkesempatan untukย ย berbagi cara tentang menggunakan cara pemasangan selang rem racing ini. Dengan kata lain menggantu selang rem original motor.

Mungkin untuk cara dasarnya untuk semua motor sama saja. Pertama, persiapkan alat yang dibutuhkan antara lain ย selang rem racing pilihan sobat sendiri, kunci ring 12 mm dan 8 mm, selang kecil (bisa mengguanakan selang bensin ), minyak rem 1-2 botol kecil,lap. Kursi buat duduk kalau tidak mau jongkok dan es teh jika brader haus tinggal minum .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

 

Untuk selang rem bebas, brader mau pilih yang mana, namun tetap sesuaikan kebutuhan dan keinginan. Untuk harga beragam dari yang murah Rp 35.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung merk dan kualitas.

Saya sendiri pilih TDR Racing panjang 24 inchi warna merah seharga Rp 55.000 (sebelumnya pernah pasang tapi bocor kena percikan las ๐Ÿ™ ). Minyak rem juga bebas , untuk minyak rem sayapilih merk RedeX warna merah harga Rp 5.000 perbotol .

Langkah Awal,ย buka bodi motor agar gampang melaksanakan tugas. Kemuadian kuras minyak rem yang lama. Untuk di tabung minyak rem bisa dibuka dan langsung dibuang diwadah yang disediakan (usahakaan wadah tersebut tidak dipakai lagi).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Dibuang sampai habis

Langkah Kedua,ย masukan selang kecil ketempat pembuagan minyak yang ada dikaliper. ย Buka kuncinya dengan kunci pas atau ringgi ukuran 8 mm (untuk motor Honda yang lain kurang tahu ). Lalu tekan/injak tuas rem hingga minyak benar-benar habis.

Oh iya, usahakan selang yang berukuran agak panjang agar tidak perlu melepasnya berkala ketika sudah penuh. Jika sudah habis minyak rem yang di dalam jangan lupa tutup lubang tadi dengan kunci pas .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Minyak rem mengalir melalu selang

Langkah ketiga,ย lepas kepala selang rem yang dibelakang dulu lalu injak kembali tuas rem agar minyak rem keluar. Untuk yang satu ini dapat diarahkan langsung ke wadah tadi agar tidak meneganai bodi motor .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Lepaskan dari kaliper rem

Langkah empat,ย lepas kepala selang rem yang berada dikaliper dan pasang selang rem racing yang sudah dibeli tadi. Namun, sebelumnya pastikan dulu panjangnya pas atau sisa dan ditekuk sesuai keinginan. Kemudian pasang kepala selang rem yang berada di master rem dulu dan kemudian kencangkan .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Langkah lima,ย tuangkan minyak rem yang baru ke tabung minyak rem ย lalu injak/tekan tuas rem hingga mengalir hingga belakang (hati-hati jangan dampai muncrat ๐Ÿ˜€ ). Jika sudah sampai selang rem belakang,m pasangkan kepala selang rem yang dibelakang pasangkan ke kaliper dan kembali diinjak/tekan tuas rem .

Langkah enam,ย hampir sama dengan langkah kedua. Namun tujuannya, untuk meluarkan angin yang ada didalam (istilahnya masuk angin ๐Ÿ˜€ ). Tekan agak cepat dan lihatlah angin yang masuk.

Untuk yang ini, minyak rem tidak perlu dibuang namun cukup dikembalikan ke tabung minyak rem. Ulangi beberapa kali agar yakin sudah tidak ada angin di dalamnya. Jjika sudah langsung kunci lagi .

Langkah tujuh,ย pastikan baut dikaliper dan master rem sudah kencang agar tidak terjadi kebocoran dan pasang kembali bodi motor. :D.

Berikut sedikit foto hasil pemasangan .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bagian belakang dibuat begitu agar keren :mrgreen: namun tetap fungsional .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Menambah penampilan dengan warna yang eye catching ๐Ÿ˜€


Last.. Pemasangan memang mudah dan dapat dilakukan sendiri waktunya juga cukup cepat rpm sendiri butuh waktu 15 menit dan hasilnya juga memuaskan. Untuk reviewnya bisa dilihat jika artikel lawas “Review Selang Rem Racing “<<ย ย . Nah, mungkin brader sudah ada yang memasangnya bagaimana reviewnya ? Monggo dishare. Sekian mohon undur diri semoga bergunda dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ย -RPM – PASANG SELANG REM RACING TDR –ย 

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )ย  lapak rpmsuper

Baca juga bray

28 Comments

Masukan komentar Anda