Pasang Peninggi Shock Belakang

40

Assalamu’alaikum sobat 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RPMSUPER.COM – Shockbreaker adalah piranti kendaraan yang berfungsi sebagai bagian dari kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Dari namanya bisa kita lihat,  shockbreaker, yaitu peredam hentakan. Shockbreaker fungsinya untuk meredam hentakan, entah itu dari jalan maupun hasil kita melakukan pengereman .

Pada kesempatan kali ini RPM ingin berbagi tentang  pemasangan peninggi shock belakang di tunggangan saya, yaitu Black Shadow . Namun, secara dasar hampir sama dengan motor lain . Shockbreaker pasti sudah dihitung matang-matang oleh pabrikan tentang panjang dan diameternya dan pasti sesuai fungsi dan etika kenyamanan.

Namun, tidak semua orang cocok dengan setingan yang dilakukan pabrikan pasti adakalanya ingin melakukan modfikasi. Seperti halnya mengganti shockbreaker yang lebih bagus dari pabrikan atau meninggikan shockbreaker, seperti yang dilakukan oleh RPM 😀 .

Mungkin sudah banyak blog yang sudah membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan peninggi shockbreaker. Tapi tak apalah, disini saya juga ingin menyampaikannya 😀 .

Alasan RPM meninggikan shockbreaker karena ingin si Black terlihat lebih nungging tetapi tidak se-ekstem di motor nungging disini :mrgeen: . Dikarenakan motor terlihat lempeng. Nah, atas dasar itu saya mulai mencari informasi tentang meninggikan shockbreaker. Tapi, kalau tidak dicoba sendiri rasanya kurang joss :mrgreen: .

Untuk penggunaan peninggi shockbreaker sendiri RPM menggunakan part bekas dari teman. Bahannya adalah plat baja dengan dua pilihan yaitu tinggi yang sedang dan tinggi yang banget :mrgreen: . Untuk harga barang sendiri Rp 30.000, tetapi karena terbentur biaya kirim menjadikan harga naik menjadi Rp 50.000 .

Untitled-2

 

Setelah 2 hari menunggu, hari berikutnya langsung ke bengkel langganan (karena tidak ada alat yang memadahi ). Langsung pasang dengan ketinggian sesuai keinginan. Dipilih lubang no-2 atau lubang yang berada ditengah.

Untuk pemasangan sudah Plug n Play, hanya membutuhkan kunci shock dan T ukuran 14 mm. Intinya copot dan pasang :mrgreen: . Biaya bengkel memakan Rp 19.000 karena harus menganti baut juga .

Hal yang diperkirakan datang dengan nyata. Pertama, standar samping miring banget (padahal saat belum pakai peninggi sudah miring banget ) Lalu,  saya inisiatif langsung ke bengkel las terdekat dan meminta untuk menambah tinggi standar samping. Setelah melalui proses yang sangat panjang akhirnya selesai dan biaya ke tukang las cuma Rp 15.ooo 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Ditambah dengan besi kotak untuk menambah tinggi standar samping

 

Masalah yang pertama beres 😀 ,t etapi masalah ke-2 belum RPM garap dan masih seeputar standar motor ,yaitu standar tengah. Standar tengahnya hanya untuk mendirikan motor dan jarak ban belakang dengan tanah sudah tidak ada. Alias sudah menyentuh tanah. Lalu yang RPM khawatirkan standar tengah tidak menopang motor secara kokoh, karena ban belakang sendiri sudah menyentuh tanah 😮 .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Ban dengan tanah tanpa ada jarak yag memisahkan

 

Mungkin masalah para bikers enggan meninggikan shock belakang karena suspensi menjadi keras dan tidak nyaman dikendarai. Tapi masalah tersebut tidak sayatemui. Suspensi masih nyaman dan sudah dicoba untuk jalan rusak dan bergelombang masih nyaman. Yang menyebabkan suspensi keras karena shock (tanpa link) yang seharusnya miring. Biasanya setelah diberi peninggi menjadi lebih vertikal yang menjadikannya keras .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Masih miring bro ,anti keras

Untuk kecepatan sedang goncangan shock belakang juga masih stabil, tetapi untuk miring-miring terasa agak goyang. Tapi, setelah suspensinya disetel lebih keras. Masalah terselesaikan dengan baik :mrgreen: . Yang paling berbeda saat menggunakan peninggi shock ,yaitu saat berhenti dan turun dua kaki agak jinjit jika sebelumnya kaki harus sedikit nekuk .

Untitled-1

 

Review secara keseluruhan adalah :

Kelebihan :

  • Motor menjadi lebih tinggi
  • Makin keren karena nungging

Kekurangan :

  • Permasalahan seputar standar

Dan yang terakhir biaya yang RPM keluarkan

  • Harga Shock total  Rp 50.000
  • Bengkel                  Rp 19.000
  • Tukang las              Rp 15.000
  • Total                        Rp 84.000

Last… Pemasangan yang pas tidak akan menyusahkan pengguna. Jika sudah melakukan modifikasi pasti harus menerima semua kelebihan dan kekurangannya. Mungkin sobat RPM ada yang sudah pasang ? Monggo di share pengalamannya 😀 .Mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat 😀 -RPM.

  • uUntitled-1 OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

40 KOMENTAR

  1. Itu MG-pro jadi makin asyik tongkrongan-nya !
    Plus-minus-nya apa aja yah ???
    Kayanya bagi biker bogel kaya ijal bakal banyak minus-nya deh 😀 wkwkwkw

    Baru sempet dateng lg ke ini warung 😀
    tampilan-nya jadi berubah 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here