Pasang Lampu Daily Run Light (DRL)

IMG_20150218_152756

 

RPMSUPER.COM –ย Lampu merupakan sumber penerangan utama bagi sepeda motor dalam perjalanannya. Lampu juga sangat berpengaruh bagi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara terlebih dalam malam hari. Sekarang lampu sudah banyak mengalami perubahan hingga sekarang yang paling canggih ada lampu LED .

Menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia. Kendaraan sepeda motor diharuskan untukย ย menghidupkan lampu pada siang hari. Mungkin , aturan ini masih menjadi kontroversi karena tidak terlalu penting lampu dinyalakan pada saat siang hari terlebih jika cuaca sedang terik. Kecuali, kalau mendung atau hujan itu sangat diperlukan. Hingga para produsen kendaraan bermotor meproduksi dengan teknologi AHO (Automatic Headlight On ) .

Teknologi AHO juga kadang merugikan dari pemakai, karena lampu akan otomatis hidup saat kunci on maupun mesin hidup. Hal ini menjadi boros aki karena saat kita memanasi mesin lampu juga ikut hidup. Selain itu, saat kita berpapasan di jalan yang sempit bisa menyilaukan mata orang yang berlawanan .

Maka dari itu banyak pengguna yang mengakali motornya yang mengusung AHO untuk dimatikan salah satunya dengan menggunakan saklar tambahan maupun menggunakan holder dari motor lain. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh bikers , seperti pengguna Yamaha New Vixion dan Honda CB150R .

Sebenarnya yang dibutuhkan adalah Daily Run Light seperti yang ada di Eropa. Lampu ini mungkin seperti lampu senja dan dipilih karena sangat hemat listrik karena kebanyakan menggunakan lampu LED. DRL juga terlihat jelas aat siang hari dan hujan ,selain itu , DRL juga bisa menjadi tambahan penerangan .

LED_DaytimeRunningLights
DRL di mobil

 

Nah, dari hal ini RPM ingin memasang lampu tersebut. Sebenarnya RPM sudah memasangnya agak lama teapi dengan saklar stobo :mrgeen: . Baru beberapa hari kemarin RPM bisa memasang DRL yang hidup biasa. Sebenarnya tujuan pemasangan DRL adalah untuk penerangan tambahan buat si Black ketika hujan dan bepergian di malam hari .

Saat ingin memasang RPM dibingungkan dengan saklar yang akan digunakan karena saat RPM membutuhkan barang tersebut tidak ada baik di bengkel terdekat maupun di online shop.

Setelah mempertimbangkan dengan mencari referensi akhirnya RPM memilih mengganti holder kiri yang ori dengan holder kiri dari Yamaha Vixion dengan merk OSK (agak menyesal tidak membeli yang ORI ๐Ÿ˜ฎ ) ย dengan harga Rp 40.000

IMG-20120727-00118

 

Lalu lampu DRL-nya menggunakan lampu DRL untuk mobil ๐Ÿ˜€ . Dengan merk yang tidak ditemukan dikemasan :mrgreen: , tetapi dari segi tampilan tampak meyakinkan. Dengan kelebihan hemat listrik karena hanya menggunakan daya 12 watt dan berwarna putih, 100% tahan air, lampunya sendiri adalah lampu LED dan ditebus dengan harga Rp 90.000

IMG_20141102_104532 IMG_20141102_104500 DRL4

 

Langsung meluncur ke bengkel langganan dan konsultasi ,dan katanya harus memotong kabel yang ada didalam. RPM iyakan saja karena tempatnya tertutup. Lalu digarap dengan waktu yang agak lama dan masih ada satu halangan, yaitu kabel choke dan pengaman kopling tidak bisa dipasang. Untuk kabel chock diselipkan di sekitar headlamp dan pengaman kopling dilepas.

IMG_20150218_152724

 

Setelah melalui proses yang agak lama karena sang mekanik membutuhkan ketelitian tingkat tinggi agar tidak terjadi konseleting . Setelah 45 menit pemasangan akhirnya selesai juga dan ongkos total adalah Rp 30.000 termasuk dengan kabel tambahan yang dibutukan dan untuk DRL-nya sendiri RPM letakan di bagian fairing ๐Ÿ˜€ .

Untuk hasil cahaya yang digunakan memuaskan dan berfungsi sebagaimana mestinya dan untuk menghidupkannya cukup mendorong tuas kiri yang untuk menghidukan lampu. Untuk arus DRL ini langsung mengambil dari aki dan tidak membebani aki karena hanya mengonsumsi 12 watt saja .

Last.. Bagaian paling memakan waktu adalah saat proses pemasangan karena holder Yamaha Vixion sangat berbeda dengan holder Honda New Megapro. Mungkin bagi sobat RPM yang ingin memasang . RPM sarankan untuk menggunakan saklar tambahan saja . Mungkin ada yang sudah pasang ? Monggo dishare. Sekian mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€

IMG_20150218_152756

Untitled-1

 
Oh iya selamat datang di rumah baru RPM :mrgreen:

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )ย  lapak rpmsuper

Baca juga bray

14 Comments

Masukan komentar Anda